IMPLEMENTASI KEGIATAN SPIRITUAL JOURNEY DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DAN MANDIRI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 10 GKB GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v7i2.20603Kata Kunci:
Karakter Religius, Karakter Mandiri, Spiritual JourneyAbstrak
Character Education is an effort to encourage students to grow and develop the competence to think about and adhere to moral principles in their lives and to have the courage to do the right thing even when faced with various challenges. Character education is the process of transforming life values to be developed in a person's personality so that they become integrated into that person's life behavior. Therefore, character education is a process of internalizing or instilling positive values in students so that they have good character in accordance with the values referred to in both religion, culture, and the philosophy of the nation. In this research, it was related to the implementation of the Spiritual Journey Activities carried out at SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik towards the process of forming the religious and independent character of XI graders. Spiritual Journey is one of the excellent programs owned by SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik in the area of habituation and strengthening students' character through outdoor learning. The research method used in this study is qualitative research with a case study approach. The results of this study showed that the implementation of Spiritual Journey activities for XI graders of SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik had a good influence on the formation of religious and independent character for XI graders of SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik. This can be seen from the results of interviews with students, teachers, and parents. This activity can be developed for the better as a form of improving the quality of education services by collaborating with Muhammadiyah organizations in the wider area outside Gresik. The characters that are developed are religiosity and independence, and they must be monitored and evaluated for the personal development of students at school so that they can become better individuals.
Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam proses pemebalajaran di sekolah yang merupakan proses internalisasi atau penanaman nilai-nilai positif kepada peserta didik agar mereka memiliki karakter yang baik (good character) sesuai dengan nilai-nilai yang dirujuk baik dari agama, budaya, maupun falsafah bangsa. Karakter religius dan mandiri diperlukan siswa untuk bisa menjadi pribadi yang baik dalam menjalani kehidupannya. Karakter religius siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik masih memerlukan penguatan dalam diri siswa. Demikian juga dengan karakter mandiri yang harus diaplikasikan dalam aktivitas sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa implementasi kegiatan Spiritual Journey yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik terhadap proses pembentukan karakter religius dan mandiri siswa kelas XI. Spiritual Journey yang berarti perjalanan spiritual merupakan salah satu program unggulan yang dimiliki SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik dalam bidang pembiasaan dan penguatan karakter siswa secara outdoor learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus yang menggunakan metode pengumpulan data antar lain observasi, studi pustaka, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kegiatan spiritual journey membawa pengaruh yang baik dalam pembentukan karakter religius dan mandiri siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara siswa, guru dan wali siswa. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa kegiatan Spiritual Journey dapat dilaksanakan di tingkat satuan pendidikan menengah atas sebagai bentuk pembelajaran sebagai bagian dari pembentukan karakter religius dan mandiri siswa.
Referensi
Abidinsyah, Urgensi Pendidikan Karakter dalam Membangun Peradaban Bangsa yang Bermartabat, (Jurnal Ilmu-ilmu Sosial “Socioscienta”, vol. 3 no. 1, Februari 2011), hlm. 03
Anas & Irwanto A, Pendidikan Karakter, (Bandung, Pustaka Setia, 2013).
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Pendidikan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.
Az-Zahra, Salsa, 101 Tips & Ide Membimbing Spiritualitas Anak, (Jogjakarta: Darul Hikmah, 2013).
Bafirman, Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Penjasorkes, (Jakarta: Kencana, 2016).
Chusnul dan Muhammad Fatturrohman, Komplemen Menagemen Pendidikan Islam: Konsep Integratif Managemen Pendidikan Islam (Yogyakarta: Teras, 2014).
Dwi, Ratna, “Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku”, Jurnal Inersia, vol. XVI No. 1, Mei 2020, 93
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research Jilid 1, Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta, 1993).
Hermawan, Pendidikan Karakter, (Bandung: Nuansa Cendekia, 2014).
Hudiyono, Membangun Karakter Siswa Melalui Profesionalisme dan Gerakan Pramuka (Bandung: Erlangga. 2014).
Hudiyono, Membangun Karakter Siswa melalui Profesionalisme dan Gerakan Pramuka, (Erlangga,2014).
Jalaluddin, Psikologi Agama Memahami Prilaku Keagamaan Dan Mengaplikasikan PrinsipPrinsip Psikoligi (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008).
Kemdikbud Ristek, 2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, (Jakarta: BSKAP Kemdikbud Ristek,2022).
Moleong, Lexy J, Metodelogi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, 2002).
Muchlas dan Hariyanto, Pendidikan Karakter (Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012).
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam (Bandung: Remaja Rosdakarya).
Muslich, Masnuh, Pendidikan Karakter Manjawab Tantangan Krisis Multidimensional (Jakarta: Bumi Aksara, 2014).
Mustari, Muhammad, Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan, (Jakarta: PT Rja Grafindo Persada, 2014).
Naim, Ngainum, Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu Dan Pembentukan Karakter Bangsa, (Jogjakarta : Arruz Media, 2012).
Pusat Bahasa Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Pusat Bahasa, 2008).
Roqib, Mohammad, Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga,dan Masyarakat, (Yogyakarta: LKIS, 2009).
Sisdiknas, Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional, (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional).
Sumahamijaya, Suparman dkk, Pendidikan Karakter Mandiri dan Kewiraswastaan (Bandung: Angkasa. 2003).
Suryani, Hadis Tarbawi, (Yogyakarta: Teras, 2012).
Ubaedi, Desain Pendidikan Karakter, (Jakarta: Kencana, 2011).
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter, (Jakarta : Kencana Prenada Media Group,2012).
Zuchdi, Humanisasi Pendidikan, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Mahsun Mahsun, Ulyatun Nikmah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License