IMPLEMENTASI QUALITY ASSURANCE DALAM MEMBANGUN BUDAYA LITERASI SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANGKALAN
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v8i1.22488Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas implementasi Quality Assurance dalam membangun budaya literasi siswa di SD Muhammadiyah 1 Bangkalan. Dengan mengidentifikasi aspek-aspek yang telah berhasil atau belum berhasil, sekolah dapat melakukan perbaikan yang lebih tepat dan efektif dalam program literasi ke depannya karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya literasi siswa di SD Muhammadiyah 1 Bangkalan. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggali pandangan, pengalaman, dan sudut pandang individu dan kelompok dalam hubungannya dengan literasi, sehingga memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana literasi mempengaruhi kehidupan sehari-hari dan masyarakat secara luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Muhammadiyah 1 Bangkalan telah menerapkan Quality Assurance secara efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Proses Quality Assurance melibatkan evaluasi rutin terhadap kegiatan pembelajaran, pelatihan guru, dan penggunaan sumber daya pembelajaran yang memadai. Hasil evaluasi digunakan untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan mengembangkan rencana perbaikan yang tepat. Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa budaya literasi telah menjadi bagian integral dari lingkungan pembelajaran di SD Muhammadiyah 1 Bangkalan. Siswa didorong untuk membaca secara aktif dan menerapkan keterampilan literasi dalam berbagai mata pelajaran. Guru juga memberikan bimbingan dan dukungan yang kuat dalam mengembangkan kemampuan literasi siswa.
Referensi
Anggraena, Yogi, Nisa Felicia, Dion Eprijum, Indah Pratiwi, Bakti Utama, Leli Alhapip, and Dewi Widiaswati. Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2022.
Hayati, Khodijah, and Fitri Amilia. “Optimalisasi Keterampilan Menulis Pada Guru.” Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5, no. 2 (2021).
Ichsan, Muhammad. “Psikologi Pendidikan Dan Ilmu Mengajar.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2, no. 1 (2016): 60.
Irna. “Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Implementasi Literasi Keluarga.” Fascho Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan 1, no. 1 (2019): 15–34. http://journal.stkipm-bogor.ac.id/index.php/pascho/article/view/29.
Krismiyati, Krismiyati. “Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SD Negeri Inpres Angkasa Biak (Human Resource Development in Improving The Quality of Education at SD Negeri Inpres Angkasa Biak).” Jurnal Office 3, no. 1 (2017): 43.
Martha, Nila, and Yehonala Situmorang. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Teknik Guiding Questions.” Journal of Education Action Research 2, no. 2 (2018): 165–171. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index.
Mediatati, Nani, and Dionisius Heckie Puspoko Jati. “Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Karya Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas.” International Journal of Community Service Learning 7, no. 2 (2023): 155–159.
Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Salehudin, Mohammad. “Guru Menulis Artikel Ilmiah Untuk Meningkatkan Karya Dan Kinerja Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2022): 57–68.
Shafwan, M. H., & Zakariya, D. M. “Analisis Model Pendidikan Tauhid Di Pesantren Al-Ikhlash Lamongan.” TSAQAFAH 17, no. 1 (2021): 141–162.
Shafwan, Muhammad Hambal. “‘DERESAN’ PROGRAM THE MASTERY OF ARABIC-CLASSIC BOOK AT PONDOK PESANTREN KARANGASEM LAMONGAN EAST JAVA INDONESIA.” Journal of Social Sciences and Humanities, AIS (American Institute of Science) 01, no. 02 (2015): 125–130. http://files.aiscience.org/journal/article/html/70320030.html.
Syarifudin, Ahmad. Mendidik Anak Membaca, Menulis, Dan Mencintai AlQur’an. Jakarta: Gema Insani Pers, 2004.
Tolchah, Moch. Promlematika Pendidikan Agama Islam Dan Solusinya. Surabaya: Kanzum Books, 2020.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 qonita alhindan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License