Kesantunan Berbahasa dalam Film Keluarga Cemara Sutradara Yandy Laurens Sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas

Siti Aisah Alawiyah (1), Sumarno Sumarno (2), Nur Mei Ningsih (3)
(1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Indonesia, Indonesia,
(2) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Indonesia,
(3) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Indonesia

Abstrak

Politness Strategies in The Keluarga Cemara Movie Directed By Yandy Laurens As Alternative Teaching Materials in High School

 

ABSTRAK

Bertutur tidak hanya sekadar menggunakan bahasa dalam berkomunikasi, tetapi juga berkaitan dengan kesantunan berbahasa. Kesantunan berbahasa adalah wujud penghormatan dan penghargaan kepada mitra tutur. Apalagi dalam lingkungan pendidikan, kemampuan berbahasa peserta didik harus didukung oleh kecakapan kesantunan berbahasa. Namun, dewasa ini, tingkat penghormatan peserta didik terhadap guru semakin berkurang dengan indikasi peserta didik cenderung berbicara kepada guru layaknya kepada teman sebaya. Dekadensi kesantunan di lingkungan peserta didik menjadi masalah dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk pematuhan prinsip kesantunan berbahasa dalam film Keluarga Cemara sutradara Yandy Laurens.  Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Kesantunan berbahasa yang digunakan sesuai dengan maksim kebijaksanaan, maksim penerimaan, maksim kemurahan, maksim kerendahatian, maksim kecocokan, dan maksim kesimpatian Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, film Keluarga Cemara sutradara Yandy Laurens memenuhi kesantunan berbahasa sebagaimana yang dikemukakan oleh Leech dan dapat dijadikan sebagai alternatif bahan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah atas.

Kata kunci: bahan ajar, film “Keluarga Cemaraâ€, kesantunan berbahasa.

ABSTRACT

Speaking is not just using language in communication, but also related to politeness strategies. Politeness strategies are forms of respect and appreciation for the speech partner. Moreover, in an educational environment, students' language skills must be supported by politeness strategies skills. However, nowadays, the students level of respect towards teachers is decreasing, with indications that students tend to talk to teachers similar to talk with peers. Decadence of politeness in the students environment is a problem in this study. The purpose of this study was to describe the form of adherence to the politeness strategies in the Keluarga Cemara movie directed by Yandy Laurens. The method which is used is a qualitative research method. The politeness strategies which is applied in this study in accordance with the maxim of wisdom, the maxim of acceptance, the maxim of generosity, the maxim of humility, the maxim of compatibility, and the maxim of sympathy. Based on the results of the research conducted, the Keluarga Cemara movie directed by Yandy Laurens fulfills the politeness strategies as proposed by Leech and can be used as an alternative material for learning Indonesian in high school.

Keyword: Politeness Strategies, The “Keluarga Cemara†Movie, Teaching Materials

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran (Edisi Revi). Rajawali Pers.

Arum, D. P. (2020). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Prodi Agroteknologi Upn Veteran Jawa Timur Untuk Mengukur Efektivitas Mata Kuliah Bela Negara. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(1), 94–109. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Stilistika/index

Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Rineka Cipta.

Chaer, A., & Leoni, A. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal.

Dewi, P. (2020). Dekadensi Kesantunan Berbahasa Siswa, Sebuah Keprihatinan Bersama. Bdkjakarta.kemenag.go.id. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/dekadensi-kesantunan-berbahasa-siswa-sebuah-keprihatinan-bersama

Fitri, W., Ali, M., & Muhammad, F. (2018). Konflik Novel Cahaya Cinta Pesantren dan Kelayakannya sebagai Bahan Ajar di SMA. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), Vol 6, No 2, Ap (2018): JURNAL KATA (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/15092

Fitriana, D. N. (2020). Kesantunan Berbahasa dalam Novel Teman Imaji Karya Mutia Prawitasari: Kajian Pragmatik. Academica: Journal of Multidisciplinary …. http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/academica/article/view/2235

Masitoh. (2021). Persepsi Kesantunan Direktif Bahasa Indonesia Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Jurnal Edukasi Lingua Sastra, 19(2), 113–129. https://doi.org/10.47637/elsa.v19i2.395

Ningsih, N. M. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Program Penugasan Dosen Di Sekolah Dasar Negeri 04 Kotabumi Lampung. Edukasi Lingua Sastra, 17(1), 121–130. https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.112

Pradana, I., Fatin, I., & M.Ridlwan. (2021). Strategi Menyindir Pada Video Youtube Sengklekman Official Dan Relevansinya Terhadap Pembalajaran Bahasa Indonesia. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 187–200. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Stilistika/article/view/8929

Rahmawati, D. P., Fatin, I., & Ridlwan, M. (2020). Implikatur Konvensional Bermodus Imperatif pada Tuturan Motivasi Merry Riana dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 243. https://doi.org/10.30651/st.v13i2.5357

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Kedua). Alfabeta.

Sumarno, S. (2020). Analisis Isi dalam Penelitian Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Edukasi Lingua Sastra, 18(2), 36–55. https://doi.org/10.47637/elsa.v18i2.299

Widayati, S. (2019). Peranan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa. Edukasi Lingua Sastra, 17(1), 1–14. https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.101

Penulis

Siti Aisah Alawiyah
sitiaisahalawiyah@gmail.com (Kontak utama)
Sumarno Sumarno
Nur Mei Ningsih
Alawiyah, S. A., Sumarno, S., & Ningsih, N. M. (2022). Kesantunan Berbahasa dalam Film Keluarga Cemara Sutradara Yandy Laurens Sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(2), 337–348. https://doi.org/10.30651/st.v15i2.12490

Rincian Artikel

No Related Submission Found