METODE TAJDIED DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK DIDIK DIBIDANG BACA ALQUR’AN (Study Kasus Di SD Muhammadiyah 10 Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v5i2.10240Abstrak
Developing children's potential in the field of reading the Quran requires an effective and periodic learning process. In the sense that developing children's potential in reading the Qur'an is not easy, requires intensive observation and learning. It is said to be intensive because reading the Qur'an is not just reading, but the correctness of reading it is important. Besides, method is very influential in developing the potential of students in the field of reading the Quran. Thus, learning the Qur'an is not as easy as raising the palm of a needy hand a process. This research has several aims, first it is to find out the Tajdied method used by SD Muhammadiyah 10 Surabaya, secondly, to find out the students' interest in reading Al-Qur'an at SD Muhammadiyah 10 Surabaya, thirdly, to the increase in interest in reading Al-Quran with the Tajdied method at SD Muhammadiyah 10 Surabaya. This research method is quantitative with a population of 272 students and a sample of 200 students taken using a stratified random sampling technique. The data collection methods were questionnaire, interview, observation, and documentation. The data analysis used simple regression analysis. The results of this study indicate that in developing the potential of students, especially in the field of reading the Quran through the Tajdied method. There have been many developments in this case reading the Quran, through the method applied in the Tajdied  method. The Tajdied method combines the pure SAS method (Synthetic Structural Analytical) and the Mnemoric method in the form of keywords packaged in five simple sentences. The five keywords, if linked together, will make a series that is easy to remember. Coupled with a fun learning method.
Â
Mengembangkan potensi anak dalam bidang baca Al-Qur’an membutuhkan suatu proses pembelajaran secara efektif dan berkala dalam artiannya adalah mengembangkan potensi anak dalam membaca Al- Qur’an tidaklah mudah membutuhkan pengamatan dan pembelajaran yang intensif, dikatakan intensif karena mebaca Al-Qur’an tidaklah hanya sekedar membaca saja, melainkan benar tidaknya suatu bacaan yang dibaca itu sangatlah mempengaruhi, dan juga metode sangatlah berpengaruh besar dalam mengembangkan potensi anak didik dibidang baca Al-Qur’an dengan demikian belajar Al-Qur’an tidaklah semudah membaikkan telapak tangan yang membutuhkan sebuah proses. Penelitian ini bertujian; Pertama, untuk mengetahui metode tajdied yang digunakan SD Muhammadiyah 10 Surabaya. Dan yang kedua, Untuk mengetahui minat baca Al-Qur’an siswa di SD Muhammadiyah 10 Surabaya.dan Untuk mengetahui peningkatan minat baca Al-Qur’an dengan metode tajdied di SD Muhammadiyah 10 Surabaya. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan Populasi sebanyak 272 siswa dan sampel sebanyak 200 siswa yang diambil menggunakan teknik penarikan sampel terlapis (Stratified Random Sampling). Metode pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisi regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengembangkan poteni anak didik khususnya di dalam bidang baca Al-Qur’an melaui metode tajdied ini sudah sangatlah banyak perkembangan dalam hal ini membaca Al-Qur’an, melalui metode metode yang diterapkan di dalam metode tajdied ini adalah metode Metode tajdied menggabungkan metode SAS murni (Struktural Analitik Sintetik) dan metode Memoric dalam bentuk kata kunci dihubungkan akan menjadi sebuah rangkaian yang mudah diingat. Ditambah dengan metode pembelajaran yang menyenangkan.
Referensi
Albi Aanggito, Johan Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif (Jawa Barat:CV Jejak, 2017)
A. Muri Yusuf, Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan penelitain gabungan, (Jakarta: Kencana, 2017)
Aw Evendi Anwar Sentuhan Al-Qur’an untuk Kecerdasan Anak. (Yogyakarta : PT LkiS Printing Cemerlang, 2016)
Buchari Lapau, Metode Penelitian Kesehatan: Metode Ilmiah Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi (Jakarta:Buku OBOR, 2012)
Djamarah Bahri Saifu Zain Aswan, l. Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006)
Husain Al Munawar Said Agil,. Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki (Jakarta: Ciputat Press, 2002)
Husain Ahmad Salim Ali,. Terapi Al-Qur’an untuk Penyakit Fisik dan Psikis Manusia (Jakarta: Asta Buana Sejahtera, 2006)
Koentjaraningrat. Metode-metode Penelitian Masyarakat. (Jakarta: PT. Gramedia,1993)
Lilik Muhibah,. Implementasi Metode Tajdied dalam Baca Al Qur’an di Lembaga Pembinaan Muaalaf Muhtadin Al-Falah Surabaya (Tesis Universitas Muhammadiyah Solo 2010)
Lexi J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Jakartla:2006)
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, (PT. Rosdakarya, Bandung, 1991)
M. Nashiruddin Al- Albani,. Ringkasan Shahih Bukhor, ( Jakarta: Gema Insani, 2008)
Maksum Farid dkk,. Cepat tanggap Belajar Al-Qur’an An-Nahdliyah, (Tulungagung: LP Ma‟arif, 1992)
M. Ardiansyah I. Sulaiman, Penerapan Metode Tajdied dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas IB SD Muhammadiyah 6 Gadung, (Tesis-Universitas Muhammadiyah, Surabaya 2011)
Muhammad .Mustafa al-Azmi. Sejarah Teks Al-Qur’an dari Wahyu Sampai Kompilasi. (Jakarta: Gema Insani, 2014)
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta:PT. Rineka Cipta1997)
Sugiyono, Prof, Dr,. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: Penerbit Alfabeta, 2006)
Sukardi, Dewa Ketut, Dasar-Dasar Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. (Surabaya: Usaha Nasional)
Sudarwan Danim, Menjadi Peneliti Kualitatif, (Palembang: Ciputat Press,200)
Suharsimi Arikunto, Preosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1992)
Sumadi Suryabrata, Metode Penelitian (, Jakarta:Rajawali Pers1987)
Sri Narti, Kumpulan Contoh Laporan Hasil Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) (Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2019)
Sugiyono, Memahami Peneitian Kualitatif, (Bandung:Alfabeta, 2005)
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License