IMPLEMENTASI METODE TAHSIN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN DI LEMBAGA GRIYA AL-QUR’AN SURABAYA UTARA

Penulis

  • Din Muhammad Zakariya universitas muhammadiyah surabaya
  • Abdullah Djamal Al Amudy Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v7i2.20524

Kata Kunci:

Implementasi, Tahsin, Griya Al-Qur’an

Abstrak

The background study this done because the problem that happen today's in our society, especially for adult and old people who can’t read the Al-Qur’an properly and correctly, there are no institutions that give them opportunities for learning, and there is no method specifically build for adults and old age, all that both of method and institutions that circulates in our society is just for toddler and kids. In here the institution's own the Tahsin methodology that is customized for adults and old people.In this thesis there are three problem formulations, First, How Quality of Al-Qur'an Reading of students at Griya Al Qu'ran Institute, North Surabaya. Second, How is the Implementation of the Tahsin Method in Improving the Quality of Reading Al- Qur'an at Griya Al Qur'ran Institute, North Surabaya. Third, What are the Supporting and Inhibitor Factors Implementation Tahsin Method in Increasing Quality Reading Al-Qur'an in Institution Griya Al Qu'ran North SurabayaThis type of research is descriptive qualitative research that collects data through interviews from parties directly related to learning and teaching activities at Griya Al-Qur'an, from students, teachers, branch managers and curriculum manager, after all data is collected in further qualitative analysis And described in descriptive form.The results of the study concluded that the Tahsin method was used by Griya The Qur'an is a method that is already understood and no students are experience difficulties in studying it, while the thing that supports it is the location which is strategically owned by Griya Al-Qur'an North Surabaya and the study hours are flexible, while the inhibiting factor is the ability of students in understand explanation Teacher And also a factor activity student at outside Griya Al-Qur'an.

Penelitian ini dilakukan kerena dilatar belakangi masalah yang terjadi masyarakat saat ini terutama para orang tua yang tidak bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, dan tidak adanya lembaga yang memberikan mereka peluang untuk belajar, dan tidak adanya meode yang dibuat khusus untuk kalangan dewasa hingga usia tua, yang banyak beredar hanyalah metode dan lembaga yang mengajari anak anak saja. Di sini lembaga memiliki metode tahsin yang sudah disesuaikan untuk kalangan orang tua hingga usia lanjut.Dalam tesis ini memiliki tiga rumusan masalah, yaitu Pertama, Bagaimana Kualitas Bacaan Al-Qur’an siswa di Lembaga Griya Al Qu’ran Surabaya Utara Kedua, Bagaimana Implementasi Metode Tahsin dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al- Qur’an di Lembaga Griya Al Qu’ran Surabaya Utara Ketiga, Apa Faktor Pendukung Dan Penghambat Implementasi Metode Tahsin dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an di Lembaga Griya Al Qu’ran Surabaya UtaraJenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menghimpun data melaului wawancara dari pihak yang berkaitan langsung dalam kegiatan belajar mengajar di Griya Al-Qur’an, mulai dari siswa, guru hingga manager cabang dan manager kurikulum, setelah semua data terkumpul di lanjut analisis secara kulitatif dan diuraikan dalam bentu diskriptif.Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa metode tahsin yang digunakan oleh Griya Al Qur’an adalah metode yang udah di fahami dan siswa tidak ada yang mengalami kesulitan dalam memelajarinya, adapun hal yang mendukung adalah lokasi yang strategis yang dimiliki oleh Griya Al-Qur’an Surabaya Utara dan jam belajar yang fleksibel, adapun faktor yang menjadi penghambat, adalah kemampuan siswa dalam memahami penjelasan guru dan juga faktor kegiatan siswa di luar Griya Al-Qur’an.

Referensi

Indra, Hasbi. “Taman Pendidikan Al-Qur’an Berbasis Pendidikan Manusia.” Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 6, no. 1 (2020): 150–164.

Kamaruddin, Kamaruddin. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah.” AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2019): 29–42.

Khoerunnisa, Putri, and Syifa Masyhuril Aqwal. “Analisis Model-Model Pembelajaran.” Fondatia 4, no. 1 (2020): 1–27.

Kusuma, Yuanda. “Model-Model Perkembangan Pembelajaran Btq Di Tpq/Tpa Di Indonesia.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 1 (2018): 46–58.

Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Mulyasa, E. Menejemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Rusdiah. “Konsep Metode Pembelajaran Al Qur’an.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2012): 1–25.

Shafwan, Muhammad Hambal. “Analisis Model Pendidikan Tauhid Di Pesantren Al-Ikhlash Lamongan, Indonesia.” Tsaqafah 17, no. 1 (2021): 141–160. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tsaqafah/article/view/6662.

———. “KONSEP AL-QUR’AN TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM.” STAIKA 04, no. 02 (2021): 128–141. http://jurnal.staim-paciran.ac.id/index.php/staika/article/view/45.

———. “KONSEP PENDIDIKAN TAUHID MENURUT SYEIKH ABDURRAHMAN BIN NȂSIR AL-SA’DI.” Studia religia 7, no. 1 (2023): 143–156. https://journal.um-surabaya.ac.id/Studia/article/view/18259.

———. “Tahfidz Al-Qur’an Education in Elementary Age Children with the Taghanni Talaqqi Method at Mim 02 Sedayulawas Brondong Lamongan East Java Indonesia.” Education Journal 12, no. 4 (2023): 121–129. https://www.sciencepublishinggroup.com/article/10.11648.j.edu.20231204.12.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-08