IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN (Studi Komparatif Penerapan Metode Iqro’ dan Ummi di TPA Kecamatan Solokuro Lamongan)

Penulis

  • Zainal Arifin Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v5i2.10235

Abstrak

The focus of this research is to find out and explain the Implementation of Al-Qur'an Learning Method with Iqro' Method in TPA Solokuro Lamongan District, to know and explain the Implementation of Al-Qur'an Learning Method with Ummi Method at TPA Solokuro Lamongan District, and to know and explain the advantages and disadvantages of learning the Qur'an with the Iqra' and Ummi methods. This research method is qualitative with a comparative mindset/analysis. Data collection methods in the form of observation, interviews, and documentation. The data analysis used descriptive analysis. The results of this study indicate that (1) the implementation of the Iqro' method of learning Al-Qur'an in TPA Solokuro Lamongan District which consists of TPA Syifa'ul Qulub, TPA Umar Bin Khottob and TPA Al-Musthofa in its application is not based on the procedures of Iqro' itself because the Iqro' method does not have a central institution like other methods. (2) The implementation of the Ummi method of Al-Qur'an learning at the TPA Solokuro Lamongan District which consists of the Al-Ittihad TPA and the Fathurrohim TPA in its application has used the standards and procedures of the Ummi Foundation institution. (3) The advantages of the Iqro' method include: using the CBSA system (Active Student Learning Method), in its application using private; Communicative; may be with the tadarus system. While the weaknesses of the Iqro' method are: recitation readings are not introduced from an early age, there is no learning media, and it is not recommended to use murottal rhythms. The advantages of the Ummi Method include a quality-based system, systematic stages, continuous material and strict control. While the weakness of the Ummi Method is that it requires a lot of teachers, takes a long time and costs a lot.

 

Fokus dari penelitian ini diantaranya untuk mengetahui dan menjelaskan Implementasi Metode Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Iqro’ di TPA Kecamatan Solokuro Lamongan, mengetahui dan menjelaskan Implementasi Metode Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Ummi di TPA Kecamatan Solokuro Lamongan, serta mengetahui dan menjelaskan kelebihan dan kekurangan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Iqra’ dan Ummi. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan dengan pola pikir/analisis komparatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an metode Iqro’ di TPA Kecamatan Solokuro Lamongan yang terdiri dari Tpa Syifa’ul Qulub, TPA Umar Bin Khottob dan TPA Al-Musthofa dalam penerapannya tidak berdasarkan pada prosedur dari Iqro’ itu sendiri karena memang metode Iqro’ tidak memiliki lembaga pusat seperti metode lainnya. (2) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi di TPA Kecamatan Solokuro Lamongan yang terdiri dari TPA Al-Ittihad dan TPA Fathurrohim dalam penerapannya sudah menggunakan standar dan prosedur dari lembaga Ummi Foundation. (3) Kelebihan metode Iqro’ diantaranya: menggunakan sistem CBSA (Cara Belajar  Siswa aktif), dalam penerapannya menggunakan privat; Komunikatif; boleh dengan sistem tadarus. Sedangkan kelemahan metode Iqro’ yaitu: bacaan-bacaan tajwid tak dikenalkan sejak dini, tak ada media belajar, dan tidak dianjurkan menggunakan irama murottal. Adapun kelebihan Metode Ummi diantaranya yaitu sistem yang berbasis mutu, tahapan yang sistematis, materi yang kontinu dan kontrol yang ketat. Sedangkan kelemahan Metode Ummi yaitu membutuhkan pengajar  yang banyak, waktu yang lama serta biaya yang besar.

Referensi

Ahmad dan M. Ihsan Zainudin. 2011. Dasar-Dasar Pembinaan Wawasan Anak Muslim. Surabaya: Pustaka eLBA.

Budiyanto, Mangun. 1995. Prinsip-Prinsip Metodologi Buku Iqro’. Yogyakarta: Tim Tadarus Angkatan Masjid dan Musholla (AMM).

https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/PP_55_2007-Pendidikan-Agama-Keagamaan.pdf

Humam, As’ad. 2014.Cordoba Iqro’ Transliterasi Latin. Bandung: PT Cordoba.

Masruri dan A.Yusuf M.S. 2011. Belajar Mudah Membaca Al-Quran Metode Ummi. Surabaya: Ummi Foundation.

Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media.

Nur Abdullah Hafidz, Muhammad.2009. Mendidik Anak Bersama Rasulullah. Bandung: Albayan.

Poerdarwinya, W.J.S. 1999. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sarwono, Jonathan. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tim Ummi Foundation. 2017. Modul Sertifikasi Guru Al-Qur’an Metode Ummi. Surabaya.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-09

Terbitan

Bagian

Artikel