Penggunaan Teori Psikologi Perkembangan dalam Metode Pembelajaran di SDIT Mutiara Qolbu Sukatani
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v7i1.18260Abstrak
Educational psychology is a science that talks about human behavior in the learning process, and has a close relationship with the science of teaching. Humans as subjects as well as objects that play an important role in education. This paper seeks to link theories in developmental psychology with learning methods at SDIT Mutiara Qolbu. Research using qualitative methods. Qualitative research method is research that is used to examine the condition of natural objects, where the researcher is the key instrument. The results of this study indicate that the learning methods at SDIT Mutiara Qolbu are implemented based on developmental psychological theories, namely: the exemplary method, the habituation method, the demonstration or experiment method, the lecture method and the family support method.
Â
Psikologi pendidikan merupakan ilmu pengetahuan yang berbicara tentang tingkah laku manusia dalam proses pembelajaran, dan memliki hubungan erat dengan imu mengajar. Manusia sebagai subyek sekaligus objek yang berperan peting dalam Pendidikan. Tulisan ini berupaya untuk menghubungkan teori-teori pada psikologi perkembangan dengan metode-metode pembelajaran di SDIT Mutiara Qolbu. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah, dimana peneliti merupakan instrumen kunci. Hasil penelitian ini menunjukkan metode pembelajaran di SDIT Mutiara Qolbu yang pelaksanaannya berdasarkan teori-teori psikologi perkembangan yaitu: metode keteladanan, metode pembiasaan, metode demonstrasi atau eksperimen, metode ceramah dan metode dukungan keluarga
Referensi
Ahmad. Kinerja Guru Pembimbing Sekolah Menengah Umum. Jakarta: UNJ Press, 2014.
Anwar, Heru Saiful. “Membangun Karakter Bangsa.†At-Ta’dib 8, no. 1 (2013): 4–10. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/511.
Darmono, M. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.
Ekaningtyas, Ni Luh Drajati. “Psikologi Dalam Dunia Pendidikan.†Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 01 (2022): 29–38.
Helda Nur Aina. “Psikologi Perkembangan Anak Perspektif Ibnu Qayyim Al-Jauziyah (Kajian Kitab Tuhfat Al-MaudÅ«d Bi AhkÄm Al-MaulÅ«d).†Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2013): 42.
Ichsan, Muhammad. “Psikologi Pendidikan Dan Ilmu Mengajar.†JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2, no. 1 (2016): 60.
Kamaruddin, Kamaruddin. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah.†AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2019): 29–42.
Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Nurkhasyanah, Alfiyanti. “Optimalisasi Psikologi Perkembangan Anak Dalam Lingkungan Keluarga.†(JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA) 3, no. 2 (2020): 1–12.
Nurliani. “Studi Psikologi Pendidikan.†Jurnal As-Salam 1, no. 2 (2016): 40. https://media.neliti.com/media/publications/293617-studi-psikologi-pendidikan-539b32f0.pdf.
Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.†Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022): 1–8.
Saeful, Achmad. “Lingkungan Pendidikan Dalam Islam.†Tarbawi, Vol. 4, no. No. 1, (2021): 54–63.
Shafwan, Muhammad Hambal. “PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN.†Ta’lim unisda 02, no. 02 (2019): 176–186. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/1676.
———. “SAINTIFIC APPROACH ON ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION CURRICULUM IN THE PERSPECTIVE OF AL-QUR’AN.†Studia religia 03, no. 01 (2019): 98–108. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Studia/article/view/2939.
Susanto, Hary. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan.†Jurnal Pendidikan Vokasi 2, no. 2 (2013): 197–212.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda, 2017.
Usman, Moh . Uzer. Menjadi Guru Professional. Bandung: PT Remaja Roasdakarya, 2006.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License