KETERAMPILAN METAKOGNITIF DITINJAU DARI PERSPEKTIF TAKSONOMI BLOOM EDISI REVISI DALAM PEMBELAJARAN PAI
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v6i2.13038Abstrak
The reality that occurs in the field, there are still many learning processes including PAI learning that have not accommodated and empowered metacognitive skills, and are the still focused only on cognitive abilities. Even thought metacognition is very necessary in obtaining academic results and having good moral character because metacognition places great emphasis on self-awareness of cognitive thoughts which can then be applied in behavior. The study aims to examine metacognitive skills form the perspective of the revised edition of Bloom’s Taxonomy in PAI learning. The research is library research with the main reference sources used are research articles that are relevant to the themes studied and in collecting research data using the calm why documentation method in analyzing data using content analysis techniques. The result of this study indicate that metacognitive skills that can be applied are in accordance with the ideas of Anderson dan Kratwohl in the revised edition of Bloom’s Taxonomy, namely: 1) strategic knowledge where students can use various strategies in studying PAI, especially difficult and rote material. 2) knowledge of cognitive tasks where students can complete cognitive tasks and can practice appropriate strategies when learning PAI. 3) Self knowledge, students can learn to know the extent of their abilities in learning PAI. In addition, students can also understand the goals and motivations. They carry out other tasks given by the teacher.
Keyword: Metacognitive Skill, Bloom’s Taxonomy Revised, PAI
Â
Realita yang terjadi di lapangan, masih banyak proses pembelajaran termasuk pembelajaran PAI yang belum mengakomodasikan serta memberdayakan keterampilan metakognitif, serta masih terfokus hanya sampai pada kemampuan kognitif saja. Padahal metakognitif sangat diperlukan dalam memperoleh hasil akademik dan akhlak moral yang baik karena metakognitif sangat menekankan pada kesadaran diri akan pemikiran kognitifnya yang kemudian dapat teraplikasikan dalam perilakunya, hal ini relevan dengan tujuan PAI yaitu membentuk karakter dan kepribadian manusia yang beriman dan bertakwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang keterampilan metakognitif ditinjau dari perspektif taksonomi Bloom Edisi Revisi dalam Pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan sumber referensi utama yang digunakan adalah penelitian artikel yang sesuai dengan tema yang diteliti dan dalam mengumpulkan data peneliti mempergunakan metode dokumentasi, sedangkan dalam menganalisis data mempergunakan teknik analisis isi. Penelitian ini menunjukkan hasil, bahwasannya keterampilan metakognitif yang dapat diterapkan sesuai dengan gagasan Anderson dan Krathwol dalam taksonomi Bloom edisi revisi yaitu: 1) pengetahuan strategis di mana peserta didik dapat mempergunakan bermacam-macam strategi dalam mempelajari PAI terutama materi yang sulit dan bersifat hafalan. 2) pengetahuan tentang tugas kognitif di mana peserta didik dapat menyelesaikan tugas-tugas kognitif dan bisa mempergunakan strategi yang tepat ketika belajar PAI. 3) pengetahuan diri, peserta didik dapat belajar mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimilikinya dalam belajar PAI. Selain itu peserta didik juga dapat memahami tujuan serta motivasi mereka melaksanakan tugas-tugas PAI yang telah diberikan.
Kata Kunci: Edisi Revisi, Keterampilan Metakognitif, PAI, Taksonomi BloomÂ
Referensi
Amrulloh, Asep, and Waskito Ardhi Muh. “Identifikasi Kemampuan Metakognisi Pada Mata Kuliah Biologi Sel Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi.†Prosiding Seminar Nasional Simbiosis II , Madiun, no. September (2017): 104–113.
Ardiani, Nur Fajriana Wahyu, Nanda Adi Guna, Reni Novitasari, and Ridwan Prihantono. “Pembelajaran Tematik Dan Bermakna Dalam Perspektif Revisi Taksonomi Bloom.†Jurnal Satya Widya 29, no. 2 (2013): 93–107.
Danial, Muhammad. “Kesadaran Metakognisi, Keterampilan Metakognisi Dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar.†Jurnal Ilmu Pendidikan 17, no. 3 (2010): 225–229.
Danila, Rizza, and Rudiana Agustini. “Analisis Keterampilan Metakognitif Peserta Didik Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Laju Reaksi Berbasis Pembelajaran Daring.†JUrnal Pendidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan, Pengajaran dan Pembelajaran 7, no. 3 (2021): 596–606.
Dermawan, I Putu Ayub. “Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom.†Jurnal Satya Widya 29, no. 1 (2013): 30–39.
Erlin, E., A. Rahmat, S. Redjeki, and W.Purwianingsih. “Analisis Berbagai Strategi Dan Model Pembelajaran Yang Dapat Memberdayakan Kemampuan Metakognitif Pada Pembelajaran Biologi.†BioedL Jurnal Pendidikan Biologi 9, no. 2 (2021): 30–40.
Fathurrohman. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa.†Modeling: Jurnal Program Studi PGMI 7, no. September (2020): 278–288.
Gultom, Maharani, and Dini Hariyati Adam. “Peningkatan Kemampuan Metakognitif Siswa Yang Dibelajarkan Dengan Pendekatan Problem Based Learning Di MTS Negeri 1 RantauPrapat.†Jurnal Jeumpa 5, no. 2 (2018): 106–111.
Harahap, Nursapia. “Penelitian Kepustakaan.†Iqra’ 08, no. 01 (2014): 68.
Hayati, Najmi. “Metakognitif : Bagaimana Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi.†Jurnal Al-Hikmah 8, no. 113 (2011): 25–32.
Kodri, and Anisah. “Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Pembelajaran Ekonomi Abad 21 Di Indonesia.†Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 8, no. 1 (2018): 9–19.
Rinaldi. “Kesadaran Metakognitif.†Jurnal RAP UNP 8, no. 1 (2017): 79–87.
Saputri, Wulandari. “Keterampilan Metakognitif Mahasiswa Calon Guru Dan Hubungannya Dengan Pola Pembelajaran Dosen .†Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi 1, no. 2 (2017): 113–121.
Setiawan, Deny. “Pemberdayaan Keterampilan Metkognitif Melalui Pembelajaran Reflektif.†Edubiotik 1, no. 1 (2016): 35–41.
Shafwan, Muhammad Hambal. “ANALISIS PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA MELALUI PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI MAM 4 SEDAYULAWAS BRONDONG LAMONGAN.†Studia religia 5, no. 2 (n.d.): 318–327. http://103.114.35.30/index.php/Studia/article/view/10237/pdf.
Siregar, Suriani. “Analisis Keterampilan Metakognitif Dan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri.†Jurnal Biotik 7, no. 2 (2019): 141–145.
Supriatna, Ecep, and Tuti Alawiyah. “Studi Keterampilan Metakognitif Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri ( SMAN ) 1 Margaasih Kabupaten Bandung.†Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam 7, no. 4 (2019): 457–466.
Trianto. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana, 2010.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License