IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL TANGGUL JEMBER

Penulis

  • Din Muhammad Zakariya Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Suwandi Suwandi Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v8i1.22492

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan berkembangnya metode pembelajaran Al-Qur'an yang semakin beragam, namun jumlah metode tersebut belum sebanding dengan peningkatan mutu pembelajaran Al-Qur'an di lembaga pendidikan. Dari sekian banyak metode pembelajaran Al-Qur'an, salah satunya berbasis sistem penjaminan mutu dan memiliki kontribusi nyata terhadap peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur'an di pendidikan formal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, data diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Hasil penelitian terhadap mutu pembelajaran Al-Qur'an di SMP Muhammadiyah Boarding School Tanggul Jember meliputi tiga tahap. Pertama, mutu pada tahap perencanaan, Kedua, mutu pada tahap implementasi, Ketiga, mutu pada tahap evaluasi. Implementasi metode Wafa dalam meningkatkan mutu pembelajaran Al-Qur'an di SMP Muhammadiyah Boarding School Tanggul Jember berdasarkan pada standarisasi pembelajaran Al-Qur'an metode Wafa melalui sistem manajemen mutu 7M. Pemetaan, penyempurnaan, standarisasi, pendampingan, pengawasan, munaqosyah dan pengukuhan.

Referensi

Anggraena, Yogi, Nisa Felicia, Dion Eprijum, Indah Pratiwi, Bakti Utama, Leli Alhapip, and Dewi Widiaswati. Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2022.

Indra, Hasbi. “Taman Pendidikan Al-Qur’an Berbasis Pendidikan Manusia.” Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 6, no. 1 (2020): 150–164.

Kusuma, Yuanda. “Model-Model Perkembangan Pembelajaran Btq Di Tpq/Tpa Di Indonesia.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 1 (2018): 46–58.

Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Nurul Hidayati. “Teori Pembelajaran Al Qur’an.” Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran dan Tafsir 4 (2021): 24–33. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Alfurqon/article/view/635%0Ahttps://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Alfurqon/article/download/635/450.

Rusdiah. “Konsep Metode Pembelajaran Al Qur’an.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2012): 1–25.

Shafwan, Muhammad Hambal. “Analisis Model Pendidikan Tauhid Di Pesantren Al-Ikhlash Lamongan, Indonesia.” Tsaqafah 17, no. 1 (2021): 141–160. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tsaqafah/article/view/6662.

———. “Tahfidz Al-Qur’an Education in Elementary Age Children with the Taghanni Talaqqi Method at Mim 02 Sedayulawas Brondong Lamongan East Java Indonesia.” Education Journal 12, no. 4 (2023): 121–129. https://www.sciencepublishinggroup.com/article/10.11648.j.edu.20231204.12.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Tolchah, H. M. Dinamika Pendidikan Islam Pasca Orde Baru. Edited by Chafid Wahyudi. 1st ed. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara, 2015.

Undang-Undang Republik Indonesia. “Sistem Pendidikan Nasional,” no. 20 (2003): 147–173.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-12

Terbitan

Bagian

Artikel