Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas III SD Melalui Pembelajaran Berbasis Pengajuan Masalah

Kunti Dian Ayu Afiani, Deni Adi Putra

Sari

Pada dasarnya permasalahan dalam pembelajaran matematika pada sekolah dasar dikarenakan anggapan guru bahwa siswa belum mempunyai pengetahuan dasar. Oleh karena itulah guru sangat mendominasi pembelajaran. Guru yang sering mendominasi pembelajaran inilah yang menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa di sekolah dasar. Kemampuan berpikir kreatif siswa yang rendah membuat siswa menjadi pasif dan tidak terbiasa menyampaikan pendapatnya. Pembelajaran yang sesuai adalah salah satu cara dalam mengatasi permasalahan ini, yaitu melalui pembelajaran matematika yang berbasis pengajuan masalah. Pengajuan masalah dengan membuat pertanyaan yang mempunyai jawaban ganda dan memodifikasi masalah dari buku teks adalah salah satu cara untuk mendorong siswa berpikir kreatif (Moses, dalam Siswono, 2008: 42). Dengan demikian, penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas III SD di SDN Wonokromo I Surabaya melalui pembelajaran matematika berbasis pengajuan masalah. Adapun tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa menurut Siswono (2008: 31) ada 5, yaitu sangat kreatif, kreatif, cukup kreatif, kurang kreatif, dan tidak kreatif. Hasil dari penelitian ini adanya perubahan kemajuan tingkat berpikir kreatif siswa pada siklus-1 sebesar 48,72% dan pada siklus-2 sebesar 87,18%. Hasil tersebut telah menunjukkan bahwa melalui pembelajaran berbasis pengajuan masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas III SD.

 

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, Pengajuan Masalah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Harpen, Xianwei Y. Van. (2011). Creativity and Mathematical Problem Posing-An Analysis of High School Students’ Mathematical Problem Posing in China and the United States. http://hs.umt.edu/math/documents/technical-reports/2011/20_2011_vanHarpenSriraman.pdf . Diakses 29 Mei 2016.

Ibrahim, Muslimin. (2012). Pembelajaran Berdasarkan Masalah Edisi Kedua. Surabaya: Unesa University Press.

Permendiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Siswono, Tatag. Y. E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa Uniersity Press.

Walle, John A. Van De. (2007). Elementary and Middle School Mathematics. Sixth Edition. Terjemahan: Suyono. Jakarta: Erlangga.

Woolfolk, Anita (2008). Educational Psychology Active Learning Edition. Terjemahan: Soetjipto, dkk.. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i1.868

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.