Al ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN SEBAGAI RUH PENGKADERAN GURU BERKEMAJUAN DI TENGAH MASYARAKAT
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali tentang Al Islam dan kemuhammadiyahan dalam mengkader guru yang berkemajuan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif - kualitatif dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yakni observasi, interview, dan dokumentasi, dan dengan teknik análisis induksi, deduksi, dan komparasi. Penelitian ini dilakuan di perguruan Muhammadiyah Gresik. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, Muhammadiyah memberikan tuntunan kompetensi guru terutama AlIslam dan Kemuhammadiyahan , akan tetapi upaya pembentukannya tidak secara khusus untuk guru akan tetapi untuk perkaderan, hal itu karena guru adalah anggota Muhammadiyah, maka pembentukan dan pembinaannya berada dalam tugas Muhammadiyah. Adapun Kompetensi ideal kepribadian guru Muhammadiyah yaitu; 1) Beramal dan berjuang untuk perdamaian dan kesejahteraan, 2) Memperbanyak kawan dan mengamalkan ukhuwah Islamiyah, 3) Lapang dada, luas pandangan, dengan memegang teguh ajaran Islam, 4) Bersifat keagamaan dan kemasyarakatan, 5) Mengindahkan segala hukum, undang-undang, peraturan, serta dasar dan falsafah negara yang sah, 6) Amar ma’ruf nahi munkar dalam segala lapangan serta menjadi contoh teladan yang baik, 7) Aktif dalam perkembangan masyarakat dengan maksud islah dan pembangunan, sesuai dengan ajaran Islam, 8) Kerja sama dengan golongan Islam mana pun juga, 9) Membantu pemerintah serta bekerjasama dengan golongan lain dalam memelihara dan membangun negara untuk mencapai masyarakat adil dan makmur yang diridlai Allah SWT, dan 10) Bersifat adil serta kolektif ke dalam dan keluar dengan bijaksana. Untuk mewujudka itu semua, maka Muhammadiyah melakukan langkah-langkah atau upaya pembentukannya melalui; 1) Revitalisasi Ideologi, 2) Baitul Arqam, 3) Gerakan Jamaah Dakwah Jamaah, 4) Kurikulum AlIslam Kemuhammadiyahan dan Congress Guru Muhammadiyah.
Rincian Artikel
Referensi
- Ali, Mohamad, Guru Muhammadiyah:
- Potret yang Berubah, (dalam
- Suara Muhammadiyah No. 23
- Tahun Ke101/1-15
- Desember,2016), 28-29.
- Ali,Mohamad, Jurnal Penelitian FAI UMS
- “Menyemai Guru
- Muhammadiyah Berkemajuan
- DI Sekolah
- Muhammadiyahâ€,Ishraqi
- Volume 1 No. 1 Januari2017,
- ISSN: 1412-5722,Diakses pada
- Desember 2020, 11:08
- Arifin,Zainal, 2020, Sosiologi Pendidikan,
- Gresik: Sahabat Pena Kita
- Brubacher,John S., 1978, Modern
- Philosophies of Education,
- New York: McGraw-Hill Book
- Company
- Bush,Tony, 2008, Leadhership and
- Management Development,
- California: Sage
- Koehn,Daryl, 2000, Landasan Etika
- ProfesiTerjAgusMSuseno, Frans Magnis, 1999, Berfilsafat
- dari Konteks, Jakarta:
- Gramedia
- Undang-undang No. 14 Tahun 2005
- tentang Guru dan Dosen
- Desember 2020, 11:08
- Arifin,Zainal, 2020, Sosiologi Pendidikan,
- Gresik: Sahabat Pena Kita
- Brubacher,John S., 1978, Modern
- Philosophies of Education,
- New York: McGraw-Hill Book
- Company
- Bush,Tony, 2008, Leadhership and
- Management Development,
- California: Sage
- Koehn,Daryl, 2000, Landasan Etika
- Profesi, Terj. Agus M.
- Hardjana,Yogyakarta: Kanisius
- Kuntowijoyo, 1994, Dinamika Sejarah
- Umat Islam
- Indoensia,Yogyakarta:
- Salahuddin Press
- Moleong,J.,Lexy, 2007, Metodologi
- Penelitian Kualitatif, Bandung:
- Remaja Rosda Karya
- Mulyana,Deddy, 2002, Metodologi
- Penelitian Kualitatif, Bandung:
- Remaja Rosda Karya
- Munandir, 2001, Ensiklopedia Pendidikan,
- Malang: UM Press
- Nasir,Moh., 1998, Metodologi Penelitian,
- cet.3, Jakarta: Ghalia Indonesia
- Rosyidi,Sahlan, 1990,
- Kemuhammadiyahan,
- Surakarta: UMS Press
- Daftar Pustaka
- Ali, Mohamad, Guru Muhammadiyah:
- Potret yang Berubah, (dalam
- Suara Muhammadiyah No. 23
- Tahun Ke101/1-15
- Desember,2016), 28-29.
- Ali,Mohamad, Jurnal Penelitian FAI UMS
- “Menyemai Guru
- Muhammadiyah Berkemajuan
- DI Sekolah
- Muhammadiyahâ€,Ishraqi
- Volume 1 No. 1 Januari2017,
- ISSN: 1412-5722,Diakses pada
- Desember 2020, 11:08
- Arifin,Zainal, 2020, Sosiologi Pendidikan,
- Gresik: Sahabat Pena Kita
- Brubacher,John S., 1978, Modern
- Philosophies of Education,
- New York: McGraw-Hill Book
- Company
- Bush,Tony, 2008, Leadhership and
- Management Development,
- California:SageSuseno, Frans Magnis, 1999, Berfilsafat
- dari Konteks, Jakarta:
- Gramedia
- Undang-undang No. 14 Tahun 2005
- tentang Guru dan Dosen