ILMU PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI BENTUK KAJIAN MASYARAKAT MILENIAL
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v7i2.20531Kata Kunci:
Pendidikan Islam, Konsep Kajian, Masyarakat MilenialAbstrak
Islamic Education Science is a branch of science that examines the principles of education in Islam. As a form of study of millennial society, Islamic Education is very important to study because it can provide a better understanding of educational principles in Islam and their relevance to the context of today's millennial society. In Islamic Education, there are various concepts that can be used as a reference in understanding Islamic education. Some of them are the concepts of tarbiyah, ta'lim, and tarbiyah al-nafs. A The concepts of this study can be used as a basis for developing more effective educational approaches and strategies in the context of millennial society. Apart from that, Islamic Education also discusses educational problems faced by millennials, such as identity problems, behavioral problems, and moral problems. Through a better understanding of the principles of education in Islam, it is hoped that the millennial community can overcome these problems and become better at living their lives.
Ilmu Pendidikan islam merupakan suatu cabang ilmu yang mengkaji tentang prinsip-prinsip pendidikan dalam Islam. Sebagai bentuk kajian masyarakat milenial, Ilmu Pendidikan Islam sangat penting untuk dipelajari karena dapat memberikan suatu pemahaman yang akan lebih baik tentang suatu prinsip-prinsip pendidikan dalam Islam dan relevansinya dengan konteks masyarakat milenial saat ini. Dalam Ilmu Pendidikan Islam, terdapat berbagai konsep yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam memahami pendidikan Islam. Beberapa di antaranya adalah konsep tarbiyah, ta'lim, dan tarbiyah al-nafs. Suatu Konsep-konsep tentang kajian ini dapat digunakan sebagai suatu dasar untuk mengembangkan pendekatan dan strategi pendidikan yang lebih efektif dalam konteks masyarakat milenial. Selain itu, Ilmu Pendidikan Islam juga membahas tentang masalah-masalah pendidikan yang dihadapi oleh masyarakat milenial, seperti masalah identitas, masalah perilaku, dan masalah moral. Melalui pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip pendidikan dalam Islam, diharapkan masyarakat milenial dapat mengatasi masalah-masalah tersebut dan menjadi lebih baik dalam menjalani kehidupan mereka.
Referensi
Afifuddin. “Mengaktualisasikan Landasan Filosofis Pendidikan Islam Di Era Milenial.” Dirasat Islamiah: Jurnal Kajian Keislaman 2, no. 2 (2021): 89–106. https://e-journal.faiuim.ac.id/index.php/dirasatIslamiah.
Ananda, Muhammad Aldair. “Pendekatan Teologis-Normatif Dalam Studi Islam,” 2022, 1–11. osf.io/xjpt8.
Andariati, Leni. “Hadis Dan Sejarah Perkembangannya.” Diroyah : Jurnal Studi Ilmu Hadis 4, no. 2 (2020): 1–18. https://doi.org/10.15575/diroyah.v4i2.4680.
Asrori, Mohammad. “Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran.” Madrasah 6, no. 2 (2016): 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301.
Danil, Muhammad. “Pentingnya Memahami Peran Metodologi Studi Islam Terhadap Generasi Milenial Di Era Digitalisasi.” Profetika: Jurnal Studi Islam 21, no. 2 (2020): 223–30. https://doi.org/10.23917/profetika.v21i2.13082.
El-yunusi, Muhammad Yusron Maulana, Cholifatul Azizah, Sayyid Qutub Nabillah, Universitas Sunan, and Giri Surabaya. “M a s l i Q” 3 (n.d.): 370–83.
Harahap, Musaddad. “Esensi Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam MUSADDAD HARAHAP.” Jurnal Al-Thariqah 1, no. 113 (2016): 140–55.
Hariyati, Mutty, Isna Fistiyanti, Unesa Surabaya, Uin Sunan, and Ampel Surabaya. “Sejarah Klasifikasi Ilmu-Ilmu Keislaman Dan Perkembangannya Dalam Ilmu Perpustakaan.” Pustakaloka 9, no. 1 (2017): 147–64.
Hidayat, Andi. “Metode Pendidikan Islam Untuk Generasi Millennial.” Fenomena 10, no. 1 (2018): 55–76. https://doi.org/10.21093/fj.v10i1.1184.
Hubbi, Unwanul, Agus Ramdani, and Dadi Setiadi. “Integrasi Pendidikan Karakter Kedalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Milenial.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 4, no. 3 (2020). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1201.
Indriani, Wiwik, and Firdian Firdian. “Tantangan Pendidikan Islam Di Era Milenial.” Anwarul 1, no. 1 (2021): 89–101. https://doi.org/10.58578/anwarul.v1i1.37.
“K. Makna,” n.d., 1–8.
Karini, Dkk. “No Titleیلیب.” Nucl. Phys. 13, no. 1 (2023): 104–16.
Kesuma, Guntur. “Pemberdayaan Pendidikan Islam Dalam Upaya Mengantisipasi Kehidupan Masyarakat Modern.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2013): 1689–99.
Khalis, Nur. “PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MILLENIAL Nur Khalis Akhiruddin Universitas Saburai Bandar Lampung Abstrak Pendahuluan Pesatnya Kemajuan Ilmu Dan Teknologi Serta Komunikasi Semakin Perkembangan Era Millenial , Bukan Tidak Mungkin Generasi Ini Akan.” Jurnal IlmIah Pendidikan 03, no. 1 (2019): 73–89.
Khamim, Nur. “Penerapan Pendidikan Agama Islam Pada Keluarga Millenial” 15, no. September (2019): 132–42. https://doi.org/10.5281/zenodo.3408603.
Kosanke, Robert M. “Pendidikan Sebagai Sistem” 10 (2019): 21–26.
Mardiana, Reza. “Daya Tarik Dakwah Digital Sebagai Media Dakwah Untuk Generasi Milenial.” Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah 10, no. 02 (2020): 148–58. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http.
Mawardi, Imam. “Transinternalisasi Budaya Pendidikan Islam: Membangun Nilai Etika Sosial Dalam Pengembangan Masyarakat.” HUNAFA: Jurnal Studia Islamika 8, no. 1 (2011): 27. https://doi.org/10.24239/jsi.v8i1.83.27-52.
Mualimin, Mualimin. “Konsep Fitrah Manusia Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2017): 249. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2130.
Muhammad Hasan Baidlawie, Besse Tantri Eka SB dan. “Pendidik Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 1 (2018): 652–71. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v5i2.556.
Mukhlas, Abdullah Arif. “Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Anak Millenial.” AT-THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1, no. 1 (2020): 66–79. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v1i1.180.
Primarni, Amie. “Konsep Pendidikan Islam Holistik Dalam Memenangkan Persaingan Di Era Mileneal.” Jurnal Dirosah Islamiyah 1, no. 1 (2020): 35–50. https://doi.org/10.47467/jdi.v1i1.61.
Rahmatullah, Rahmatullah, and Akhmad Said. “Implementasi Pendidikan Karakter Islam Di Era Milenial Pada Pondok Pesantren Mahasiswa.” Journal TA’LIMUNA 8, no. 2 (2019): 37. https://doi.org/10.32478/talimuna.v8i2.269.
Sari, Lia Mega. “EVALUASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM PENDAHULUAN Pendidikan Islam Merupakan Jenis Pendidikan Yang Memiliki Pengaruh Baik Bagi Perilaku Siswa , Karena Ajaran Dalam Pendidikan Islam Berlandaskan Unsur-Unsur Nilai Yang Terkandung Dalam Ajaran Islam ( Nata , 2010.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 2 (2018): 211–31.
Tanjung, Hasan Basri. “Islamic Management : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dosen Fakultas Dakwah Dan Komunikasi IUQI Bogor Email : Hb.Tanjung@yahoo.Co.Id PENDAHULUAN Perkembangan Pendidikan Dapat Dilihat Dan Dirasakan Dengan Perkembangan Teknologi Yang Telah Terbukti Membawa,” no. 1 (2020). https://doi.org/10.30868/im.v3i02.868.
Wahab Syakhrani, Abdul, and Muhammad Rivaldi Yudistira. “Dasar Keislaman Sebagai Agama Rahmatan Lilalamin.” MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis 2, no. 3 (2022): 263–69. https://doi.org/10.54443/mushaf.v2i3.43.
Wahana, Jurnal, Karya Ilmiah, and P A I Unsika Vol. “Jurnal Wahana Karya Ilmiah_Pascasarjana (S2) PAI Unsika Vol. 4 No. 2 Juli-Desember 2020” 4, no. 2 (2020): 711–31.
Zaim, Muhammad. “Media Pembelajaran Agama Islam Di Era Milenial 4.0 Learning Media of Islamic Religion in the Milenial Era 4.0.” Jurnal Kependidikan Islam 6, no. 1 (2020): 1–17.
Ananda, Muhammad Aldair. “Pendekatan Teologis-Normatif Dalam Studi Islam,” 2022, 1–11. osf.io/xjpt8.
Andariati, Leni. “Hadis Dan Sejarah Perkembangannya.” Diroyah : Jurnal Studi Ilmu Hadis 4, no. 2 (2020): 1–18. https://doi.org/10.15575/diroyah.v4i2.4680.
Asrori, Mohammad. “Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran.” Madrasah 6, no. 2 (2016): 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301.
Danil, Muhammad. “Pentingnya Memahami Peran Metodologi Studi Islam Terhadap Generasi Milenial Di Era Digitalisasi.” Profetika: Jurnal Studi Islam 21, no. 2 (2020): 223–30. https://doi.org/10.23917/profetika.v21i2.13082.
El-yunusi, Muhammad Yusron Maulana, Cholifatul Azizah, Sayyid Qutub Nabillah, Universitas Sunan, and Giri Surabaya. “M a s l i Q” 3 (n.d.): 370–83.
Harahap, Musaddad. “Esensi Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam MUSADDAD HARAHAP.” Jurnal Al-Thariqah 1, no. 113 (2016): 140–55.
Hariyati, Mutty, Isna Fistiyanti, Unesa Surabaya, Uin Sunan, and Ampel Surabaya. “Sejarah Klasifikasi Ilmu-Ilmu Keislaman Dan Perkembangannya Dalam Ilmu Perpustakaan.”
Afifuddin. “Mengaktualisasikan Landasan Filosofis Pendidikan Islam Di Era Milenial.” Dirasat Islamiah: Jurnal Kajian Keislaman 2, no. 2 (2021): 89–106. https://e-journal.faiuim.ac.id/index.php/dirasatIslamiah.
Ananda, Muhammad Aldair. “Pendekatan Teologis-Normatif Dalam Studi Islam,” 2022, 1–11. osf.io/xjpt8.
Andariati, Leni. “Hadis Dan Sejarah Perkembangannya.” Diroyah : Jurnal Studi Ilmu Hadis 4, no. 2 (2020): 1–18. https://doi.org/10.15575/diroyah.v4i2.4680.
Asrori, Mohammad. “Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran.” Madrasah 6, no. 2 (2016): 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301.
Danil, Muhammad. “Pentingnya Memahami Peran Metodologi Studi Islam Terhadap Generasi Milenial Di Era Digitalisasi.” Profetika: Jurnal Studi Islam 21, no. 2 (2020): 223–30. https://doi.org/10.23917/profetika.v21i2.13082.
El-yunusi, Muhammad Yusron Maulana, Cholifatul Azizah, Sayyid Qutub Nabillah, Universitas Sunan, and Giri Surabaya. “M a s l i Q” 3 (n.d.): 370–83.
Harahap, Musaddad. “Esensi Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam MUSADDAD HARAHAP.” Jurnal Al-Thariqah 1, no. 113 (2016): 140–55.
Hariyati, Mutty, Isna Fistiyanti, Unesa Surabaya, Uin Sunan, and Ampel Surabaya. “Sejarah Klasifikasi Ilmu-Ilmu Keislaman Dan Perkembangannya Dalam Ilmu Perpustakaan.” Pustakaloka 9, no. 1 (2017): 147–64.
Hidayat, Andi. “Metode Pendidikan Islam Untuk Generasi Millennial.” Fenomena 10, no. 1 (2018): 55–76. https://doi.org/10.21093/fj.v10i1.1184.
Hubbi, Unwanul, Agus Ramdani, and Dadi Setiadi. “Integrasi Pendidikan Karakter Kedalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Milenial.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 4, no. 3 (2020). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1201.
Indriani, Wiwik, and Firdian Firdian. “Tantangan Pendidikan Islam Di Era Milenial.” Anwarul 1, no. 1 (2021): 89–101. https://doi.org/10.58578/anwarul.v1i1.37.
“K. Makna,” n.d., 1–8.
Karini, Dkk. “No Titleیلیب.” Nucl. Phys. 13, no. 1 (2023): 104–16.
Kesuma, Guntur. “Pemberdayaan Pendidikan Islam Dalam Upaya Mengantisipasi Kehidupan Masyarakat Modern.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2013): 1689–99.
Khalis, Nur. “PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MILLENIAL Nur Khalis Akhiruddin Universitas Saburai Bandar Lampung Abstrak Pendahuluan Pesatnya Kemajuan Ilmu Dan Teknologi Serta Komunikasi Semakin Perkembangan Era Millenial , Bukan Tidak Mungkin Generasi Ini Akan.” Jurnal IlmIah Pendidikan 03, no. 1 (2019): 73–89.
Khamim, Nur. “Penerapan Pendidikan Agama Islam Pada Keluarga Millenial” 15, no. September (2019): 132–42. https://doi.org/10.5281/zenodo.3408603.
Kosanke, Robert M. “Pendidikan Sebagai Sistem” 10 (2019): 21–26.
Mardiana, Reza. “Daya Tarik Dakwah Digital Sebagai Media Dakwah Untuk Generasi Milenial.” Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah 10, no. 02 (2020): 148–58. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http.
Mawardi, Imam. “Transinternalisasi Budaya Pendidikan Islam: Membangun Nilai Etika Sosial Dalam Pengembangan Masyarakat.” HUNAFA: Jurnal Studia Islamika 8, no. 1 (2011): 27. https://doi.org/10.24239/jsi.v8i1.83.27-52.
Mualimin, Mualimin. “Konsep Fitrah Manusia Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2017): 249. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2130.
Muhammad Hasan Baidlawie, Besse Tantri Eka SB dan. “Pendidik Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 1 (2018): 652–71. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v5i2.556.
Mukhlas, Abdullah Arif. “Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Anak Millenial.” AT-THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1, no. 1 (2020): 66–79. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v1i1.180.
Primarni, Amie. “Konsep Pendidikan Islam Holistik Dalam Memenangkan Persaingan Di Era Mileneal.” Jurnal Dirosah Islamiyah 1, no. 1 (2020): 35–50. https://doi.org/10.47467/jdi.v1i1.61.
Rahmatullah, Rahmatullah, and Akhmad Said. “Implementasi Pendidikan Karakter Islam Di Era Milenial Pada Pondok Pesantren Mahasiswa.” Journal TA’LIMUNA 8, no. 2 (2019): 37. https://doi.org/10.32478/talimuna.v8i2.269.
Sari, Lia Mega. “EVALUASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM PENDAHULUAN Pendidikan Islam Merupakan Jenis Pendidikan Yang Memiliki Pengaruh Baik Bagi Perilaku Siswa , Karena Ajaran Dalam Pendidikan Islam Berlandaskan Unsur-Unsur Nilai Yang Terkandung Dalam Ajaran Islam ( Nata , 2010.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 2 (2018): 211–31.
Tanjung, Hasan Basri. “Islamic Management : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dosen Fakultas Dakwah Dan Komunikasi IUQI Bogor Email : Hb.Tanjung@yahoo.Co.Id PENDAHULUAN Perkembangan Pendidikan Dapat Dilihat Dan Dirasakan Dengan Perkembangan Teknologi Yang Telah Terbukti Membawa,” no. 1 (2020). https://doi.org/10.30868/im.v3i02.868.
Wahab Syakhrani, Abdul, and Muhammad Rivaldi Yudistira. “Dasar Keislaman Sebagai Agama Rahmatan Lilalamin.” MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis 2, no. 3 (2022): 263–69. https://doi.org/10.54443/mushaf.v2i3.43.
Wahana, Jurnal, Karya Ilmiah, and P A I Unsika Vol. “Jurnal Wahana Karya Ilmiah_Pascasarjana (S2) PAI Unsika Vol. 4 No. 2 Juli-Desember 2020” 4, no. 2 (2020): 711–31.
Zaim, Muhammad. “Media Pembelajaran Agama Islam Di Era Milenial 4.0 Learning Media of Islamic Religion in the Milenial Era 4.0.” Jurnal Kependidikan Islam 6, no. 1 (2020):
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi, Sufi Zakiya Khoirun Nisa, Alfi Nadiroh
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License