PENDIDIKAN LITERASI DALAM KITAB HADITS SHAHIH MUSLIM
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v7i2.20604Abstrak
The aim of this research is to explore literacy education in the Sahih Muslim Book. This research is qualitative research with the type of library research, and the data analysis techniques use inductive and deductive. The findings of this research can be concluded: (1) The life of a Muslim imam is a life filled with learning, teaching and writing scientific papers. He migrated to various countries in search of hadith. Including to Hijaz, Iraq, Syria, Egypt and other countries. Until his death, he was busy teaching and studying science; (2) Imam Muslim has many written works. Among them are Sahih Muslim, al-Musnad al-Kabir, Asma' al-Rijal, Jami' al-Kabir 'Ala al-Abwab, al-'Ilal, Auham al-Muhadditsin, al-Tamyiz, Man Laisa Lahu illa Rawin Wahidin , Thabaqat al-Tabi'in, and al-Muhadramin; (3) This authentic book is the result of a life full of blessings, which was written wherever he was, whether in short or free time. He collected, memorized, filtered and wrote so that it became a very good and orderly authentic book. He and several of his students completed the compilation of the authentic book within fifteen years.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali tentang pendidikan literasi dalam Kitab Shahih Muslim. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research), dan teknik analisis datanya menggunakan induktif dan deduktif. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Kehidupan imam Muslim adalah kehidupan yang dipenuhi dengan kegiatan belajar, mengajar dan menulis karya ilmiah. Beliau Beliau merantau ke berbagai negeri untuk mencari hadits. Antara lain ke Hijaz, Irak, Syam, Mesir dan negara-negara lainnya. Hingga menjelang wafat pun beliau sibuk mengajar dan mengkaji ilmu; (2) Imam Muslim memiliki banyak karya tulis. Di antaranya adalah Shahih Muslim, al-Musnad al-Kabir, Asma’ al-Rijal, Jami’ al-Kabir ‘Ala al-Abwab, al-‘Ilal, Auham al-Muhadditsin, al-Tamyiz, Man Laisa Lahu illa Rawin Wahidin, Thabaqat al-Tabi’in, dan al-Muhadramin; (3) Kitab shahih ini adalah hasil dari kehidupan yang penuh berkah, yang ditulis di mana saja ia berada, baik dalam waktu sempit maupun lapang. Dia mengumpulkan, menghafal, menyaring, dan menulis sehingga menjadi sebuah kitab shahih yang sangat baik dan teratur. Dia dan beberapa muridnya menyelesaikan penyusunan kitab shahih itu dalam waktu lima belas tahun.
Referensi
Adanan, Abu Bakar. “No Title.” ihya al-arabiyah: Jurnal Pendidikan bahasa dan sastra arab 6, no. 2 (2020): 1–15. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/8340.
Anwar, Heru Saiful. “Membangun Karakter Bangsa.” At-Ta’dib 8, no. 1 (2013): 4–10. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/511.
Arifin, Zainul. Studi Kitab Hadits. Surabaya: Pustaka al-Muna, 2010.
Fatimah, Fatimah, and Ratna Dewi Kartikasari. “Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa.” Pena Literasi 1, no. 2 (2018): 108.
Haryanti, Eka. “PENGGUNAAN BAHASA DALAM PERSPEKTIF TINDAK TUTUR DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN LITERASI.” TAMBORA 3, no. 1 (2019): 28–31. https://media.neliti.com/media/publications/328632-penggunaan-bahasa-dalam-perspektif-tinda-8d271e1e.pdf.
Irna. “Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Implementasi Literasi Keluarga.” Fascho Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan 1, no. 1 (2019): 15–34. http://journal.stkipm-bogor.ac.id/index.php/pascho/article/view/29.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda, 2017.
Ngafifi, Muhamad. “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi 2, no. 1 (2014): 33–47.
Nudin, Burhan. “Konsep Pendidikan Islam Pada Remaja.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) XI, no. 1 (2020): 63.
Nurainiah. “Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Manajer Pendidikan 14, no. 2 (2020): 1–9.
Purwadhi, Purwadhi. “Pengembangan Kurikulum Dalam Pembelajaran Abad XXI.” Mimbar Pendidikan 4, no. 2 (2019): 103–112.
Shafwan, Muhammad Hambal. “IBRAH PENDIDIKAN DALAM KITAB SHAHIH BUKHARI.” Studia religia 5, no. 1 (n.d.): 29–42. http://103.114.35.30/index.php/Studia/article/view/8996.
———. “SAINTIFIC APPROACH ON ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION CURRICULUM IN THE PERSPECTIVE OF AL-QUR’AN.” Studia religia 03, no. 01 (2019): 98–108. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Studia/article/view/2939.
———. Studi Ilmu Hadits. Malang: Pustaka Learning Center, 2020.
Syarifudin, Ahmad. Mendidik Anak Membaca, Menulis, Dan Mencintai AlQur’an. Jakarta: Gema Insani Pers, 2004.
Zulkarnaini. “Dakwah Islam Di Era Modern.” Risalah 26, no. 3 (2015): 154file:///C:/Users/User/Downloadsfile:///C:/Users. https://media.neliti.com/media/publications/127613-ID-dakwah-islam-di-era-modern.pdf.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Muhammad Hambal Shafwan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License