STRATEGI PENCAPAIAN PRESTASI AKADEMIK DAN TAHFIDZ AL QURAN (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 15 Brondong, Lamongan)

Penulis

  • khoirul huda STIT Muhammadiyah Paciran Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v5i2.10045

Abstrak

This study aims to: first, describe how the school's strategy achieves academic achievement, second, describe how the strategy achieves the achievement of Tahfidz Al Quran, and third, describes the supporting factors, obstacles and solutions. This study uses a qualitative methodology with data collection techniques interview, observation and documentation. Research informants are the Principal, Deputy Principal and Director of the Pondok. After the data was obtained, then the data were analyzed with the stages of data analysis in qualitative research, namely domain, taxonomy, and componential analysis, analysis of cultural themes. Then check the validity of the data using triangulation of data sources. In this study, the researchers found several research results, namely, first, several strategies for achieving academic achievement were (1) setting a target for the UNBK class average score, (2) focusing more on UNBK lessons in semester 5, (3) mapping students based on scoring diagnostic tests, (4) self-motivation mentoring by teachers (5) involving parents in UNBK preparation, (6) strengthening control of students' daily worship. Second, several strategies for achieving Tahfidz's achievements are (1) determination of quality assurance (2) preparation of human resources, (3) tahsin, muroja'ah and exam programs. Third, among the most significant inhibiting factors is the availability of teacher human resources. The solution is recruitment and coaching.

 

Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mendeskripsikan bagaimana strategi sekolah tersebut mencapai prestasi akademik, kedua, mendeskripsikan bagaimana strategi mencapai prestasi Tahfidz Al Quran, dan ketiga, mendeskripsikan faktor-faktor pendukung, penghambat dan solusinya. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Direktur Pondok. Setelah data diperoleh kemudian data dianalisis dengan tahapan analisis data dalam penelitian kualitatif yaitu analisis domain, taksonomi, dan komponensial, analisis tema kultural. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa hasil penelitian yaitu pertama, beberapa strategi pencapaian prestasi akademik yang ditempuh adalah (1) menetapkan target nilai rata-rata kelas UNBK, (2) lebih fokus pada pelajaran unbk pada semester 5, (3) pemetaan siswa berdasarkan scoring tes diagnostik, (4) pendampingan motivasi diri oleh guru (5) melibatkan orang tua dalam persiapan UNBK, (6) menguatkan kontrol ibadah harian siswa. Kedua, beberapa strategi pencapaian prestasi Tahfidz adalah (1) penetapan jaminan mutu (2) penyiapan SDM, (3) program tahsin, muroja’ah dan ujian. Ketiga, di antara faktor penghambat yang paling siginifikan adalah ketersediaan SDM guru. Adapun solusinya adalah rekruitmen dan pembinaan.

Referensi

Abdur Ra’uf Abdul Aziz, Anda Pun Bisa Menjadi Hafidz Al Quran (Jakarta: Markaz Al Quran, 1433 H).

Abu Amar & Abu Fatiah Al-Adnani, Negeri-Negeri Penghafal Al Quran, Inspirasi dan Motivasi Semarak Tahfidz Al Quran dari 32 Negara di 4 Benua (Solo: Al-Wafi, 2015).

Abu Wafa, Khalid, Cepat dan Kuat Menghafal Al Quran (Sukoharjo: Aslama Publishing, 2013).

Ali Imron, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015).

Daryanto, Suwardi, Manajemen Peserta Didik (Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2017).

Mulyasa, H. E., Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017).

Pramuniati, Ridwan Abdullah Sani Isda, Anies Mucktiany, Penjaminan Mutu Sekolah (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015).

Qarni (al), Aidh bin Abdullah, The Way of Al Quran (Jakarta: Grafindo Khazanah Ilmu, 2007).

Rohiat, Manajemen Sekolah, Teori Dasar dan Praktik (Bandung: PT Refika Aditama, 2012).

Supian, Ilmu-Ilmu Al Quran Praktis: Tajwid Tahfidz dan Adab Tilawah Al Quran Al Karim (Jakarta: Gilang Persada Pers, 2012).

Uno, Hamzah B., Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016).

Tim Yayasan Muntada Islami, Panduan Mengelola Sekolah Tahfidz (Solo: Mu’assasah Al Muntada Al Islami, 2012).

Zawawi (al), Yahya Abdul Fattah, Revolusi Menghafal Al Quran, Cepat Menghafal, Kuat Hafalan (Surakarta: Insan Kamil, 2010).

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-09

Terbitan

Bagian

Artikel