INOVASI DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS TEORI KECERDASAN MAJEMUK UNTUK MENSTIMULASI KOMPETENSI 4C

Penulis

  • khusnul mawaddah universitas muhammadiyah surabaya
  • M Arfan Muammar Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v8i1.22498

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi kecerdasan majemuk dengan perumusan kurikulum mandiri (Capaian Belajar dan Profil Siswa Pancasila) yang kemudian digunakan sebagai dasar pengembangan kemampuan 4C anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan, dalam proses pengumpulan data dengan menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa, (1) kapabilitas 4C memiliki peran vital dalam menyiapkan generasi yang memiliki soft skill dan hard skill untuk menghadapi tantangan global; (2) Multiple Intelligences dan kurikulum merdeka memiliki relevansi berupa deskripsi struktur kurikulum merdeka yang terdiri dari kegiatan intrakurikuler (penerapan capaian pembelajaran), dan kegiatan kokurikuler (penerapan profil siswa literasi); (3) hasil relevansi kemudian dikembangkan dalam bentuk rencana pembelajaran, dengan menentukan tujuan pembelajaran sebagai dasar pembuatan modul.

Referensi

Alwisol. Psikologi Kepribadian. Malang: pustaka learning, 2009.

Asrori, M. P. I. Inovasi Belajar Dan Pembelajaran PAI (Teori & Aplikatif). Surabaya: UMSurabaya Press, 2019.

Chatib, Munif. Sekolahnya Manusia. Bandung: Penerbit Kaifa, 2014.

Ekaningtyas, Ni Luh Drajati. “Psikologi Dalam Dunia Pendidikan.” Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 01 (2022): 29–38.

Ichsan, Muhammad. “Psikologi Pendidikan Dan Ilmu Mengajar.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2, no. 1 (2016): 60.

Nurkhasyanah, Alfiyanti. “Optimalisasi Psikologi Perkembangan Anak Dalam Lingkungan Keluarga.” (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA) 3, no. 2 (2020): 1–12.

Nurliani. “Studi Psikologi Pendidikan.” Jurnal As-Salam 1, no. 2 (2016): 40. https://media.neliti.com/media/publications/293617-studi-psikologi-pendidikan-539b32f0.pdf.

Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022): 1–8.

Shafwan, Muhammad Hambal. “ANALISIS PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA MELALUI PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI MAM 4 SEDAYULAWAS BRONDONG LAMONGAN.” Studia religia 5, no. 2 (n.d.): 318–327. http://103.114.35.30/index.php/Studia/article/view/10237/pdf.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Tolchah, Moch, and Muhammad Arfan Mu’ammar. “Islamic Education in the Globalization Era; Challenges, Opportunities, and Contribution of Islamic Education in Indonesia.” Humanities and Social Sciences Reviews 7, no. 4 (2019): 1031–1037.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-12

Terbitan

Bagian

Artikel