FENOMENA BULLYING DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil Penelitian dan Pembahasan, Kesimpulan
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v8i1.22136Kata Kunci:
Perundungan, Dampak, Pendidikan Agama IslamAbstrak
Fenomena bullying kerap kali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, baik itu terjadi di lingkungan sekolah, tempat kerja, maupun lingkungan sosial. Tidak sedikit masyarakat kita yang berpendapat bahwa bullying hanya berbentuk kekerasan fisik saja, padahal faktanya bullying tidak hanya berbentuk kekerasan fisik, namun juga kekerasan verbal. Agama Islam dengan sangat tegas melarang segala tindakan kekerasan termasuk perundungan/pembullyan. Hal tersebut terdapat dalam Q.S Al-Hujurat: 11. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif study literatur dengan mengkaji jurnal/artikel yang tersedia secara online. Literatur yang digunakan adalah literatur yang mencakup lima tahun terakhir dengan tujuan untuk mempelajari topik dan perkembangan terkini mengenai bullying. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah jenis-jenis dari bullying antara lain adalah bullying fisik, nonfisik, relasional, dan cyberbullying, dampak yang dirasakan oleh korban maupun pelaku yang dapat berakibat dalam jangka Panjang maupun pendek, serta upaya untuk mengatasi fenomena bullying menurut perspektif agama Islam yang dibagi menjadi dua klasifikasi, yaitu untuk korban dan untuk pelaku.
Referensi
Adriyanti, Farsya Salsabila, Galih Dwi Herlianto, Norifansyah, Nur Nisrina Zakiya, and Nur Tsabita Aulia. “Pandangan Mahasiswa Terhadap Bullying Di Sekolah Dan Kaitannya Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Religion : Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya 3, no. 1 (2014): 1–21.
Aldila, Aldila Andari Kristi. “Pengetahuan Tentang Anti Bullying Pada Anak Sd.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sewagati 2, no. 2 (2023): 26–30.
Dewi, Putu Yulia Angga. “Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2020): 39.
James W, Elston D, Treat J et al. “済無No Title No Title No Title.” Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology. 1, no. 2 (20AD): 1–14.
Junindra, Arespi, Hasanatul Fitri, Irda Murni, Fakultas Ilmu Pendidikan, and Universitas Negeri Padang. “Peran Guru Terhadap Perilaku Bullying Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 11134.
Kartika, Kusumasari, Hima Darmayanti, and Farida Kurniawati. “Fenomena Bullying Di Sekolah: Apa Dan Bagaimana?” Pedagogia 17, no. 1 (2019): 55.
Lestari, Windy Sartika. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Bullying Di Kalangan Peserta Didik: Social Science Education Journal. Jurnal Sosio Didaktika. Vol. 3, 2016.
Lusiana, Siti Nur Elisa Lusiana, and Siful Arifin. “Dampak Bullying Terhadap Kepribadian Dan Pendidikan Seorang Anak.” Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman 10, no. 2 (2022): 337–350.
Muhammad Reza Satria. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Di Smpn 12 Bandar Lampung” (2022): 1–33.
Muspita, Ayu, Nurhasanah, and Martunis. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Bullying Pada Siswa Sd Negeri Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling 2, no. 1 (2017): 31–38.
Oktavia, Dina. “Pencegahan Bullying Melalui Materi Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MI Mathla’ul Anwar Pematang Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran” (2022): 1–85.
Putri, Elsya Derma. “Kasus Bullying Di Lingkungan Sekolah : Dampak Serta Penanganannya.” Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran dan Pengabdian 10 (2022): 24–30.
Sari, Sindy Kartika. “Bullying Dan Solusinya Dalam Al-Qurâ€TMan.” Academic Journal of Islamic Principles and Philosophy 1, no. 1 (2020): 63–76.
Shafwan, Muhammad Hambal. “KONSEP AL-QUR’AN TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM.” STAIKA 04, no. 02 (2021): 128–141. http://jurnal.staim-paciran.ac.id/index.php/staika/article/view/45.
Sofyan, Wulandari, Liza, et al. “Bentuk Bullying Dan Cara Mengatasi Masalah Bullying Di Sekolah Dasar.” Jurnal Multidisipliner Kapalamada 1, no. 4 (2022): 496–504.
Sudrajat, A. “Fenomena Perundungan Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam: Sebuah Studi Pustaka.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7 (2023): 23148–23153.
Waliyanti, Ema, Farhah Kamilah, and Retha Rizky Fitriansyah. “Fenomena Perilaku Bullying Pada Remaja Di Yogyakarta.” Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia [JIKI] 2, no. 1 (2018): 50.
ZAKIYAH, ELA ZAIN, SAHADI HUMAEDI, and MEILANNY BUDIARTI SANTOSO. “Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 4, no. 2 (2017): 324–330.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Munawir, Roichatuzzuhriyah Filailatil Fitriyah, Salsabila Artamevia Khairunnisa
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License