FITUR TOKOPEDIA HALAL CORNER SEBAGAI E-COMMERCE HALAL DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI DIGITAL BERBASIS SYARIAH DI MASYARAKAT

Isi Artikel Utama

Tria Nanda Taskiya

Abstrak

Ekonomi syariah di Indonesia memiliki strategi utama sebagai upaya mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia. Salah satunya adalah program penguatan ekonomi digital syariah. Salah satu media andalannya adalah melalui e-commerce. E-commerce merupakan perdagangan elektronik yang cara untuk menjual dan membeli barang dan jasa lewat jaringan internet. Dalam dunia bisnis, peluang e-commerce masih sangat luas, mengingat pangsa pasar yang tersedia (terutama di Indonesia) masih terbuka lebar. Tokopedia sebagai e-commerce terbesar ikut serta dalam pengembangan ekonomi digital dengan merilis fitur syariah yang disebut dengan Tokopedia Halal Corner

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Tria Nanda Taskiya, Perbankan Syariah

Prodi Perbankan Syariah

Referensi

  1. Ansori, A. “Digitalisasi Ekonomi Syariah.” ISLAMICONOMIC : Journal Ekonomi Islam 7(1) (2016).
  2. Firdaus, M. R. “E-Money Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah.” Jurnal Tahkim 12(1), no. 145–146 (2018).
  3. Jusop, M., Ismail, R. M., & Ismail, N, A. “Understanding Halal E-Commerce Practice : A Proposed Conceptual Framework.” Global Business and Management Research 10(3) (n.d.): 908.
  4. Kartika, P. R. “Intensi Penggunaan E-Commerce Tokopedia : Adopsi Teori Technology Acceptance Model (TAM)” (2020).
  5. Kotler, P., Armstrong, G., Ang, S.H., Leong, S. M., Tan, C. T., & Ho-Ming, O. Principles of Marketing an Asian Perspective. Pearson/Prentice-Hall, 2012.
  6. Meinarni, N.P.S., & Thalib, E.F. “Tinjauan Yuridis Mengenai Marketplace Terkait Peraturan Perundang-Undangan Di Indonesia.” jurnal IUS Kajian Hukum dan Keadilan (n.d.): 194–205.
  7. Ribadu, M. B., & Rahman, W. N. W. A. “E-Commerce Quality Evaluation Metrics: A Sharina Compliance Approach.” Journal of Telecommunication, Electronic and Computer Engineering (JTEC) 9(3–5) (2017): 101–110.
  8. Sahroni, O. Fikih Muamalah Kontemporer : Jilid 3. Republika Penerbit, 2020.
  9. Setyorini, W., Jannah, A.R., & Wulansari, U. “Opportunities and Challengers Halal Marketplace in Indonesia.” Journal of Halal Product and Research (JPHR) 4(2) (2021): 90–97.
  10. Sugiarto, Eddy Cahyono. “Ekonomi Digital : The New Face of Indonesia’s Economy” (2019).
  11. Syafe’i, R. Fiqh Muamalah : Membahas Ekonomi Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2001.
  12. Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.
  13. Irawan, Deni. “Menciptakan Harmoni Dengan Dialog Antar Umat Beragama.” Religi XV, no. 2 (2019).
  14. Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.