MODEL PEMBENTUKAN KARAKTER DAN KEPRIBADIAN DI MTS AL FATAH PUTRI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH TARAKAN BERBASIS SURAH AL- MUZAMMIL

Penulis

  • Nurul Mawadda Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al Hakim Surabaya
  • Ahmad Kusairi Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Khairat Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v6i2.14674

Abstrak

This research was conducted because of the background of problems that occur in the community, especially the Tarakan area, ranging from corruption, moral crisis, and others. This has made many parties highlight the role of education. The research problems formulated encompass: Firstly, how is the characters and personalities shaping in at MTs Al-Fatah Putri Pondok Pesantren Hidayatullah Tarakan based on surah al-muzammil, Second, How are the characters and personalities contained in surah al-Muzammil at MTs Al-Fatah Putri Pondok Pesantren Hidayatullah Tarakan, Third, what are the supporting and inhibiting factors for character and personality formation at MTs Al- Fatah Putri Hidayatullah Islamic Boarding School Tarakan based on surah al-muzammil. This type of research is a field research that collects primary data through interviews from the principal, head of the dormitory, ustazah and guardians of the students of MTs Al-Fatah Putri Pondok Pesantren Hidayatullah Tarakan. Meanwhile, the secondary data is obtained from literature and documents. After all data is collected further analysis qualitatively and described in descriptive form. The results of the study concluded that the formation of character and personality showed good results, which are the embedded values based on Surah al Muzammi. while the things that supported the implementation were the policies of the principal, educators, school friends, family, and facilities and infrastructure. The factors that impede the implementation are school friends, families, and facilities and infrastructures.

Keywords: Character, Personality, and Based on Surah Al-Muzammil

 

Penelitian ini dilakukan kerena dilatar belakangi masalah yang terjadi masyarakat khususnya daerah Tarakan, mulai dari korupsi, krisis akhlak dan lain, hal ini membuat banyak pihak menyoroti peran pendidikan, Tujuan penelitian ini adalah Pertama, Bagaimana pembentukan karakter dan kepribadian di MTs Al-Fatah Putri Pondok Pesantren Hidayatullah Tarakan berbasis surah al-muzammil, Kedua, Bagaimana karakter dan kepribadian yang terkandung dalam surah al-Muzammil di MTs Al-Fatah Putri Pondok Pesantren Hidayatullah Tarakan, Ketiga, apa faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter dan kepribadian di MTs Al-Fatah Putri Pondok Pesantren Hidayatullah Tarakan berbasis surah al-muzammil.Jenis penelitian ini adalah penelitia lapangan yang menghimpun data primer melalui wawancara dari pihak kepala sekolah, kepala asrama, ustazah  dan wali murid MTs Al-Fatah Putri Pondok Pesantren Hidayatullah Tarakan adapun data Skunder di dapat dari lieteratur dan dokumen, setelah semua data terkumpul di  lanjut analisis secara kualitatif dan diuraikan dalam bentuk diskriptif. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa pembentukan karakter dan kepribadian menunjukan hasil yang baik yaitu tertanamnya nilai berbasis surah al muzammi, adapun hal yang mendukung adalah kebijakan kepala sekolah, tenaga pendidik, teman sekolah, keluarga, sarana dan prasaran adapun faktor yang menjadi penghambat, adalah teman sekolah, sarana dan prasarana dan keluarga.

Kata Kunci: Karakter, Kepribadian , dan Berbasis Surah Al-Muzammil

Referensi

Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Shafwan, Muhammad Hambal. “Analisis Model Pendidikan Tauhid Di Pesantren Al-Ikhlash Lamongan, Indonesia.†Tsaqafah 17, no. 1 (2021): 141–160. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tsaqafah/article/view/6662.

———. “ANALISIS PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA MELALUI PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI MAM 4 SEDAYULAWAS BRONDONG LAMONGAN.†Studia religia 5, no. 2 (n.d.): 318–327. http://103.114.35.30/index.php/Studia/article/view/10237/pdf.

———. “IBRAH PENDIDIKAN DALAM KITAB SHAHIH BUKHARI.†Studia religia 5, no. 1 (n.d.): 29–42. http://103.114.35.30/index.php/Studia/article/view/8996.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Islami. Bandung: Rosda, 2012.

Tolchah, Moch. Promlematika Pendidikan Agama Islam Dan Solusinya. Surabaya: Kanzum Books, 2020.

Tolchah, Moch, and Muhammad Arfan Mu’ammar. “Islamic Education in the Globalization Era; Challenges, Opportunities, and Contribution of Islamic Education in Indonesia.†Humanities and Social Sciences Reviews 7, no. 4 (2019): 1031–1037.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-05

Terbitan

Bagian

Artikel