PENERAPAN KELAS INKLUSI MELALUI PENDAMPING GURU SHADOW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA ABK DI SEKOLAH KRAETIF SD MUHAMMADIYAH 20 SUARABAYA

Penulis

  • Harun Abdullah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v7i2.20533

Abstrak

Inclusive education might become a solution for students with special needs. Its regular curriculum can help children with special needs overcome the challenges they face in social and environmental interactions. The first problem formulation of this thesis was the inclusive classes implementation through shadow teachers to improve the learning achievement of students with special needs at SD Kreatif Muhammadiyah 20 Surabaya. The second was the achievement of students with special needs through shadow teacher assistants to improve their achievement at SD Kreatif Muhammadiyah 20 Surabaya. The third was supporting and inhibiting factors for implementing inclusive classes through shadow teachers to enhance student achievement with special needs at SD Kreatif Muhammadiyah 20 Surabaya. For this problem, researchers used qualitative research with a descriptive approach. It meant taking information from informants by using interviews, observations, and documentation as data. The conclusion from this study was that the implementation of the inclusion class at SD Kreatif Muhammadiyah 20 Surabaya was a full-normal inclusion and was quite good because it conforms to educational standards. Their achievements varied before and after shadowing. The supporting factors were a good collaboration from all parties, while the inhibiting factor was the lack of infrastructure.

Siswa berkebutuhan khusus dapat dicarikan solusinya melalui pendidikan inklusi (ABK). Kurikulum reguler untuk anak dapat membantu anak berkebutuhan khusus mengatasi tantangan yang mereka hadapi dalam interaksi sosial dan lingkungan di kelas inklusi ini. Masalah tesis ini pertama kali dirumuskan sebagai berikut: “Bagaimana pelaksanaan kelas inklusi melalui guru pendamping bayangan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa ABK di sekolah Kreatif Muhammadiyah 20 SD Surabaya”, “Bagaimana prestasi siswa ABK melalui guru pendamping guru bayangan untuk meningkatkan siswa ABK prestasi di sekolah Kreatif Muhammadiyah 20 SD Surabaya”, dan “Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kelas inklusi melalui guru pendamping bayangan untuk meningkatkan prestasi siswa ABK di Kraetif?. Untuk permasalahan ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Artinya  mengambil informasi dari informan kunci yang dapat dipertimbangkan. Wawancara, observasi dan dokumentasi dijadikan sebagai data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan kelas inklusi sekolah Kraetif SD Muhammadiyah 20 Surabaya adalah inklusi normal penuh dan cukup baik karena sesuai standar pendidikan. Prestasi siswa ABK beragam, namun prestasi  anak ABK tidak ada, melainkan prestasi mereka sebelum dan sesudah bershadow. Faktor pendukungnya adalah kolaborasi yang baik dari semua pihak  dan kurangnya infrastruktur menjadi faktor penghambat.

Referensi

Anwar, Heru Saiful. “Membangun Karakter Bangsa.” At-Ta’dib 8, no. 1 (2013): 4–10. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/511.

Danial, Muhammad. “Kesadaran Metakognisi, Keterampilan Metakognisi Dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar.” Jurnal Ilmu Pendidikan 17, no. 3 (2010): 225–229.

Ekaningtyas, Ni Luh Drajati. “Psikologi Dalam Dunia Pendidikan.” Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 01 (2022): 29–38.

Elihami, Elihami, and Abdullah Syahid. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” Edumaspul - Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2018): 79–96.

Hartono, Yudi. “Model Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter Bangsa Di Indonesia Dari Masa Ke Masa.” Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya 7, no. 01 (2017): 34–48.

Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Muhajir, Noeng. Metologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996.

SARI, SITI FATIMAH MUTIA, BINAHAYATI BINAHAYATI, and BUDI MUHAMMAD TAFTAZANI. “Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang Di Slb N Purwakarta).” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 4, no. 2 (2017): 217–222.

Shafwan, Muhammad Hambal. “MANAJEMEN STRATEGIS KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH 1 PUCANGANOM SIDOARJO.” STAIKA 6, no. 1 (2023): 81–98. https://jurnal.staim-paciran.ac.id/index.php/staika/article/view/70.

Solikhah, Irma. “Konsep Dasar Pendidikan Islam Inklusif : Studi Tentang Inklusivitas Islam Sebagai Pijakan Pengembangan Pendidikan Islam Inklusif” 7, no. 2 (2021): 114–127.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-08