PENGUATAN HALAL VALUE CHAIN “Pengembangan Halal Indutri : Sertifikasi, Peluang dan Tantanganâ€
Isi Artikel Utama
Abstrak
Gaya hidup halal (halal lifestyle) belakangan ini memang tengah melanda dunia, tidak hanya menggejala pada negara-negara yang mayoritas berpenduduk muslim tetapi juga di negara berpenduduk mayoritas nonmuslim. Meningkatnya gaya hidup halal masyarakat dunia berpengaruh pada permintaan produk halal. Banyak negara berkonsentrasi pada bisnis penyediaan produk halal, yang mana pengaturan kehalalan produk disesuaikan dengan syari’ah Islam. Selain produk halal memberikan kebaikan bagi yang mengonsumsinya, juga memberikan nilai ekonomi bagi pelaku bisnis produk halal. Indonesia dengan jumlah masyarakat muslim terbesar, berpeluang dominan mengambil peran dalam bisnis produk halal global. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang menggunakan data sekunder yang didapatkan melalui artikel ilmiah maupun dokumen lainnya yang relevan.
Kata Kunci: Bisnis Halal, Halal Lifestyle, Halal Industri, Produk
Rincian Artikel
Referensi
- Mirsa Astuti, "Pengembangan Produk Halal dalam Memenuhi Gaya Hidup Halal (Halal Lifestyle)," IURIS STUDIA: Jurnal Kajian Hukum 1, no. 1 (2020): 14-20, http://jurnal.bundamediagrup.co.id/index.php/iuris/article/view/16
- Lady Yulia, "Halal Product Industry Development Strategy strategi Pengembangan Industri Produk Halal" Jurnal Bisnis Islam 8, no 1 (2015): 121-62, https://jurnalbimasislam.kemenag.go.id/jbi/articel/view/171/11
- Muhammad Anwar Fathoni, "Potret Industri Halal Indonesia: Peluang dan Tantangan,: Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 6, no. 3 (2020): 428, https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1146
- Warto Warto and Samsuri Samsuri, "Sertifikasi Halal Dan
- Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal Di Indonesia,†Al
- Maal: Journal of Islamic Economics and Banking 2, no.
- (2020): 98, https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803