FITUR TOKOPEDIA HALAL CORNER SEBAGAI E-COMMERCE HALAL DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI DIGITAL BERBASIS SYARIAH DI MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.30651/mms.v2i1.17185Abstract
Ekonomi syariah di Indonesia memiliki strategi utama sebagai upaya mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia. Salah satunya adalah program penguatan ekonomi digital syariah. Salah satu media andalannya adalah melalui e-commerce. E-commerce merupakan perdagangan elektronik yang cara untuk menjual dan membeli barang dan jasa lewat jaringan internet. Dalam dunia bisnis, peluang e-commerce masih sangat luas, mengingat pangsa pasar yang tersedia (terutama di Indonesia) masih terbuka lebar. Tokopedia sebagai e-commerce terbesar ikut serta dalam pengembangan ekonomi digital dengan merilis fitur syariah yang disebut dengan Tokopedia Halal CornerReferences
Ansori, A. “Digitalisasi Ekonomi Syariah.” ISLAMICONOMIC : Journal Ekonomi Islam 7(1) (2016).
Firdaus, M. R. “E-Money Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah.” Jurnal Tahkim 12(1), no. 145–146 (2018).
Jusop, M., Ismail, R. M., & Ismail, N, A. “Understanding Halal E-Commerce Practice : A Proposed Conceptual Framework.” Global Business and Management Research 10(3) (n.d.): 908.
Kartika, P. R. “Intensi Penggunaan E-Commerce Tokopedia : Adopsi Teori Technology Acceptance Model (TAM)” (2020).
Kotler, P., Armstrong, G., Ang, S.H., Leong, S. M., Tan, C. T., & Ho-Ming, O. Principles of Marketing an Asian Perspective. Pearson/Prentice-Hall, 2012.
Meinarni, N.P.S., & Thalib, E.F. “Tinjauan Yuridis Mengenai Marketplace Terkait Peraturan Perundang-Undangan Di Indonesia.” jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan (n.d.): 194–205.
Ribadu, M. B., & Rahman, W. N. W. A. “E-Commerce Quality Evaluation Metrics: A Sharina Compliance Approach.” Journal of Telecommunication, Electronic and Computer Engineering (JTEC) 9(3–5) (2017): 101–110.
Sahroni, O. Fikih Muamalah Kontemporer : Jilid 3. Republika Penerbit, 2020.
Setyorini, W., Jannah, A.R., & Wulansari, U. “Opportunities and Challengers Halal Marketplace in Indonesia.” Journal of Halal Product and Research (JPHR) 4(2) (2021): 90–97.
Sugiarto, Eddy Cahyono. “Ekonomi Digital : The New Face of Indonesia’s Economy” (2019).
Syafe’i, R. Fiqh Muamalah : Membahas Ekonomi Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2001.
Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.
Irawan, Deni. “Menciptakan Harmoni Dengan Dialog Antar Umat Beragama.” Religi XV, no. 2 (2019).
Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.


