IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PBL) DI SD MUHAMMADIYAH 26 DAN 8 SURABAYA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mengeksplorasi implementasi Model Project Based Learning (PBL) dalam upaya menanamkan sikap sosial pada siswa di SD Muhammadiyah 26 dan SD Muhammadiyah 8 Surabaya. Metode ini dipilih karena dapat memberikan gambaran mendalam mengenai penerapan PBL melalui data verbal dan naratif yang diperoleh secara lisan dari subjek penelitian. Penelitian ini berfokus pada bagaimana model PBL memperkuat nilai-nilai agama dan moral dalam mata pelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), serta bagaimana siswa mengembangkan sikap seperti toleransi, kerja sama, kejujuran, empati, dan tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman konsep pembelajaran, dengan peran guru sebagai fasilitator yang sangat penting. Evaluasi dalam pembelajaran AIK dengan PBL harus dilakukan secara menyeluruh, mencakup penilaian hasil akhir proyek, proses pembelajaran, dan sikap sosial siswa. Evaluasi yang holistik dan berkelanjutan memungkinkan guru untuk memperoleh wawasan lengkap mengenai efektivitas PBL dan membuat penyesuaian yang diperlukan. Penelitian ini juga menyoroti kebutuhan akan penerapan modul sebagai media pembelajaran PBL untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih terstruktur dan efektif dalam mengembangkan sikap sosial siswa.
Rincian Artikel
Referensi
- Asdiana, A., & Batubara, H. H. (2022). Analisis Pengembangan dan Penilaian Sikap Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(4), 14–23. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3291
- Buna’i. (2021). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakad Media Publishing.
- Gunawan, A. (2018). Teologi Surat al-Maun dan Praksis Sosial Dalam Kehidupan Warga Muhammadiyah. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 5(2), 161–178. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v5i2.9414
- Irnawati, Yusrizal Efendi, & Mega Adyna Movitaria. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i2.144
- Purnawanto, A. T. (2019). Penerapan Metode Proyek Dalam Pembelajaran AIK. Jurnal Ilmiah Pedagogy , 14(1), 1–11.
- Rahmah Amini, N., Naimi, N., Ahmad, S., & Lubis, S. (2019). Implementasi Kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Meningkatkan Sikap Religiusitas Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. INTIQAD: JURNAL AGAMA DAN PENDIDIKAN ISLAM, 11(2), 359–372. https://doi.org/10.30596/intiqad.v%vi%i.3265
- Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.
- Setyawan, A., & Wantini. (2018). OPTIMALISASI PENDIDIKAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN (AIK) DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 116–122.
- Suprayogo, Imama. (2001). Metodologi Penelitian Sosial Agama. . Remaja Rosdakarya.
- Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.