Al ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN SEBAGAI RUH PENGKADERAN GURU BERKEMAJUAN DI TENGAH MASYARAKAT

Authors

  • Zainal Arifin Universitas Muhamamdiyah surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali tentang Al Islam dan kemuhammadiyahan dalam mengkader guru yang berkemajuan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif - kualitatif dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yakni observasi, interview, dan dokumentasi, dan dengan teknik análisis induksi, deduksi, dan komparasi. Penelitian ini dilakuan di perguruan Muhammadiyah Gresik. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, Muhammadiyah memberikan tuntunan kompetensi guru terutama AlIslam dan Kemuhammadiyahan , akan tetapi upaya pembentukannya tidak secara khusus untuk guru akan tetapi untuk perkaderan, hal itu karena guru adalah anggota Muhammadiyah, maka pembentukan dan pembinaannya berada dalam tugas Muhammadiyah. Adapun Kompetensi ideal kepribadian guru Muhammadiyah yaitu; 1) Beramal dan berjuang untuk perdamaian dan kesejahteraan, 2) Memperbanyak kawan dan mengamalkan ukhuwah Islamiyah, 3) Lapang dada, luas pandangan, dengan memegang teguh ajaran Islam, 4) Bersifat keagamaan dan kemasyarakatan, 5) Mengindahkan segala hukum, undang-undang, peraturan, serta dasar dan falsafah negara yang sah, 6) Amar ma’ruf nahi munkar dalam segala lapangan serta menjadi contoh teladan yang baik, 7) Aktif dalam perkembangan masyarakat dengan maksud islah dan pembangunan, sesuai dengan ajaran Islam, 8) Kerja sama dengan golongan Islam mana pun juga, 9) Membantu pemerintah serta bekerjasama dengan golongan lain dalam memelihara dan membangun negara untuk mencapai masyarakat adil dan makmur yang diridlai Allah SWT, dan 10) Bersifat adil serta kolektif ke dalam dan keluar dengan bijaksana. Untuk mewujudka itu semua, maka Muhammadiyah melakukan langkah-langkah atau upaya pembentukannya melalui; 1) Revitalisasi Ideologi, 2) Baitul Arqam, 3) Gerakan Jamaah Dakwah Jamaah, 4) Kurikulum AlIslam Kemuhammadiyahan dan Congress Guru Muhammadiyah.

References

Ali, Mohamad, Guru Muhammadiyah:

Potret yang Berubah, (dalam

Suara Muhammadiyah No. 23

Tahun Ke101/1-15

Desember,2016), 28-29.

Ali,Mohamad, Jurnal Penelitian FAI UMS

“Menyemai Guru

Muhammadiyah Berkemajuan

DI Sekolah

Muhammadiyahâ€,Ishraqi

Volume 1 No. 1 Januari2017,

ISSN: 1412-5722,Diakses pada

Desember 2020, 11:08

Arifin,Zainal, 2020, Sosiologi Pendidikan,

Gresik: Sahabat Pena Kita

Brubacher,John S., 1978, Modern

Philosophies of Education,

New York: McGraw-Hill Book

Company

Bush,Tony, 2008, Leadhership and

Management Development,

California: Sage

Koehn,Daryl, 2000, Landasan Etika

ProfesiTerjAgusMSuseno, Frans Magnis, 1999, Berfilsafat

dari Konteks, Jakarta:

Gramedia

Undang-undang No. 14 Tahun 2005

tentang Guru dan Dosen

Desember 2020, 11:08

Arifin,Zainal, 2020, Sosiologi Pendidikan,

Gresik: Sahabat Pena Kita

Brubacher,John S., 1978, Modern

Philosophies of Education,

New York: McGraw-Hill Book

Company

Bush,Tony, 2008, Leadhership and

Management Development,

California: Sage

Koehn,Daryl, 2000, Landasan Etika

Profesi, Terj. Agus M.

Hardjana,Yogyakarta: Kanisius

Kuntowijoyo, 1994, Dinamika Sejarah

Umat Islam

Indoensia,Yogyakarta:

Salahuddin Press

Moleong,J.,Lexy, 2007, Metodologi

Penelitian Kualitatif, Bandung:

Remaja Rosda Karya

Mulyana,Deddy, 2002, Metodologi

Penelitian Kualitatif, Bandung:

Remaja Rosda Karya

Munandir, 2001, Ensiklopedia Pendidikan,

Malang: UM Press

Nasir,Moh., 1998, Metodologi Penelitian,

cet.3, Jakarta: Ghalia Indonesia

Rosyidi,Sahlan, 1990,

Kemuhammadiyahan,

Surakarta: UMS Press

Daftar Pustaka

Ali, Mohamad, Guru Muhammadiyah:

Potret yang Berubah, (dalam

Suara Muhammadiyah No. 23

Tahun Ke101/1-15

Desember,2016), 28-29.

Ali,Mohamad, Jurnal Penelitian FAI UMS

“Menyemai Guru

Muhammadiyah Berkemajuan

DI Sekolah

Muhammadiyahâ€,Ishraqi

Volume 1 No. 1 Januari2017,

ISSN: 1412-5722,Diakses pada

Desember 2020, 11:08

Arifin,Zainal, 2020, Sosiologi Pendidikan,

Gresik: Sahabat Pena Kita

Brubacher,John S., 1978, Modern

Philosophies of Education,

New York: McGraw-Hill Book

Company

Bush,Tony, 2008, Leadhership and

Management Development,

California:SageSuseno, Frans Magnis, 1999, Berfilsafat

dari Konteks, Jakarta:

Gramedia

Undang-undang No. 14 Tahun 2005

tentang Guru dan Dosen

Published

2022-04-28