PEMBELAJARAN KITAB SARQOWI DALAM MEMEBENTUK AQIDAH AHLU SUNNAH WAL JAMAAH TERHADAP PESERTA DIDIK DI MA AL-INAYAH KOTA CILEGON
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v6i2.14683Abstrak
This study aims to describe the implementation and supporting factors of the role of sarqowi learning in shaping the aqidah of ahlu sunnah wal congregation to improve the civic disposition of students at MA Al-Inayah Cilegon. The method used is a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques using case studies. Sources of data include person (people), consisting of the principal, the Sarqowi book mapel teacher, religious teacher, and students. Data were collected by means of observation (participant observation & passive participant), interviews and decommentation. The research place is at MA Al-Inayah Cilegon, the results obtained show 1. Implementation of learning the book of Sarqowi at MA Al - Inayah Not yet fully following the syntax of learning the book of Sarqowi 2. Factors that support the achievement of learning the sarqowi scriptures are the full support of the principal, teachers of the Sarqowi book of subjects and religious teachers at the school.
Keywords: Learning , Sarqowi book, Aqidah ahlu sunnah wal jamaah
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan faktor pendukung peran pembelajaran sarqowi dalam membentuk akidah ahlu sunnah wal jamaah untuk meningkatkan civic disposition siswa/i di MA Al-Inayah Cilegon. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan study kasus. Sumber data meliputi person (orang), terdiri dari Kepala sekolah, Guru mapel kitab Sarqowi, Guru agama, Siswa/Siswi. Data dikumpulkan dengan teknik observasi (participant observation & passive partisipant), wawancara dan dekomentasi. Tempat penelitian di MA Al-Inayah Cilegon, Hasil yang didapat menunjukkan 1. Implementasi pembelajaran kitab Sarqowi di MA Al – Inayah Belum sepenuhnya mengikuti pemahaman pembelajaran kitab sarqowi 2. Faktor pendukung tercapainya pembelajaran kitab sarqowi adalah dukungan penuh dari Kepala sekolah, Guru mapel kitab Sarqowi dan guru-guru agama di sekolah tersebut.
Kata kunci: Â pembelajaran, Kitab sarqowi, Akidah ahlu sunnah waljamaah
Referensi
Awaluddin, Asep. “URGENSI AHLU SUNNAH WAL JAMA’AH DAN PENDIDIKAN KEBANGSAAN (Tinjauan Atas Qonun Assasy Ahlu Sunnah Wal Jama’ah Karya Rois Akbar Nahdlatul Ulama KH. Hasyim Asy’ari).†Muslim Heritage 5, no. 2 (2020).
Dahlan, Zaini. “KHAZANAH KITAB KUNING: MEMBANGUN SEBUAH APRESIASI KRITIS Zaini†(2018).
Elihami, Elihami, and Abdullah Syahid. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.†Edumaspul - Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2018): 79–96.
Halid Hanafi, La Adu dan Zainuddin.--Ed. Buku Pendidikan Islam. Journal of Modern African Studies. Vol. 35, 2018.
kemendikbud. “Introduction and Aim of the Study.†2013 (n.d.).
Krismiyati, Krismiyati. “Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SD Negeri Inpres Angkasa Biak (Human Resource Development in Improving The Quality of Education at SD Negeri Inpres Angkasa Biak).†Jurnal Office 3, no. 1 (2017): 43.
Mega Linarwati, Azis Fathoni, Maria M Minarsih. “STUDI DESKRIPTIF PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA SERTA PENGGUNAAN METODE BEHAVIORAL EVENT INTERVIEW DALAM MEREKRUT KARYAWAN BARU DI BANK MEGA CABANG KUDUS Mega†2, no. 2 (2016).
Nigrahani, Farida. “Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.†信阳师范å¦é™¢ 1, no. 1 (2014): 305.
Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. “Belajar Dan Pembelajaran.†FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman 3, no. 2 (2017): 333.
Shelina, Nur, Hermi Yanzi, and Ana Mentari. “Peran Pembelajaran Ppkn Dalam Membentuk Sikap Demokratis Untuk Meningkatkan Civic Dispositin Siswa Di Sma Negeri 4 Kotabumi.†Jurnal kultur demokrasi 5, no. 2 (2019).
Sidiq, Choiri. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 2019.
Subaidi. PENDIDIKAN ISLAM RISALAH AHLUSSUNNAH WAL JAMA ’ AH AN-NAHDLIYAH Penulis : PENDIDIKAN ISLAM RISALAH AHLUSSUNNAH WAL JAMA ’ AH AN-NAHDLIYAH Penulis : Dr . H . S Ubaidi , M . Pd Editor : Purwo Adi Wibowo , Uli Amrina Alamat Penerbit : Jl . Taman Siswa No . 0, 2019.
Ubabuddin. “Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.†Journal Edukatif V, no. 1 (2019).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License