STRATEGI PUBLIC RELATIONS LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAK DAN SHODAQOH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) TULUNGAGUNG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini berfokus pada strategi public relations (PR) yang diterapkan oleh Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Shodaqoh Muhammadiyah di Tulungagung dalam konteks meningkatnya jumlah lembaga zakat di Indonesia dan perhatian terhadap kasus penyalahgunaan dana, seperti yang terjadi pada ACT pada Juli 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi PR Lazismu Tulungagung, termasuk hambatan dan dampaknya terhadap pengumpulan dan penyaluran dana zakat, infak, dan sedekah. Teori yang digunakan adalah teori public relations menurut Alison Theaker, yang memandang organisasi sebagai sistem kompleks yang memerlukan hubungan sehat dengan stakeholder, serta teori ketergantungan yang menyoroti pentingnya mempertahankan dukungan dari berbagai pihak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang berarti menghimpun, mengelola, dan menganalisis data secara kualitatif. Untuk memberikan gambaran lengkap tentang hubungan publik Lazismu Tulungagung dan juga menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PR Lazismu Tulungagung meliputi strategi korporat yang jelas, simbolisme dalam logo, konsistensi dalam identitas visual dan komunikasi, budaya perusahaan yang mencerminkan nilai-nilai seperti amanah dan profesionalisme, personalitas korporat yang kuat, dan pendekatan Reflecting Reality yang menekankan transparansi dan akuntabilitas. Strategi-strategi ini tidak hanya membantu membangun citra positif, tetapi juga meningkatkan kepercayaan dan dukungan dari masyarakat serta donatur.
Rincian Artikel
Referensi
- ‘Baznas’
- Bugin, Burhan, METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF: Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. (kencana, 2005) <https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=uZZFJ-0AAAAJ&citation_for_view=uZZFJ-0AAAAJ:1sJd4Hv_s6UC>
- Effendy, onong uchjana, Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek, 21st edn (bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007)
- Gunawan, Imam, Metode Penelitian Kualitatif: Teori Dan Praktik (PT. Bumi Aksara, 2013) <https://books.google.co.id/books?cad=0&hl=id&id=AqSAEAAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false>
- Herdiansyah, Haris, Metodologi Penelitian Kualitatif (Salaemba Humanika, 2011) <https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/214422/metodologi-penelitian-kualitatif>
- Houston, Archester, Organizational Systems Division, Total Quality, and Leadership Office, ‘The Public Relation Handbook’, Office, 2018, 1–19
- Jefkins, Frank, and Daniel Yadin, Public Relations (Edisi 5) Oleh Frank Jefkins Dan Daniel Yadin (jakarta, 2003)
- Lazismu, ‘Latar Belakang’, 2021 <https://lazismu.org/view/latar-belakang>
- Mulyati, T S, ‘Pesan Dakwah Dalam Strategi Komunikasi Public Relations Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan CV. PRASTY MANDIRI’, BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 01.5 (2022), 769–80
- Purnomo, hari setiawan & zulkiefli Mansyah, ‘Manajemen Strategi: Sebuah Konsep Pengatur’, Manajemen Strategi, 1988, 8
- Theaker, Alison, The Public Relations Handbook (Routledge, 2001) <https://books.google.co.id/books?id=0ak34xnZUmAC&printsec=copyright#v=onepage&q&f=false>
- Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.
- Wahyudi, A, ‘Efektivitas Strategi PR Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Zakat’, 8(3) (2021)
- Zulfathurrahmah, Zulfathurrahmah, Ahmad Baehaqi, and Tri Jatmiko Wahyu Prabowo, ‘Accountability of Islamic Non-Governmental Organizations in Indonesia: A Netnographic Study’, Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, 7.1 (2024), 68–82 <https://doi.org/10.18196/jati.v7i1.21596>
- Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.