Strategi Dan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Hots Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP

Penulis

  • Riswanda Himawan Universitas Ahmad Dahlan

Abstrak

Abstrak:  Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan pembelajaran yang dianggap penting karena menjadi kunci untuk memahami pembelajaran lainnya. Selain itu pembelajaran bahasa Indonesia menjadi kunci peserta didik untuk bersaing dan berkembang sesuai dengan kemajuan zaman. Dalam kurikulum 2013 pembelajaran bahasa Indonesia mulai mengarahkan peserta didik untuk menghasilkan luaran berupa teks di akhir pembelajaran. Maka dari itu guru sebagai fasilitator harus mampu menyiapkan peserta didik untuk mencapai hal tersebut. Guru harus menyiapkan berbagai macam cara yang sesuai agar dapat menjawab tantangan-tantangan tersebut. Salah satu cara yang dapat ditempuh guru dalam rangka mencapai tantangan tersebut yaitu membiasakan peserta didik untuk selalu dihadapkan dengan strategi dan evaluasi pembelajaran berbasis berpikir tingkat tinggi atau HOTS. Dalam artikel ini akan dibahas contoh penerapan strategi dan evaluasi HOTS dalam pembelajarn bahasa Indonesia materi teks cerita fantasi. Analisis ini menggunakan termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode deskriptif digunakan untuk menjelaskan penerapan strategi dan evaluasi HOTS dalam pembelajaran teks cerita fantasi di SMP. Hasil analisis menyimpulkan bahwasanya penerapan strategi dan evaluasi HOTS dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat ditempuh melalui kegiatan; (1) orientasi, (2) merumuskan masalah, (3) merumuskan hipotesis, (4) menganalisis data, (5) menguji hipotesis, (6) menyimpulkan serta membiasakan peserta didik untuk mencapai level kognitif C6 yaitu mencipta, dalam hal ini peserta didik dituntut untuk menghasilkan sebuah teks cerita sebagai luaran pembelajaran

Kata Kunci: Penerapan, Strategi Hots, Evaluasi Hots, Pembelajaran, Bahasa Indonesia

Referensi

+ B + D8. (n.d.).

Abidin, R., Sumriyeh, S., & Asy’ari, A. (2022). Metode Pembelajaran Berbasis 3r (Reuse, Reduce, Recycle) dalam Upaya Memperdayakan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 222–231. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1732

Arimurti, A. R. R., Rohmayani, V., & ... (2023). The Potential of Indigenous Bacteria From Various Sample Soil in Degrading Polymer Plastic Waste. Al-Hayat: Journal of …, 6(2), 111–125. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/hayat/article/view/17539%0Ahttps://journal.walisongo.ac.id/index.php/hayat/article/download/17539/5200

Asy’ari, A., Dian Qonita, & Hefi Rusnita Dewi. (2021). Kelas Elite (Environmental Literacy) Anak Binaan Melalui Kegiatan Pembelajaran di Taman Baca Alam (TBA) Desa Sambogunung. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(3), 119–128. https://doi.org/10.36312/sasambo.v3i3.505

Asy’ari, Fitriyah, L., & Putra, D. A. (2022). Implementation of Flora and Fauna-Based Smart Word Learning Media to Empower Elementary School Students’ Motivation and Science Literacy. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 11(2), 123–136. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v11i2.1500

Asy, B., Gayatri, Y., & Rizqiyah, S. (n.d.). Implementing the Hands-on Activity ( HoA ) Learning Model Based on Natural Surroundings ( JAS ) in an Effort to Improve Ecoliteracy and Learning Motivation of the Students of SD Negeri Ombul 3 Bangkalan. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-022-0

Asyari, Zidni Ilma, P., Wida Dina Tinta, Z., & Mahlullah, Y. (2022). Pemberdayaan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Upaya Meningkatkan Keikutsertaan dalam Pengembangan Organisasi dan Branding PCM Tambaksari Surabaya. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 45–58. https://doi.org/10.37802/society.v3i1.235

Berfikir, K., Dan, K., & Komunikasi, K. (n.d.). 2) 1,2). 40–47.

Ervayani, E., Holisin, I., & Shoffa, S. (2016). Penerapan Teori Belajar Bruner dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas III SD Muhammadiyah 9 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 113. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.102

Fatihuddin, A., Biologi, P., Muhammadiyah, U., Biologi, P., & Muhammadiyah, U. (2022). RESPON PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI PAKCOY ( Brassica rapa L .) TERHADAP PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI LIMBAH SAYUR-SAYURAN. 01, 1–8.

Fauzy, A., & Asy’ari. (2020). Studi Etnobotani Tanaman Obat di Wilayah Jawa Timur dan Pemanfaatannya Sebagai Media Edukasi Masyarakat Berbasis Website. Jurnal Pedago Biologi, 8(2), 46–52. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Biologi/article/view/9333/4112#

Firdaus, Z., Listiana, L., Gayatri, Y., & Asy’ari, A. (2022). Penerapan discovery learning dalam melatih keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan motivasi siswa Miftahuddeen School, Nathawee District, Thailand. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.22219/jppg.v3i1.24003

Holisin, I., Ainy, C., & Wikanta, W. (2019). Improving Reasoning Ability of Elementary Students in Solving Mathematical Problems with the OSCAR Learning Model. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012101

Iis Holisin. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Didaktis, 3(3), 1–68. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/viewFile/255/199

Ismail, A. A., & Suharti, P. (2021). PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN SEDUHAN UMBI BAWANG PUTIH (Allium sativum) DAN LIDAH BUAYA (Aloe vera L.) SEBAGAI BIOPESTISIDA ALAMI TERHADAP AKTIFITAS HAMAJANGKRIK (Tarbinskiellus portentosus) SERTA IMPLEMENTASINYA SEBAGAI EDUKASI MASYARAKAT. Jurnal Pedago Biolog, 9(2), 1–8.

Journal, Tell. (2016). CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS RELATED TO POWER RELATION IN FILM “THE JUDGE ” Ahmad Cholilir Rozzaq 1 , Dwijani Ratnadewi 2. 4(1), 9–21.

Journal, The, & Muhammadiyah, O. (2023). Isolasi Dan Karakterisasi Bakteri Termofilik Dari Oil Sludge Asal Kalimantan Timur. 1(6).

Juniawan, M. F., & Wikanta, W. (2023a). Project-Based Learning in the Study of Eco-enzyme Microorganisms to Train Students ’ Critical Thinking in Waste Treatment Engineering Course. VIII(September), 179–185.

Juniawan, M. F., & Wikanta, W. (2023b). The Effect of the Jigsaw Learning Model in Animal Tissue and Body Structure Courses on Student Problem Solving Ability. 9(4), 2042–2046. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3129

Listiana, L. (2020). Learning reflections in the covid-19 pandemic period ( study at the Muhammadiyah educational institutions in Surabaya ). March, 255–262.

Listiana, L., B, A. B., Jamaluddin, A. Bin, & Muharni, A. (n.d.). Enhancing Cognitive Retention of Different Academic Abilities Undergraduate Students (Vol. 2). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-022-0

Lutfiah, I., Suharti, P., & Asy’ari, A. (2021). Improving Students’ Creative Thinking Skills through the IBSC (Investigation Based Scientific Collaborative) Learning Model Based on E-Learning. SEJ (Science Education Journal), 5(2), 85–97. https://doi.org/10.21070/sej.v5i2.1572

M.Ridlwan, Asy’ari, & Abidin, R. (2021). Learning Motivation Of Students at State High School of Surabaya in Covid-19 Era. International Journal of Education and Research, 9(8), 115–126.

Nailun, L., Gayatri, Y., & Suharti, P. (2022). Pembelajaran Modifikasi CAM ( Concept Attainment Model ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Al- Ishlah Sendangagung Universitas Muhammadiyah Surabaya , ABSTRAK Kata kunci : CAM ( Concept Attainment Model ), Keteram. 10(2), 88–102.

Nurlaily, N. Y., Wicaksana, S. U., Irmawanto, R., & Holisin, I. (2021). Pemenuhan Akses Pendidikan Kepada Masyarakat Pinggiran Perkotaan: Studi Kasus SD Budi Yakin Surabaya. Jurnal Dedikasi Hukum, 1(2), 178–189. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jdh/article/view/17101

Oktafiana, L., Iis Holisin, & Himmatul Mursyidah. (2020). Analisis Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) Tingkat SMP. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 112–129. https://doi.org/10.36765/jp3m.v2i2.24

Pedago, J., Vol, B., Penyakit, A., Calabura, M., Calabura, M., & Calabura, M. (2022). Uji Antibakteri Perasan Daun Kersen ( Muntingia Calabura L ) Dalam Berbagai Konsentrasi Terhadap Pertumbuhan Escherichia Coli Secara Invitro Fitrotin Azizah. 10(1), 285–293.

Peningkatan, U. (2021). HIDROPONIK BEKAS SETRO BARU-SURABAYA. V(2).

Penulis, V., Rohmayani, S., Pd, M. S., Anindita, R. R. A., Si, S., Hidayatullah, M. S. N., & Pd, S. (2022). PERAN BAKTERI ROCKWOOL HIDROPONIK TANAMAN SAWI (Brassica rapa L.). http://www.p3i.um-surabaya.ac.id

Protokol, D. A. N., Keguruan, F., Sosial, I., Muhammadiyah, U., Matematika, P. P., & Keguruan, F. (2021). JURNAL HUMANISM Surabaya Sekolah Kreatif Berbasis Pembelajaran Upaya Membangun Budaya Cakap SOSIALISASI BAHAYA COVID-19 BAHAYA COVID-19 KESEHATAN Teknologi Di Era Revolusi Industri KEPADA ANAK-ANAK TEMPAT KEPADA ANAK-ANAK TEMPAT SIDORAHAYU Prodi Pendidika. 2.

Rahmawati, I., & Ratnadewi, D. (2015). A Postcolonial Survey of “A House for Mr. Biswas” by V. S. Naipaul. Advances in Language and Literary Studies, 6(4). https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.6n.4p.72

Ratnadewi, D. (2009). Pembelajaran bahasa inggris tematik integratif: sebuah alternatif model pembelajaran bahasa inggris di smk. Journal Online Universitas Muhammadiyah Surabaya, 8(2), 1–17. https://core.ac.uk/download/pdf/229571972.pdf

Ratnadewi, D., & Yunianti, S. (2019). Indonesian student teachers’ critical thinking skills in text analysis with CDA approach. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3), 424–431. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7362

Ridlwan, M. &, Asy’ari, & Abidin, R. (2021). PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR INDONESIA Pascasarjana Pendidikan Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Pascasarjana Pendidikan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya Surabaya 2 PG PAUD Fakultas Keguruan dan. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7, 141–149.

Ridlwan, M., Asy’ari, A., Suprapti, E., & Abidin, R. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Upaya Meningkatkan Kinerja Guru SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(3), 314–325. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i3.8606

Rohmawati, A., Holisin, I., & Kristanti, F. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning: Kajian Meta-Analisis. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1453–1464. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1453-1464

Rohmayani, V., Sari M., E. T., Romadhon, N., & Wahyuni, H. I. (2021). Diversity of Bivalvia, Gastropoda and Holothuroidea in Intertidal Zone of North Javan Sea Coastal, Indonesia. Jurnal Biologi UNAND, 9(1), 1. https://doi.org/10.25077/jbioua.9.1.1-7.2021

Rohmayani, Vella, Arimurti, A. R. R., Lukiyono, Y. T., Nuzula, F., Romadhon, N., & Lihabi, L. (2022). Edukasi Infeksi Toksoplasmosis Pada Masyarakat Di Desa Balong Panggang Gresik. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 165–173. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/HMN

Rohmayani, Vella, Arimurti, A. R. R., Romadhon, N., & Lihabi, L. (2023). Prevalence Of Helmint Infection In Cat’s Feces In Surabaya City. Medicra (Journal of Medical Laboratory Science/Technology), 6(1), 32–37. https://doi.org/10.21070/medicra.v6i1.1685

Samani, M., Daryono, M., & Ratnadewi, D. (2018). Developing Character Education Based on Local Wisdom. 173, 230–233. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.60

Sasmi, M. A., Holisin, I., & Mursyidah, H. (2020). Pengaruh Pendekatan RME dengan Model Pembelajaran CPS terhadap HOTS Siswa Kelas VII SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.4790

Sugiharti, N., & Gayatri, Y. (2021). Profil kemampuan berpikir kritis siswa SMA Muhammadiyah Kota Surabaya pada pembelajaran biologi. Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 34–40.

Syarifah, L., Holisin, I., & Shoffa, S. (2021). Meta Analisis: Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14(2), 256–272.

Ulfa, N., Jupri, A., & Turmudi, T. (2021). Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Pecahan. Research and Development Journal of Education, 7(2), 226. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.8509

Utami, N. I., Holisin, I., & Mursyidah, H. (2018). The Development of Engklek Geometri Learning Media to Preserve Traditional Game. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(3), 211–224. https://doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2710

Wahyuni, H. I., Shoukat, N., & Romadhon, N. (2023). Kearifan lokal inventory of plant utilization and its relevance as a source on ecopedagogic learning based on local wisdom. 7, 23–32.

Wikanta, W. (2011). PENGARUH PENAMBAHAN PERASAN BUAH BELIMBING WULUH ( Averrhoa bilimbi L ) TERHADAP KADAR RESIDU FORMALIN DAN PROFIL PROTEIN UDANG PUTIH ( Letapenaeus vannamei ). 33–39.

Wikanta, W., Suharti, P., & Asy’ari, A. (2023). Development of practicum-based mobile augmented reality through the group investigation model to improve students’ creative thinking. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 9(2), 145–166. https://doi.org/10.22219/jpbi.v9i2.26316

Wikantaa, W., Gayatri, Y., & Juniawan, F. (2023). The Urgency and Challenges of Flipped Classroom as A Learning Mode in The Digital Era in Indonesia. VIII(September), 227–236.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-12