Analisis Dominasi Kata Persuasi dalam Poster Kegiatan P5 Siswa Kelas VII Sebagai Bentuk Pencegahan Bencana Alam
Abstrak
Analysis of Persuasi Word Domination in P5 Activity Posters of Class VII Students as A Form of Natural Disaster Prevention
ABSTRAK
Keterampilan menulis poster menjadi salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa SMP/MTs, karena dengan menulis poster siswa akan mampu berlatih menulis kreatif. Dalam kegiatan P5 di SMP Negeri 1 Kota Batu, media poster digunakan untuk menyalurkan informasi mengenai cara menjaga alam. Pada tahun 2021 di bulan November, Kota Batu menjadi sorotan karena adanya bencana banjir yang merusak beberapa rumah warga dan salah satunya adalah rumah milik siswa di SMP Negeri 1 Kota Batu. SMP Negeri 1 Kota batu memutuskan tema untuk kegiatan P5 adalah “Hidup berkelanjutan,†dengan fokusnya untuk pencegahan bencana alam banjir tidak terjadi lagi di Kota Batu khususnya di lingkungan tempat tinggal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah poster terpilih siswa kelas VII C SMPN 1 Kota Batu. Dari 7 poster ada 3 siswa yang menggunakana kata kurangi sebagai kata ajakan untuk mengajak atau mempengaruhi dalam kalimat di poster miliknya. Lalu dari 7 poster ada 2 siswa yang menggunakan kata stop sebagai kata ajakan atau memberi kesadaran dalam kalimat poster miliknya.
Kata kunci:Â Poster, P5, Kurikulum Merdeka, Wacana Persuasi, Bencana Alam
ABSTRACT
The skill of writing posters is one of the skills that must be mastered by SMP/MTs students, because by writing posters students will be able to practice creative writing. In P5 activities at SMP Negeri 1 Kota Batu, posters were used to convey information about how to protect nature. In 2021 in November, Batu City was in the spotlight because of a flood disaster which damaged several residents' houses and one of them was a student's house at Batu City 1 Public Middle School. SMP Negeri 1 Kota Batu decided that the theme for P5 activities was "Sustainable Living," with the focus on preventing natural disasters from flooding from happening again in Batu City, especially in the neighborhood where students live. This research use desciptive qualitative approach. The primary data source in this study were selected posters of class VII C students of SMPN 1 Kota Batu. Of the 7 posters, there were 3 students who used the word less as an invitation word to invite or influence in the sentences on their posters. Then from the 7 posters there were 2 students who used the word stop as a word of invitation or to give awareness in their poster sentences.
Keyword:Â Poster, P5, Independent Curriculum, Persuasion Discourse, Natural Disaster
Artikel teks lengkap
Referensi
Afiani, K. D. A., & Putra, D. A. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas III SD Melalui Pembelajaran Berbasis Pengajuan Masalah. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/868
Rahmawati. D. P., Fatin, I., & Muhammad, R. (2020). Implikatur Konvensional Bermodus Imperatif Pada Tuturan Motivasi Merry Riana Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Imperative Modeling Onventional Implications On Merry Riana Motivation And Its Relevance Towards Indonesian Learning. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Stilistika/article/view/5357/3018
Fajar Rahayuningsih. (2022). INTERNALISASI FILOSOFI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/SOCIAL.V1I3.925
Fatin, I. (2017). Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 dengan Formula Fry. Jurnal Belajar Bahasa, 2(1), 21–33. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/ see/643/517
Fatin, I., & Yunianti, S. (2019). Kualitas Bahan Ajar Keterbacaan Berorientasi Direct Instruction. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/1866/1530
Fatin, I., Yunianti, S., Veronica, N., & Mahmudi, A. (2022). Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa Analisis Aspek Utama Kerangka Kebahasaan Pada Siswa Sd Homeschooling Usia 7 Tahun Pendahuluan Dalam verbal berinteraksi , karena bahasa menghadirkan konsep dan bentuk untuk memediasi dan penting mengorganisasikan Selain it. 8(2), 150–162. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/1911/1281
Fatin, I, & Yunianti, S. (n.d.). Bahan ajar keterbacaan. Retrieved July 30, 2023, from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=JUV_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT2&dq=fatin+um+surabaya&ots=OT0ECfm1jY&sig=ASCv7hS8ourCEY5u20MoEJCVS60&redir_esc=y#v=onepage&q=fatin um surabaya&f=false
Fauziyah, E., Panji Hermoyo, R.(2021). Simbol Pada Tradisi Megengan Di Desa Kedungrejo, Waru, Sidoarjo (Kajian Semiotika Roland Barthes). Prosiding Samasta, 0(0). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/232%20%E2%80%93%20239
Khuzaimah, S., & Rohaeti, E. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis LV untuk menumbuhkan sikap positif terhadap IPA dan karakter. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 110–119.
Kusni, K., Nasution, N., Suprijono, A., & Hendratno, H. (2021). Pengembangan Media Ebook Cergam Berbasis Kearifan Lokal Batik Tanjung Bumi Untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 234–250. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.9237
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
Musdolifah, A., Maulida, N., & Yankiapoli, Y. N. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Teks Anekdot di Kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 195. https://doi.org/10.30651/ST.V16I1.15700
Ni’mah, K., Sukartiningsih, W., Darminto, E., & Purwono, A. (2022). Model Pembiasaan Karakter Tanggung Jawab Dan Kemandirian Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-. MODELING: Jurnal …, 9, 160–181. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1156%0Ahttps://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/download/1156/726
Nina, V., Sofi, Y., & Idhoofiyatul, F. (2022). Pengaruh Perencanaan Pembelajaran Dan Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Anak Tk Usia 5-6 Tahun.
nur fuad, A., Maghfirotun Amin, S., & Mariana, N. (2019). Penerapan program Patroli Keamanan Sekolah (PKS) untuk menguatkan Karakter Disiplin dan Tanggung jawab pada peserta didik kelas 5 SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(3), 62–70. https://doi.org/10.24269/jpk.v4.n3.2019.pp62-70
Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343
Rokhimah, I. M., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Siswa Kelas 1 Pada Model Pembelajaran Daring di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Equilibrium : Jurnal Pendidikan, IX(2), 150–160. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium
Setianingsih, D., Afiani, K. D. A., & Mirnawati, L. B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas Iii Sd Muhammadiyah 8 Surabaya. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 24–37. https://doi.org/10.24929/ALPEN.V5I1.75
Setiawan, F. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(1), 26–37.
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujinah, S. (2020). Tantangan dan Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 256. https://doi.org/10.30651/ST.V13I2.5444
Sunarsih, S., Sujinah, S., & Ngatma’in, N. (2022). Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Cerpen Dengan Metode Mind Mapping Kelas VI. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/lingua/article/view/7560
Susilawati, E., & Saifuddin, S. (2019). Internalisasi Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Tehnodik, 25(2), 155–167. https://118.98.227.127/index.php/jurnalteknodik/article/view/897/500
Tejokusumo, B., & Shalihati, S. F. (2022). Pengembangan E-Modul IPS Berbasis Literasi dan Perubahan Sosial Budaya pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 551–574. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.730
Penulis
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah penerbit atau Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email stilistika@um.surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.