RELEVANSI PENDIDIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DENGAN PEMIKIRAN SAINTIS MUSLIM IBNU SINA DAN IBNU RUSYD

Penulis

  • Sahrul Muhamad UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Indah Rahmayanti UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad Fadli Ramadhan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v7i2.20587

Kata Kunci:

Kurikulum Merdeka, Pemikiran Saintis Muslim, Ibnu Sina, Ibnu Rusyd

Abstrak

Thisi researchi was iconducted because it was motivated to conduct deeper research iregarding thei relevance of the Merdekai iCurriculum and thei thoughts of Muslim scientists namely Ibn Sina and Ibn Rusyd. In this research, will examine thei valuesi ​​contained in the iMerdeka Curriculum, to then be associated with the thought of the concept of education by Muslim scientists Ibni Sinai andi Ibn iRushd, so ithat irelevance ican ibe ifound ibetween ithe itwo. iThis itype of iresearchi is idescriptive-iqualitative iresearch, imeaning ithat ithe iresearch isi presented in a descriptive manner using a philosophical iapproach, theiresearch imethod iused ini ithis researchi is library iresearch. Next, ithe idata isi ianalyzed using the content analysis method to select, compile data irelated ito ithe iMerdeka Curriculum, itheieducationalithoughts of Ibni iSina andi IbniiRushd and their relevance. iThe iresults iof ithe istudy iconclude that, in terms of ithe concepti ofi educationi puti iiforwardi iby ithe itwo Muslimi iscientists, it is relevant to the educational values ​​offered by the Merdeka iCurriculum, first in terms of purposes which emphasize aspects of character and competence, the second is the subject of education that is based on independence, the third is educational content thati itakes intoi iaccount the characteristics of students, and the fourth the educational method leads to a gradual teachingi andi learningi process. Seeing the characteristics of the purposes, subjects, contents, and methods put forward by Ibnu Sina and Ibnu Rushd, it is clear that the thoughts of these Muslim scientists are still relevant to the current curriculum in Indonesia, namely the Merdeka Curriculum.

Penelitian ini dilakukan karena untuk melakukan kajian lebih dalam terkait relevansi antara Kurikulum Merdeka Belajar dengan pemikiran saintis muslim yakni Ibnu Sina dan Ibnu Rusyd. Dalam penelitian ini, akan mengkaji nilai-nilai yang terdapat pada kurikulum merdeka. Kemudian akan dikaitkan dengan pemikiran konsep pendidikan saintis muslim yaitu Ibnu Sina dan Ibnu Rusyd, sehingga ditemukan relevansi antara keduanya. Jenisi penelitianiini yaituipenelitianideskriptifi kualitatif, artinya penelitian dipaparkan secara deskripsi dengan menggunakan pendekatan filosofis. Metodei penelitiani yangidigunakan merupakaniistudi kepustakaani (library research), iberikutnya, idata dianalisis imenggunakan imetode icontent analysisi iuntuk imemilih idan menyusun idata yangiberkaitanidengan ikurikulum imerdeka, pemikiran ipendidikan Ibnu iSina dan Ibnu Rusyd serta relevansi antara keduanya. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa, dalam konsep pendidikan yang dikemukakan oleh kedua saintis muslim tersebut relevan dengan nilai-nilai pendidikan yang ditawarkan oleh kurikulum merdeka, pertama dari segi tujuan yang menekankan pada aspek karakter dan kompetensi, kedua subjek pendidikan yang berasaskan merdeka, ketiga materi pendidikan yang mempertimbangkan karakteristik peserta didik, dan terakhir metode pendidikan mengarah pada proses belajar mengajar yang dilaakukan secara bertahap. Melihat ciri-ciri tujuan, subjek, materi, dan metode yang dikemukakan oleh Ibnu Sina dan Ibnu Rusyd jelas bahwa pemikiran para saintis muslim tersebut masih relevan dengan kurikulum yang sedangi digunakan di Indonesiai yaitu kurikulum merdeka belajar.

Referensi

Abidin, Muhammad Zainal. “Dinamika Pemikiran Klasifikasi Ilmu Dalam Khazanah Intelektual Islam Klasik.” Jurnal Ilmu Ushuluddin 20, no. 1 (2021): 1–14.

Abror, Amanulloh. “Pemikiran Ibnu Rusyd Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Di Era Kontemporer.” Raushan Fikr: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 10, no. 2 (2021): 128–140.

Ansari, and Ahmad Qomarudin. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Sina Dan Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.” Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan 3, no. 2 (2021): 134–148. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika.

Attaftazani, Muhammad Ikhsan, and Andika Setiawan. “Metode Penalaran Saintifik Dalam Epistemologi Islam Ibn Rusyd.” Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains 3 (2021): 59–63.

Azhari, Ahmad Nugraha. “Pendidikan Humanis (Studi Komparasi Pemikiran Paulo Freire Dan Abdurrahman Masud).” Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam 4, no. 2 (2021): 173–192. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir.

Bakar, Abu. Integrasi Keilmuan: Membangun Pendidikan Merdeka. Edited by Ali Halidin. I. Kota Parepare, Sulawesi Selatan: Penerbit IAIN Parepare Nusantara Press, 2022.

Baro’ah, Siti. “Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal Tawadhu 4, no. 1 (2020): 1063–1073.

Basyar, Syaripudin. “Pemikiran Tokoh Pemikiran Islam.” Ri’ayah 5, no. 1 (2020): 96–102.

Hidayati, Wiji. “Muatan Keilmuan Integrasi Interkoneksi Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (Telaah Kurikulum 2013 Jenjang SMA).” Jurnal Pendidikan Agama Islam 12, no. 1 (2015): 1–14.

Jailani, Mohammad. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka Di Pondok Pesantren.” Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren 1, no. 1 (2022): 7–14. journal.iistr.org/index.php/PBSBP.

Kemenag. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Belajar Rahmatan Lil Alamin. Kementerian Agama RI, 2022. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/Hal/Profil-Pelajar-Pancasila.

Khoirurrijal, Dkk. Pengembangan Kurikulum Merdeka. I. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Khumaidah, Shirley, and Rachma Nika Hidayati. “Perbandingan Pemikiran Ibnu Khaldun Dan Al-Ghazali Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Di Indonesia.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 14, no. 2 (2021): 212–252.

Lestari, Sevi. “Kajian Konsep Merdeka Belajar Dari Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4, no. 4 (2022): 1349–1358. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf.

Madani, Mohamad Thoyyib. “Ibnu Rusyd Dan Kontribusi Pemikirannya Terhadap Perkembangan Ilmu Fiqih.” Kabilah: Journal of Social Community 2, no. 1 (2017): 36–59.

Mahfiroh, Fajar, and Muhammad Munadi. “Integrasi Islam Dan Sains Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XII Madrasah ‘Aliyah Kurikulum 2013.” Al-Fatih: Jurnal Pendidikan dan Keislaman 4, no. 2 (2021): 180–214. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/142/138.

Muhammad Yamin, Syahrir. “Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran).” Jurnal Ilmiah Mandala Education 6, no. 1 (2020): 126–136. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index.

Nahdiyah, Umi, Imron Arifin, and Juharyanto. “Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Ditinjau Dari Konsep Kurikulum Merdeka.” Seminar Nasional Manajemen Strategi Pengembangan Profil Pelajar Pancasila pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Dasar (Dikdas), no. 5 (2022): 1–8.

Natsir, Muhammad. “Komparasi Pemikiran Ibnu Sina Dan Suhrawardi: (Telaah Terhadap Teori Emanasi Dan Teori Jiwa).” Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial 1, no. 2 (2014): 181–206. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/wahana/article/view/812.

Ngazizah, Dhaoul, and Kholid Mawardi. “Integrasi Filsafat Dan Agama Dalam Perspektif Ibnu Rusyd.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 8, no. 1 (2022): 588–595.

Nur Dianna, Daru. “Kontribusi Filsafat Islam Terhadap Pendidikan Islam (Studi Analisis Al-Ghazali Dan Ibnu Rusyd).” Kalimah: Jurnal Studi Agama-Agama dan Pemikiran Islam 18, no. 1 (2020): 33–50. http://dx.doi.org/10.21111/klm.v18i1.3967.

Parlaungan, Haidar Putra Daulay, and Zaini Dahlan. “Pemikiran Ibnu Sina Dalam Bidang Filsafat.” Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam 2, no. 1 (2021): 79–93. http://jurnal.staiserdanglubukpakam.ac.id/index.php/bilqolam.

Pratiwi, Wulan Octi, Muhammad Nurwahidin, and Sudjarwo. “Menelaah Tujuan Pendidikan Indonesia Dari Perspektif Filsafat Barat Dan Islam: Study Komparatfi Pemikiran Plato Dan Al-Ghazali.” Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora 2, no. 1 (2022): 61–74. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/4099.

Prayitno, Hadi, and Aminul Qodat. “Konsep Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Modernisasi Pendidikan Islam Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia.” Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam 2, no. 2 (2019): 30–43.

Rahman, Muhammad Irfandi, and Nida Shofiyah. “Relevansi Pemikiran Pendidikan Ibnu Sina Pada Pendidikan Masa Kini.” Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education 6, no. 2 (2019): 142–156.

Rahmat, Ali. “Konsep Manusia Perspektif Filosof Muslim (Studi Komparatif Pemikiran Ibn Sina Dengan Al-Ghazali).” Kariman 4, no. 2 (2016): 41–62.

Ramadhan, Ossi Marga. “Rekonstruksi Tujuan Pendidikan Islam: Studi Komparasi Pemikiran Majid Irsan Al-Kilani Dan Ahmad Dahlan.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 5, no. 1 (2020): 57–66.

Rasyid, Idris. “Konsep Pendidikan Ibnu Sina Tentang Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Metode Pembelajaran, Dan Guru.” Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan 18, no. 1 (2019): 779–790. http://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ekspose.

Rizky, Muhammad Rifqal Kaylafayza, Mohammad Faizin, Sita Rahmasari, and Wahyu Adi Saputra. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ibnu Sina.” Ta’limuna 12, no. 1 (2023): 61–69.

Setiyawan, Agung. “Konsep Pendidikan Menurut Al- Ghazali Dan Al-Farabi.” Tarbawiyah 13, no. 1 (2016): 51–72.

Sholihah, Dyahsih Alin. “Pendidikan Merdeka Dalam Perspektif Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Terhadap Merdeka Belajar Di Indonesia.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 12, no. 2 (2021): 115.

Sukmawati, Anis. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 12, no. 2 (2022): 121–137. http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/elbanat/article/view/3633.

Sultan, Habibi, Yunike Sulistyosari, Muhammad Faisal, and Lutfi Amri. “Analisis Muatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Kurikulum Merdeka Belajar.” Journal on Education 6, no. 1 (2023): 580–590. http://jonedu.org/index.php/joe.

Warsito, Toto, and Khaerul Wahidin. “Tokoh Pendidikan Islam Dalam Dinamika Islamisasi Sains (Studi Komparatif Pemikiran Pendidikan Islam Fazlurrahman Dan Azyumardi Azra).” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 10, no. 1 (2022): 63–70. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index.

Widiyono, Aan, and Izzah Millati. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Perspektif Merdeka Belajar Di Era 4 . 0.” JET: Journal of Education and Teaching 2, no. 1 (2021): 1–9.

Yusuf, Arbaiyah, and Moch. Tolchah. “Menakar Filsafat Pendidikan Islam Dan Filsafat Pendidikan Barat Dalam Kurikulum Merdeka.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 12, no. 2 (2022): 230–247.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-08