Inovasi Strategi Pembelajaran Kitab Kuning MI. Mambaul Ulum I Bata-Bata Pamekasan

Penulis

  • Ahmadi Ahmadi Universitas Islam Madura
  • Moh Badri

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v7i1.18196

Abstrak

The background of the research was complex problems. It took a long time to learn the yellow book, so there was a need for a rapid program (acceleration) for learning the yellow book. The formulation of the problem of this thesis, First, how to learn the yellow book. Second, how to innovate the yellow book learning strategy. Third, the factors that inhibit and support yellow book learning. This research described the Innovation of the Yellow Book Learning Strategy of the Yellow Book Reading Acceleration Program in Class IV-VI MI. Mambaul Ulum I Bata-Bata.This study uses a qualitative approach and descriptive type, research that seeks to describe certain events with qualitative data. The data analysis in this study, namely the interactive model, through interviews, observation and documentation. The results of the research can be concluded that the yellow book learning in Class IV-VI MI. Mambaul Ulum I Bata-Bata, implemented. First, curriculum structure development (time allocation, learning resources, learning media, teacher selection Second, learning strategy selection (a) Complete Learning Strategy (b) Active Student Learning Method (c) Student activity-oriented learning (d) Expository (e) inquiry) Third, Obstacles in the implementation of the yellow book learning (a) It was difficult to create a fun learning atmosphere for the early age factor. (b) Bored feeling in studying the yellow book (c) Differences in individual quality levels (d) Conflict of duties between madrasah and Islamic boarding schools for students who were Muslim students. (e) Not at home for students.

 

Penelitian dilatar belakangi masalah rumit dan membutuhkan waktu yang lama belajar kitab kuning, sehingga diperlukan adanya program cepat (Akslerasi) pembelajaran kitab kuning. Rumusan masalah tesis ini, Pertama, Bagaimana pembelajaran kitab kuning. Kedua, Bagaimana Inovasi strategi pembelajaran kitab kuning Ketiga, Faktor yang menjadi penghambat dan pendukung pembelajaran kitab kuning. Penelitian ini untuk mendeskripsikan Inovasi Strategi Pembelajaran Kitab Kuning Studi Tentang Program Akslerasi Baca Kitab Kuning di Kelas IV-VI MI. Mambaul Ulum I Bata-Bata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif, penelitian yang berusaha mendeskripsikan kejadian tertentu dengan data yang bersifat kualitatif. Adapun analisis data dalam penelitian ini, yaitu model interaktif, melalui wawancara, observasi dan dokementasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran kitab kuning di Kelas IV-VI MI. Mambaul Ulum I Bata-Bata, dilaksanakan. Pertama, Pengembangan struktur kurikulum (alokasi waktu, Sumber belajar, media pembelajaran, pemilihan guru Kedua, Pemilihan strategi pembelajaran (a) Strategi Belajar Tuntas (b) Cara Belajara Siswa Aktif (c) Pembelajaran berorientasi aktivitas  Peserta didik (d) Ekspositori (e) ingkuiri) Ketiga, Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran kitab kuning (a) Sulit menciptakan suasana pembelajaran menyenangkan  faktor usia dini. (b) Bosan dan jenuh dalam mmpelajari kitab kuning (c) Perbedaan tingkat kualitas individu (d) Benturan tugas madrasah dan pondok pesantren bagi siswa yang berstatus santri. (e) Tidak kerasan bagi siswa yang berstatus santri.

Referensi

Arikunto. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Asy’ari, Ari, and Tasman Hamami. “Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21.†IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 01 (2020): 19–34.

Erlin, E., A. Rahmat, S. Redjeki, and W.Purwianingsih. “Analisis Berbagai Strategi Dan Model Pembelajaran Yang Dapat Memberdayakan Kemampuan Metakognitif Pada Pembelajaran Biologi.†BioedL Jurnal Pendidikan Biologi 9, no. 2 (2021): 30–40.

Fatimah, Fatimah, and Ratna Dewi Kartikasari. “Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa.†Pena Literasi 1, no. 2 (2018): 108.

Hamdi, M., M. “Konsep Pengembangan Kurikulum.†INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2017): 1–13.

Hasan, Nur. “Model Pembelajaran Berbasis Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Pondok Pesantren Raoudhotut Tholibin Rembang Jawa Tengah.†Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial 3, no. 2 (2016): 92.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda, 2017.

Mu’izzuddin, Mochammad, Juhji Juhji, and Hasbullah Hasbullah. “Implementasi Metode Sorogan Dan Bandungan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning.†Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 1 (2019): 43.

Muhardi. “Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia.†Mimbar XX, no. 4 (2004): 478–492. https://media.neliti.com/media/publications/156226-ID-kontribusi-pendidikan-dalam-meningkatkan.pdf.

Mukhlishotin. “PENGARUH METODE SOROGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAMBA’UL ULUM.†Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam 04, no. 02 (2019): 177–189. https://media.neliti.com/media/publications/297047-pengaruh-metode-sorogan-terhadap-kemampu-bbdd944d.pdf.

Nurainiah. “Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam.†Jurnal Manajer Pendidikan 14, no. 2 (2020): 1–9.

Nurdyansah, Fitriyani Toyiba. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Madrasah Obtiaiyah.†Jurnal Pendidikan 3, no. 1 (2018): 929–930.

Purwadhi, Purwadhi. “Pengembangan Kurikulum Dalam Pembelajaran Abad XXI.†Mimbar Pendidikan 4, no. 2 (2019): 103–112.

Rahman, Muhammad. Strategi Dan Desain Pengembangan System Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2013.

Rusman. Model-Model Pembelajaran. Depok: Rajawali pers, 2018.

Shafwan, Muhammad Hambal. “‘DERESAN’ PROGRAM THE MASTERY OF ARABIC-CLASSIC BOOK AT PONDOK PESANTREN KARANGASEM LAMONGAN EAST JAVA INDONESIA.†Journal of Social Sciences and Humanities, AIS (American Institute of Science) 01, no. 02 (2015): 125–130. http://files.aiscience.org/journal/article/html/70320030.html.

Sugiyono. METODE PENELITIAN KUALITATIF . Edited by sofia yustiyani suryandari. bandung: ALFABETA, 2018.

Sukmadinata. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah: Konsep, Prinsip Dan Instrumen. Bandung: Refika Aditama, 2006.

Suprihatiningrum, Jamil. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Susanto, Hary. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan.†Jurnal Pendidikan Vokasi 2, no. 2 (2013): 197–212.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-08

Terbitan

Bagian

Artikel