KONSEP IDEAL PENDIDIKAN ISLAM PRESPEKTIF IMAM AL GHOZALI

Penulis

  • Nur Iftitahul Husniyah Universitas Islam Lamongan
  • Nur Hakim Nur Salim Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v7i2.20588

Kata Kunci:

Konsep Ideal Pendidikan Islam,Pemikiran Al-Ghazali

Abstrak

Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali or who is more famous in our ears as Imam al-Ghazali. Is a famous scholar in the archipelago with the science of Sufism. Al-Ghazali's background as a Sufi, worship expert, and prioritizing noble morals greatly influenced him in all his thoughts, including Islamic education. The journey of Islamic education which has grown and developed to date is strongly influenced by the thoughts of the driving figures in implementing the existing learning system in their educational institutions. There are three main streams of Islamic education, namely: conservative, religious-rational and pragmatic-instrumental. The purpose of this research is to conceptualize an ideal Islamic education so that it makes life perfect, namely perfect human beings as contained in Al-Ghazali's thoughts. According to Al-Ghazali the purpose of education is to get closer to Allah SWT, not to seek a position that generates money. According to al Ghazali, the material aspects of Islamic education include: faith, morals, reason, social and physical education. While the evaluation of education is all forms of activity related to the duties and responsibilities of each in the educational process. The research method in this research is a literature study or library research aimed at collecting information and data using various kinds of library instruments, both books, journals, files and others. Furthermore, the results of this study indicate that the ideal concept of Islamic education according to Al-Ghazali that the Ideal Islamic Education is Education based on the Al-Qur'an and Hadith. The findings from this study are that the components of an ideal Islamic education include educators who have noble character and students who are required to respect a teacher. Meanwhile, a good Islamic education curriculum according to Al-Ghazali is an Islamic education curriculum that emphasizes religious aspects or religiosity which has implications for use value in society, especially in the field of tasawuf and fiqh. In the context of an ideal evaluation of Islamic education, Imam Al-Ghazali emphasizes all aspects of mental, psychological and spiritual-religious life.

Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali atau yang lebih masyhur ditelinga kita dengan sebutan Imam al Ghazali. Merupakan ulama yang masyhur di Nusantra dengan Ilmu tasawufnya. Latar belakang al-Ghazali sebagai seorang sufi, ahli ibadah, dan lebih mengutamakan akhlak yang mulia itu sangatlah mempengaruhi beliau dalam segala pemikirannya, termasuk pendidikan Islam. Perjalanan pendidikan Islam yang telah tumbuh berkembang hingga saat ini sangat dipengaruhi oleh pemikiran tokoh tokoh penggeraknya dalam melaksanakan sistem pembelajaran yang ada pada lembaga pendidikannya. Tiga aliran utama pendidikan Islam, yaitu aliran: konservatif, religious- rasional dan pragmatis instrumental.Tujuan dari penelitian ini adalah mengkonsepsikan pendidikan Islam yg ideal sehingga  menjadikan kesempurnaan hidup yakni insan kamil yang tertuang dalam pemikiran Al-Ghazali  . Menurut Al-Ghazali tujuan pendidikan adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, bukan untuk mencari kedudukan yang menghasilkan uang. Aspek-aspek materi pendidikan Islam menurut pemikiran al Ghazali adalah meliputi: pendidikan keimanan, akhlak, akal, sosial dan jasmani. Sementara yang menjadi evaluasi pendidikan adalah semua bentuk aktifitas yang terkait dengan tugas tanggung jawabnya masing-masing dalam proses pendidikan.Metode penelitian dalam penelitian ini adalah studi literature atau library research yang ditujukan untuk mengumpulkan informasi dan data dengan berbagai macam instrument pustaka baik buku,jurnal,berkas dan lain-lain.Selanjutnya hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam yang ideal menurut Al-Ghazali  bahwa Pendidikan Islam yang Ideal adalah Pendidikan yang berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist. Temuan dari penelitian ini bahwa komponen-komponen penyelenggaraan pendidikan Islam yang ideal meliputi pendidik yang berakhlak mulia dan peserta didik yang diwajibkan memuliakan seoarng guru.Sedangkan kurikulum Pendidikan Islam yang baik menurut Al-Ghazali adalah kurikulum pendidikan Islam yang menekankan aspek keagamaan atau religiusitas yang berimplikasi pada nilai guna pada masyarakat terutama bidang tasawuf dan fiqih. Dalam konteks Evaluasi Pendidikan Islam yang ideal imam Al-Ghazali menekankan pada seluruh aspek-spek kehidupan mental psikologi dan spiritual-religius.

Referensi

Agus, Z, Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Ghazali. Raudhah Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(2),2018

Al-Rasyidin dan Syamsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis, cet. ke- 2, (Jakarta: PT. Ciputat Press, 2005)

Arifin, Muzayyin, Filsafat PendidikanIslam, (Jakarta: PT Bumi Aksara,2005)

Azhari, D. S., & Mustapa, M.,Konsep Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Ghazali. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP),2021

Ibrahim, Rustam. “PENDIDIKAN MULTIKULTURAL : Pengertian , Prinsip , Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam.” Addin 7, no. 1 (2013): 1–26.

Ihsan, Hamdani dan Fuad Ihsan, Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: CV Pustaka Setia),2001

Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam, Jurnal, Reza Rismawanti, Stainu Purworejo, and Jurnal Al Ghazali Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam. “STAINU Purworejo: Jurnal Al Ghazali PENERAPANAPLIKASI WHATSAPP, GOOGLE FORM, DAN QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO Google Form, Quizizz” 3, no. 2 (n.d.): 2020.

Nasution, Harun, Falsafah dan Mistisime dalam Islam, cet. ke-2, (Jakarta: Bulan Bintang, 1978)

Primarni, Amie dan Khairunnas, Pendidikan Holistik Formata Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter paripurna,( Jakarta AMP Press, PT Al Mawardi Prima)

Salim, A, Implikasi Aliran Filsafat Pendidikan Islam Pada Manajemen Pendidikan. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan)2017

Shafwan, Muhammad Hambal. “KONSEP PUASA AL-GHAZALI DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK (STUDI PUSTAKA IHYA’ ULUMUDDIN).” STAIKA 6, no. 1 (2023): 99–121. https://jurnal.staim-paciran.ac.id/index.php/staika/article/view/71.

Sirojudin.,Filsafat Pendidikan Perspektif al-Ghozali. DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman 2017, 86-107

Tolchah, Moch. “Studi Perbandingan Pendidikan Akhlak Perspektif Al-Ghazāli Dan Al-Attas.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 9, no. 1 (2019): 79–106.

Uhbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan Islam (Bandung : CV Pustaka Setia, 1997), Cet. Ke-2,

Zuhairini, dkk., Filsafat Pendidikan Islam, cet. k-2, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991),

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-08