EFEKTIFITAS PROGRAM ONE DAY BOARDING DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI SISWA SMP dan MTS MUHAMMADIYAH DI KABUPATEN SIDOARJO

Penulis

  • anang wijayanto universitas muhammadiyah sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v8i1.21595

Kata Kunci:

Efektivitas, One Day Boarding, Karakter Islami

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program One day Boarding dalam membentuk dan memperkuat karakter Islami siswa SMP dan MTS Muhammadiyah di kabupaten Sidoarjo. Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kemajuan suatu bangsa dan merupakan salah satu faktor utama dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang bernilai dan beradab. Nilai-nilai yang dimaksud adalah nilai-nilai kehidupan yang sesuai dengan norma agama dan norma bangsa guna memantapkan karakter kehidupan masyarakat pada umumnya, sehingga sejak dini semua program pendidikan hendaknya diarahkan pada proses penguatan karakter keislaman peserta didik. meliputi pengetahuan moral, perasaan moral, dan tindakan moral. Kuatnya arus disrupsi budaya masyarakat di era revolusi industri 4.0 menjadi tantangan tersendiri dan memerlukan upaya yang luar biasa. Era ini mengandalkan rekayasa intelektual kecerdasan buatan dan internet of things serta big data yang membuka ruang dan peluang tak terbatas bagi siapa pun untuk mengakses informasi dan berinteraksi secara virtual dengan cepat dan mudah serta biaya yang sangat murah. Disrupsi masyarakat yang muncul tidak hanya menyangkut aspek ekonomi dan teknologi tetapi juga aspek politik, sosial, budaya, moral bahkan agama. “One Day Boarding” merupakan program yang dirancang untuk memperkuat karakter siswa berdasarkan nilai-nilai Al-Qur'an dan Sunnah Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif sehingga pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program one day barding cukup efektif dalam menumbuhkan dan memperkuat karakter keislaman siswa SMP Muhammadiyah dan MTS di kabupaten Sidoarjo.

Referensi

Komariyah, Nur. “Pondok Pesantren Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Full Day School.” Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (2016): 221–240.

Makkawaru, Maspa. “Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan Dan Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” Jurnal Konsepsi 8, no. 3 (2019): 116–119.

Maunah, Binti. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa.” Jurnal Pendidikan Karakter, no. 1 (2016): 90–101.

Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Nufo, Planet, and Sekolah Alam. “PENDIDIKAN KARAKTER SEKOLAH DASAR BERBASIS QUR ’ ANIC HABIT DI SEKOLAH ALAM Romadiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Arsan Shanie Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Abstrak” 17, no. 3 (1907): 1557–1570.

Retnasari, Lisa, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, and Universitas Ahmad. “THE STRATEGY OF SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA” (2018).

Shafwan, Muhammad Hambal. “ANALISIS PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA MELALUI PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI MAM 4 SEDAYULAWAS BRONDONG LAMONGAN.” Studia religia 5, no. 2 (n.d.): 318–327. http://103.114.35.30/index.php/Studia/article/view/10237/pdf.

———. “KONSEP PUASA AL-GHAZALI DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK (STUDI PUSTAKA IHYA’ ULUMUDDIN).” STAIKA 6, no. 1 (2023): 99–121. https://jurnal.staim-paciran.ac.id/index.php/staika/article/view/71.

Sholikhun Muhamad. “Pembentukan Karakter Siswa Dengan Sistem Boarding School.” Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman 4, no. 1 (2018): 48–64. http://wahanaislamika.ac.id/index.php/WahanaIslamika/article/view/20/13.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-11

Terbitan

Bagian

Artikel