Al ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN SEBAGAI RUH PENGKADERAN GURU BERKEMAJUAN DI TENGAH MASYARAKAT
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali tentang Al Islam dan kemuhammadiyahan dalam mengkader guru yang berkemajuan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif - kualitatif dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yakni observasi, interview, dan dokumentasi, dan dengan teknik análisis induksi, deduksi, dan komparasi. Penelitian ini dilakuan di perguruan Muhammadiyah Gresik. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, Muhammadiyah memberikan tuntunan kompetensi guru terutama AlIslam dan Kemuhammadiyahan , akan tetapi upaya pembentukannya tidak secara khusus untuk guru akan tetapi untuk perkaderan, hal itu karena guru adalah anggota Muhammadiyah, maka pembentukan dan pembinaannya berada dalam tugas Muhammadiyah. Adapun Kompetensi ideal kepribadian guru Muhammadiyah yaitu; 1) Beramal dan berjuang untuk perdamaian dan kesejahteraan, 2) Memperbanyak kawan dan mengamalkan ukhuwah Islamiyah, 3) Lapang dada, luas pandangan, dengan memegang teguh ajaran Islam, 4) Bersifat keagamaan dan kemasyarakatan, 5) Mengindahkan segala hukum, undang-undang, peraturan, serta dasar dan falsafah negara yang sah, 6) Amar ma’ruf nahi munkar dalam segala lapangan serta menjadi contoh teladan yang baik, 7) Aktif dalam perkembangan masyarakat dengan maksud islah dan pembangunan, sesuai dengan ajaran Islam, 8) Kerja sama dengan golongan Islam mana pun juga, 9) Membantu pemerintah serta bekerjasama dengan golongan lain dalam memelihara dan membangun negara untuk mencapai masyarakat adil dan makmur yang diridlai Allah SWT, dan 10) Bersifat adil serta kolektif ke dalam dan keluar dengan bijaksana. Untuk mewujudka itu semua, maka Muhammadiyah melakukan langkah-langkah atau upaya pembentukannya melalui; 1) Revitalisasi Ideologi, 2) Baitul Arqam, 3) Gerakan Jamaah Dakwah Jamaah, 4) Kurikulum AlIslam Kemuhammadiyahan dan Congress Guru Muhammadiyah.References
Ali, Mohamad, Guru Muhammadiyah:
Potret yang Berubah, (dalam
Suara Muhammadiyah No. 23
Tahun Ke101/1-15
Desember,2016), 28-29.
Ali,Mohamad, Jurnal Penelitian FAI UMS
“Menyemai Guru
Muhammadiyah Berkemajuan
DI Sekolah
Muhammadiyahâ€,Ishraqi
Volume 1 No. 1 Januari2017,
ISSN: 1412-5722,Diakses pada
Desember 2020, 11:08
Arifin,Zainal, 2020, Sosiologi Pendidikan,
Gresik: Sahabat Pena Kita
Brubacher,John S., 1978, Modern
Philosophies of Education,
New York: McGraw-Hill Book
Company
Bush,Tony, 2008, Leadhership and
Management Development,
California: Sage
Koehn,Daryl, 2000, Landasan Etika
ProfesiTerjAgusMSuseno, Frans Magnis, 1999, Berfilsafat
dari Konteks, Jakarta:
Gramedia
Undang-undang No. 14 Tahun 2005
tentang Guru dan Dosen
Desember 2020, 11:08
Arifin,Zainal, 2020, Sosiologi Pendidikan,
Gresik: Sahabat Pena Kita
Brubacher,John S., 1978, Modern
Philosophies of Education,
New York: McGraw-Hill Book
Company
Bush,Tony, 2008, Leadhership and
Management Development,
California: Sage
Koehn,Daryl, 2000, Landasan Etika
Profesi, Terj. Agus M.
Hardjana,Yogyakarta: Kanisius
Kuntowijoyo, 1994, Dinamika Sejarah
Umat Islam
Indoensia,Yogyakarta:
Salahuddin Press
Moleong,J.,Lexy, 2007, Metodologi
Penelitian Kualitatif, Bandung:
Remaja Rosda Karya
Mulyana,Deddy, 2002, Metodologi
Penelitian Kualitatif, Bandung:
Remaja Rosda Karya
Munandir, 2001, Ensiklopedia Pendidikan,
Malang: UM Press
Nasir,Moh., 1998, Metodologi Penelitian,
cet.3, Jakarta: Ghalia Indonesia
Rosyidi,Sahlan, 1990,
Kemuhammadiyahan,
Surakarta: UMS Press
Daftar Pustaka
Ali, Mohamad, Guru Muhammadiyah:
Potret yang Berubah, (dalam
Suara Muhammadiyah No. 23
Tahun Ke101/1-15
Desember,2016), 28-29.
Ali,Mohamad, Jurnal Penelitian FAI UMS
“Menyemai Guru
Muhammadiyah Berkemajuan
DI Sekolah
Muhammadiyahâ€,Ishraqi
Volume 1 No. 1 Januari2017,
ISSN: 1412-5722,Diakses pada
Desember 2020, 11:08
Arifin,Zainal, 2020, Sosiologi Pendidikan,
Gresik: Sahabat Pena Kita
Brubacher,John S., 1978, Modern
Philosophies of Education,
New York: McGraw-Hill Book
Company
Bush,Tony, 2008, Leadhership and
Management Development,
California:SageSuseno, Frans Magnis, 1999, Berfilsafat
dari Konteks, Jakarta:
Gramedia
Undang-undang No. 14 Tahun 2005
tentang Guru dan Dosen


