STRATEGI PEMBELAJARAN PAI BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI CERME
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v7i2.20537Abstrak
This study aims to find out what learning strategies are for mentally retarded children at SLB State Cerme. This research is a field research using qualitative methods. Data sources were taken from several informants, namely: school principals, PAI teachers, and class teachers for mentally retarded children. The research data was taken through in-depth interviews with all informants. The results of this study indicate that there are six strategies used by Cerme State SLB in PAI learning for mentally retarded children, including: 1) the lecture method, 2) the talaqqi method, 30 the question and answer method, 4) the assignment method, 5) the method repetition. 6) with an individual approach.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran bagi anak tunagrahita di SLB Negeri Cerme. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Sumber data diambil dari beberapa Informan yaitu: Kepala Sekolah, Guru PAI, dan Guru kelas anak Tunagrahita. Data penelitian diambil melalui wawancara secara mendalam (Indepth interview) kepada seluruh Informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada Enam strategi yang digunakan oleh SLB Negeri Cerme dalam pembelajaran PAI bagi anak tunagrahita, antara lain: 1) dengan metode ceramah, 2) metode talaqqi, 3} metode tanya jawab, 4) metode pemberian tugas, 5) metode pengulangan. 6) dengan pendekatan individu.
Referensi
Anwar, Heru Saiful. “Membangun Karakter Bangsa.” At-Ta’dib 8, no. 1 (2013): 4–10. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/511.
Erawati, Ika Leli. “PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF.” Studi Sosial 04, no. 01 (2016). https://media.neliti.com/media/publications/41055-ID-pendidikan-karakter-bangsa-pada-anak-berkebutuhan-khusus-dalam-pendidikan-inklus.pdf.
Fahrudin, Hasan Asari, Siti Halimah. Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53, 2019.
Hartono, Yudi. “Model Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter Bangsa Di Indonesia Dari Masa Ke Masa.” Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya 7, no. 01 (2017): 34–48.
Marzuki. “REVITALISASI PENDIDIKAN AGAMA DI SEKOLAH DALAM PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA DI MASA DEPAN.” Jurnal Pendidikan Karakter 03, no. 01 (2013): 64–76. https://media.neliti.com/media/publications/121902-ID-revitalisasi-pendidikan-agama-di-sekolah.pdf.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda, 2017.
Prasetiawati, Eka. “Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Qur’an Perspektif Muhammad Quraish Shihab.” TADBIR :Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 1 (2017): 116–131. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/523.
Sanusi, Rahmat, Eka Lenggang Dianasari, Karunia Yulinda Khairiyah, and Rudi Chairudin. “Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan.” Jurnal Pendidikan Edutama 7, no. 2 (2020): 37.
Saputra, Wisnu. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga.” Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2021): 1–6.
Shafwan, Muhammad Hambal. “ANALISIS PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA MELALUI PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI MAM 4 SEDAYULAWAS BRONDONG LAMONGAN.” Studia religia 5, no. 2 (n.d.): 318–327. http://103.114.35.30/index.php/Studia/article/view/10237/pdf.
———. “KONSEP PUASA AL-GHAZALI DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK (STUDI PUSTAKA IHYA’ ULUMUDDIN).” STAIKA 6, no. 1 (2023): 99–121. https://jurnal.staim-paciran.ac.id/index.php/staika/article/view/71.
———. “PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN.” Ta’lim unisda 02, no. 02 (2019): 176–186. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/1676.
Solihin, Nandang. “Pendidikan Agama Islam Di Era Disrupsi.” Stitdaarulfatah (2017): 283. http://www.stitdaarulfatah.ac.id/journal/index.php/jmf/article/view/20/17.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Slamet Riadi, Noor Amiruddin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License