PENGGUNAAN APLIKASI QUIZZIZ PADA EVALUASI PEMBELAJARAN ISMUBA (AL-ISLAM) DI SD MUHAMMADIYAH 2 SUMBERPUCUNG

Penulis

  • Dyan Puspita Sari Universitas Muhammadiyah Malang
  • Rom elah Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v6i2.14621

Abstrak

The purpose of this study is to describe the use of the quizizz application in evaluating Al-Islam learning, the use of the quizizz application on student learning motivation, as well as the advantages and disadvantages of SD Muhammadiyah 2 Sumberpucung. This research approach uses a qualitative type of case study research, and the research location is at SD Muhammadiyah 2 Sumberpucung. The informants of this study were Al-Islam teachers and 6 grade 5 students. Data collection techniques used observation, interviews and documentation. Data analysis technique using Miles and Huberman theory with the steps, namely data reduction, data presentation, and data verification. The results of this study indicate (1) the use of the Quizizz application starts from: logging in to www.quizizz.com, Find a quiz, open My Library, choose 20 questions about Al-Islam, share code 882432 with students (the code can change according to usage). (2) student learning motivation…. (3) The advantages of quizzz for teachers are easy to make questions, easier student ranking, automatic correction, review questions, different questions for each student. The disadvantage of quizizz is that students can open new tabs, meaning students can log in with other accounts if students have two email accounts, it is difficult to control students when opening new tabs, students can go down in rank even though they have done all the questions asked due to time problems, it will be a problem if there are students who are late.

Keyword : Quizziz, Learning Evaluation

 

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi quizizz pada evaluasi pembelajaran Al-Islam, penggunaan aplikasi quizizz terhadap motivasi belajar murid, serta kelebihan dan kekurangannya di SD Muhammadiyah 2 Sumberpucung. Pendekatan penelitian ini menggunakakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dan lokasi penelitian di SD Muhammadiyah 2 Sumberpucung. Informan penelitian ini adalah guru Al-Islam dan 6 murid kelas 5. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisa data dengan menggunakan teori miles dan Huberman  dengan langkah-langkahnya yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penggunaan aplikasi Quizizz dimulai dari : masuk ke www.quizizz.com,  Find a quiz, buka My Library, pilih soal Al-Islam sebanyak 20 pertanyaan,  share kode 882432 ke murid (kode setiap kali bisa berubah sesuai penguunaan). (2) motivasi belajar murid kelas 5 SD Muhammadiyah 2 Sumberpucung, (3)Kelebihan quizizz bagi guru adalah mudah untuk membuat soal, perangkingan siswa lebih mudah, koreksi otomatis, review pertanyaan, soal yang berbeda setiap siswa. Kekurangan quizizz adalah siswa dapat membuka tab baru artinya siswa bisa masuk dengan akun yang lain jika siswa memiliki dua akun email, sulit mengontrol siswa ketika membuka tab baru, siswa bisa turun peringkat walaupun sudah mengerjakan semua soal yang ditanyakan dikarenakan masalah waktu, akan menjadi kendala jika ada siswa yang terlambat masuk.

Kata Kunci : Quizizz, Evaluasi Pembelajaran

Referensi

Hidayati, Issrina Dwika, and Aslam Aslam. “Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa.†Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 4, no. 2 (2021): 251.

Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam, Jurnal, Reza Rismawanti, Stainu Purworejo, and Jurnal Al Ghazali Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam. “STAINU Purworejo: Jurnal Al Ghazali PENERAPANAPLIKASI WHATSAPP, GOOGLE FORM, DAN QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO Google Form, Quizizz†3, no. 2 (n.d.): 2020.

Lim, Thomas Mason, and Melor Md Yunus. “Teachers’ Perception towards the Use of Quizizz in the Teaching and Learning of English: A Systematic Review.†Sustainability (Switzerland) 13, no. 11 (June 2021).

Luh Supartini, Ni, and Luh Eka Susanti. “Implementasi Penggunaan Quizizz Dalam Evaluasi Pembelajaran Online English For Food and Beverage Service.†Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 4, no. 3 (2021): 485–492.

Nur Rohmawati Pascasarjana IAIN Kediri, Dian, and Dian Nur Rohmawati. “The Center for Gender and Child Studies (PSGA) LP2M UIN KHAS Jember |91 Development of Teaching Materials of The Qur’an Hadith Through Quizizz Media for Students of Madrasah Tsanawiyah Muniron Pascasarjana IAIN Kediri 92 | The Center for Gender and Child .†Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman 15, no. 1 (2022).

Purwianto, Adelia Fadillah, and Eni Fariyatul Fahyuni. “Pengaruh Aplikasi Quizizz PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi COVID-19.†Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 4 (2021): 551.

Salsabila, Unik Hanifah, Shiflana Habiba, Isti Lailatul Amanah, Nur Asih Istiqomah, and Salsabila Difany. “Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA†(n.d.).

Ulhusna, Mishbah, Syelfia Dewimarni, Lili Rismaini, and Upi YPTK Padang. “Sosialisasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Pada Masa Pandemi.†Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (2021): 2797–345.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-05

Terbitan

Bagian

Artikel