Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Di Era Society 5.0

Penulis

  • Mukhlas Mukhlas Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Imron Imron Universitas Muhammadiyah Magelang

Abstrak

Abstrak: Pendidikan Karakter menjadi sesuatu hal yang sangat penting dan menjadi fokus bersama salah satunya dibidang pendidikan. Pendidikan karakter harus dipersiapkan dan dilaksanakan sejak usia dini dan bisa dilaksanakan pada siswa tingkat sekolah dasar. pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar merupakan sebuah usaha atau upaya untuk mempersiapkan generasi yang memiliki  karakter yang bisa membawa perubahan bangsa dan negera Indonesia kearah yang lebih baik. Di era society 5.0 merupakan era yang bisa dikatakan menjadi peluang untuk berkembang sekaligus menjadi tantangan yang semakin berat dari pada era yang pernah dilalui sebelumnya. Oleh karenanya pendidikan karakter harus benar-benar dilaksanakan sehingga harapannya kedepan siswa memiliki karakter yang sesuai dengan ajaran agama Islam dan mampu menghadapi tantangan kedepan yang lebih kompleks. Impelementasi pendidikan karakter tingkat sekolah dasar dilakukan dengan cara menanamkan nilai-nilai keagamaan pada siswa, melaksanakan budaya senang membaca atau budaya literasi dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sesuai dengan minat dan bakat dari masing-masing siswa. Implementasi atau pelaksanaan pendidikan karakter pada siswa tingkat sekolah dasar harus dilakukan secara terus menerus dan harus mendapatkan pendampingan dari guru di sekolah sehingga nantinya siswa terbiasa dengan pola yang sudah diterpakan di sekolah.

 

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Nilai Keagamaan, Budaya Literasi, Ekstrakurikuler

 

Referensi

+ B + D8. (n.d.).

Abidin, R., Sumriyeh, S., & Asy’ari, A. (2022). Metode Pembelajaran Berbasis 3r (Reuse, Reduce, Recycle) dalam Upaya Memperdayakan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 222–231. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1732

Arimurti, A. R. R., Rohmayani, V., & ... (2023). The Potential of Indigenous Bacteria From Various Sample Soil in Degrading Polymer Plastic Waste. Al-Hayat: Journal of …, 6(2), 111–125. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/hayat/article/view/17539%0Ahttps://journal.walisongo.ac.id/index.php/hayat/article/download/17539/5200

Asy’ari, A., Dian Qonita, & Hefi Rusnita Dewi. (2021). Kelas Elite (Environmental Literacy) Anak Binaan Melalui Kegiatan Pembelajaran di Taman Baca Alam (TBA) Desa Sambogunung. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(3), 119–128. https://doi.org/10.36312/sasambo.v3i3.505

Asy’ari, Fitriyah, L., & Putra, D. A. (2022). Implementation of Flora and Fauna-Based Smart Word Learning Media to Empower Elementary School Students’ Motivation and Science Literacy. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 11(2), 123–136. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v11i2.1500

Asy, B., Gayatri, Y., & Rizqiyah, S. (n.d.). Implementing the Hands-on Activity ( HoA ) Learning Model Based on Natural Surroundings ( JAS ) in an Effort to Improve Ecoliteracy and Learning Motivation of the Students of SD Negeri Ombul 3 Bangkalan. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-022-0

Asyari, Zidni Ilma, P., Wida Dina Tinta, Z., & Mahlullah, Y. (2022). Pemberdayaan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Upaya Meningkatkan Keikutsertaan dalam Pengembangan Organisasi dan Branding PCM Tambaksari Surabaya. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 45–58. https://doi.org/10.37802/society.v3i1.235

Berfikir, K., Dan, K., & Komunikasi, K. (n.d.). 2) 1,2). 40–47.

Ervayani, E., Holisin, I., & Shoffa, S. (2016). Penerapan Teori Belajar Bruner dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas III SD Muhammadiyah 9 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 113. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.102

Fatihuddin, A., Biologi, P., Muhammadiyah, U., Biologi, P., & Muhammadiyah, U. (2022). RESPON PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI PAKCOY ( Brassica rapa L .) TERHADAP PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI LIMBAH SAYUR-SAYURAN. 01, 1–8.

Fauzy, A., & Asy’ari. (2020). Studi Etnobotani Tanaman Obat di Wilayah Jawa Timur dan Pemanfaatannya Sebagai Media Edukasi Masyarakat Berbasis Website. Jurnal Pedago Biologi, 8(2), 46–52. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Biologi/article/view/9333/4112#

Firdaus, Z., Listiana, L., Gayatri, Y., & Asy’ari, A. (2022). Penerapan discovery learning dalam melatih keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan motivasi siswa Miftahuddeen School, Nathawee District, Thailand. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.22219/jppg.v3i1.24003

Holisin, I., Ainy, C., & Wikanta, W. (2019). Improving Reasoning Ability of Elementary Students in Solving Mathematical Problems with the OSCAR Learning Model. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012101

Iis Holisin. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Didaktis, 3(3), 1–68. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/viewFile/255/199

Ismail, A. A., & Suharti, P. (2021). PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN SEDUHAN UMBI BAWANG PUTIH (Allium sativum) DAN LIDAH BUAYA (Aloe vera L.) SEBAGAI BIOPESTISIDA ALAMI TERHADAP AKTIFITAS HAMAJANGKRIK (Tarbinskiellus portentosus) SERTA IMPLEMENTASINYA SEBAGAI EDUKASI MASYARAKAT. Jurnal Pedago Biolog, 9(2), 1–8.

Journal, Tell. (2016). CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS RELATED TO POWER RELATION IN FILM “THE JUDGE ” Ahmad Cholilir Rozzaq 1 , Dwijani Ratnadewi 2. 4(1), 9–21.

Journal, The, & Muhammadiyah, O. (2023). Isolasi Dan Karakterisasi Bakteri Termofilik Dari Oil Sludge Asal Kalimantan Timur. 1(6).

Juniawan, M. F., & Wikanta, W. (2023a). Project-Based Learning in the Study of Eco-enzyme Microorganisms to Train Students ’ Critical Thinking in Waste Treatment Engineering Course. VIII(September), 179–185.

Juniawan, M. F., & Wikanta, W. (2023b). The Effect of the Jigsaw Learning Model in Animal Tissue and Body Structure Courses on Student Problem Solving Ability. 9(4), 2042–2046. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3129

Listiana, L. (2020). Learning reflections in the covid-19 pandemic period ( study at the Muhammadiyah educational institutions in Surabaya ). March, 255–262.

Listiana, L., B, A. B., Jamaluddin, A. Bin, & Muharni, A. (n.d.). Enhancing Cognitive Retention of Different Academic Abilities Undergraduate Students (Vol. 2). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-022-0

Lutfiah, I., Suharti, P., & Asy’ari, A. (2021). Improving Students’ Creative Thinking Skills through the IBSC (Investigation Based Scientific Collaborative) Learning Model Based on E-Learning. SEJ (Science Education Journal), 5(2), 85–97. https://doi.org/10.21070/sej.v5i2.1572

M.Ridlwan, Asy’ari, & Abidin, R. (2021). Learning Motivation Of Students at State High School of Surabaya in Covid-19 Era. International Journal of Education and Research, 9(8), 115–126.

Nailun, L., Gayatri, Y., & Suharti, P. (2022). Pembelajaran Modifikasi CAM ( Concept Attainment Model ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Al- Ishlah Sendangagung Universitas Muhammadiyah Surabaya , ABSTRAK Kata kunci : CAM ( Concept Attainment Model ), Keteram. 10(2), 88–102.

Nurlaily, N. Y., Wicaksana, S. U., Irmawanto, R., & Holisin, I. (2021). Pemenuhan Akses Pendidikan Kepada Masyarakat Pinggiran Perkotaan: Studi Kasus SD Budi Yakin Surabaya. Jurnal Dedikasi Hukum, 1(2), 178–189. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jdh/article/view/17101

Oktafiana, L., Iis Holisin, & Himmatul Mursyidah. (2020). Analisis Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) Tingkat SMP. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 112–129. https://doi.org/10.36765/jp3m.v2i2.24

Pedago, J., Vol, B., Penyakit, A., Calabura, M., Calabura, M., & Calabura, M. (2022). Uji Antibakteri Perasan Daun Kersen ( Muntingia Calabura L ) Dalam Berbagai Konsentrasi Terhadap Pertumbuhan Escherichia Coli Secara Invitro Fitrotin Azizah. 10(1), 285–293.

Peningkatan, U. (2021). HIDROPONIK BEKAS SETRO BARU-SURABAYA. V(2).

Penulis, V., Rohmayani, S., Pd, M. S., Anindita, R. R. A., Si, S., Hidayatullah, M. S. N., & Pd, S. (2022). PERAN BAKTERI ROCKWOOL HIDROPONIK TANAMAN SAWI (Brassica rapa L.). http://www.p3i.um-surabaya.ac.id

Protokol, D. A. N., Keguruan, F., Sosial, I., Muhammadiyah, U., Matematika, P. P., & Keguruan, F. (2021). JURNAL HUMANISM Surabaya Sekolah Kreatif Berbasis Pembelajaran Upaya Membangun Budaya Cakap SOSIALISASI BAHAYA COVID-19 BAHAYA COVID-19 KESEHATAN Teknologi Di Era Revolusi Industri KEPADA ANAK-ANAK TEMPAT KEPADA ANAK-ANAK TEMPAT SIDORAHAYU Prodi Pendidika. 2.

Rahmawati, I., & Ratnadewi, D. (2015). A Postcolonial Survey of “A House for Mr. Biswas” by V. S. Naipaul. Advances in Language and Literary Studies, 6(4). https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.6n.4p.72

Ratnadewi, D. (2009). Pembelajaran bahasa inggris tematik integratif: sebuah alternatif model pembelajaran bahasa inggris di smk. Journal Online Universitas Muhammadiyah Surabaya, 8(2), 1–17. https://core.ac.uk/download/pdf/229571972.pdf

Ratnadewi, D., & Yunianti, S. (2019). Indonesian student teachers’ critical thinking skills in text analysis with CDA approach. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3), 424–431. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7362

Ridlwan, M. &, Asy’ari, & Abidin, R. (2021). PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR INDONESIA Pascasarjana Pendidikan Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Pascasarjana Pendidikan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya Surabaya 2 PG PAUD Fakultas Keguruan dan. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7, 141–149.

Ridlwan, M., Asy’ari, A., Suprapti, E., & Abidin, R. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Upaya Meningkatkan Kinerja Guru SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(3), 314–325. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i3.8606

Rohmawati, A., Holisin, I., & Kristanti, F. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning: Kajian Meta-Analisis. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1453–1464. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1453-1464

Rohmayani, V., Sari M., E. T., Romadhon, N., & Wahyuni, H. I. (2021). Diversity of Bivalvia, Gastropoda and Holothuroidea in Intertidal Zone of North Javan Sea Coastal, Indonesia. Jurnal Biologi UNAND, 9(1), 1. https://doi.org/10.25077/jbioua.9.1.1-7.2021

Rohmayani, Vella, Arimurti, A. R. R., Lukiyono, Y. T., Nuzula, F., Romadhon, N., & Lihabi, L. (2022). Edukasi Infeksi Toksoplasmosis Pada Masyarakat Di Desa Balong Panggang Gresik. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 165–173. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/HMN

Rohmayani, Vella, Arimurti, A. R. R., Romadhon, N., & Lihabi, L. (2023). Prevalence Of Helmint Infection In Cat’s Feces In Surabaya City. Medicra (Journal of Medical Laboratory Science/Technology), 6(1), 32–37. https://doi.org/10.21070/medicra.v6i1.1685

Samani, M., Daryono, M., & Ratnadewi, D. (2018). Developing Character Education Based on Local Wisdom. 173, 230–233. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.60

Sasmi, M. A., Holisin, I., & Mursyidah, H. (2020). Pengaruh Pendekatan RME dengan Model Pembelajaran CPS terhadap HOTS Siswa Kelas VII SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.4790

Sugiharti, N., & Gayatri, Y. (2021). Profil kemampuan berpikir kritis siswa SMA Muhammadiyah Kota Surabaya pada pembelajaran biologi. Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 34–40.

Syarifah, L., Holisin, I., & Shoffa, S. (2021). Meta Analisis: Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14(2), 256–272.

Ulfa, N., Jupri, A., & Turmudi, T. (2021). Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Pecahan. Research and Development Journal of Education, 7(2), 226. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.8509

Utami, N. I., Holisin, I., & Mursyidah, H. (2018). The Development of Engklek Geometri Learning Media to Preserve Traditional Game. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(3), 211–224. https://doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2710

Wahyuni, H. I., Shoukat, N., & Romadhon, N. (2023). Kearifan lokal inventory of plant utilization and its relevance as a source on ecopedagogic learning based on local wisdom. 7, 23–32.

Wikanta, W. (2011). PENGARUH PENAMBAHAN PERASAN BUAH BELIMBING WULUH ( Averrhoa bilimbi L ) TERHADAP KADAR RESIDU FORMALIN DAN PROFIL PROTEIN UDANG PUTIH ( Letapenaeus vannamei ). 33–39.

Wikanta, W., Suharti, P., & Asy’ari, A. (2023). Development of practicum-based mobile augmented reality through the group investigation model to improve students’ creative thinking. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 9(2), 145–166. https://doi.org/10.22219/jpbi.v9i2.26316

Wikantaa, W., Gayatri, Y., & Juniawan, F. (2023). The Urgency and Challenges of Flipped Classroom as A Learning Mode in The Digital Era in Indonesia. VIII(September), 227–236.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-12