PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SALEM KABUPATEN BREBES

Penulis

  • Dina Noviana Prihandini Universitas PGRI Semarang

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi tidak tepatnya pendidik SMP Negeri 1 Salem saat menerapkan model pembelajaran dalam pembelajaran menulis puisi. Model yang sering diterapkan ialah ceramah. Hal ini membuat pembelajaran membosankan, selain itu membuat peserta didik sulit menjadi aktif dan berkembang saat di kelas, dan juga materi kurang dapat tersampaikan. Sehingga hasil pembelajaran belum maksimal. Melihat kondisi tersebut perlu diupayakan penerapan model tertentu guna menunjang pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Salem. Model yang diterapkan ialah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Rumusan masalahnya bagaimana penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Salem tahun pelajaran 2019/2020? Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Salem tahun pelajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 1 Salem berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes tertulis menulis puisi, sedangkan teknik nontes berupa observasi dan angket mengenai respon peserta didik terhadap pembelajaran menulis puisi menggunakan model cooperative integrated reading and composition. Teknik penyajian hasil analisis data dilakukan secara kualitatif yakni menganalisis dan mendeskripsikan penerapan model cooperative integrated reading and compoistion dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis puisi menggunakan model cooperative integrated reading and composition mampu merangsang kreatif peserta didik dalam mengembangkan pemikirannya dalam bentuk tulisan, sedangkan dari data menulis puisi diperoleh nilai tertinggi, yaitu nilai 85—100 ada 8 peserta didik dengan kategori sangat baik, nilai 75—84 ada 19 peserta didik dengan kategori baik, dan nilai 40—59 ada 1 peserta didik dengan kategori kurang.


Kata Kunci: Model Cooperative Integrated Reading and Composition, menulis Puisi

Referensi

Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.

Jamaluddin. 2013. Pembelajaran yang Efektif. Jakarta: Mekar Jaya.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Mulyadi, Mohammad. 2010. Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Serta Praktek Kombinasinya dalam Penelitian Sosial. Jakarta: Publica Institute.

Ngatmini, dkk. 2012. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Semarang: IKIP PGRI Semarang PRESS.

Slavin, E. Robert. 2008. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung; Nusa Media.

Ariantika, Fitri. 2013. “Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Pembelajaran Menulis Teks Pengumuman pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 32 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014â€. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Putri, Disnia Rahadini. 2017. “Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pecangaan Jepara Tahun Ajaran 2017/2018â€. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-12