Pengaruh Kualitas Pelayanan Rawat Inap terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.30651/jmu.v2i3.28591Kata Kunci:
Pengaruh kualitas pelayanan, Kepuasan pasien, SERVQUALAbstrak
Latar Belakang: Pelayanan kesehatan merupakan salah satu bentuk pelayanan yang paling banyak dibutuhkan masyarakat. Salah satu upaya untuk mempertahankan kualitas pelayanan rumah sakit adalah dengan meningkatkan kepuasan pasien, karena kepuasan tersebut menjadi faktor penentu keberhasilan bagi rumah sakit. Namun, masih terdapat aspek kualitas pelayanan yang belum optimal. Salah satu penyebabnya adalah adanya kesenjangan dalam pelayanan pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS). Hal ini menyebabkan banyak pasien rawat inap BPJS merasa kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan rawat inap terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan (RSML). Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian analitik cross-sectional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 65 pasien rawat inap di RSML. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS untuk melihat pengaruh masing-masing dimensi terhadap kepuasan pasien. Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik baik secara parsial maupun secara simultan didapatkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien (0,000 < 0,05). Kesimpulan: Terdapat pengaruh kualitas pelayanan rawat inap terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan
Referensi
Agra Nabilfavian Evandinnartha, Muhammad Syamsu Hidayat and Rosyidah. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien BPJS terhadap Loyalitas Pasien: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(6): 1025–1032. Available at: https://doi.org/10.56338/mppki.v6i6.3256.
Aminuddin, Farih. 2020. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Yang Menjalani Perawatan Di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. Skripsi Thesis, Universitas Airlangga.
Azzahra, F.P. et al. (2023). Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Melalui Pengukuran Harapan Dan Persepsi Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Bun Kosambi Tangerang. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(3): 16114–16131. Available at: https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i3.19274.
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). (2014). Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jakarta: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS.
Dwi, I.N. et al. (2024). Hubungan Karakteristik Pasien Terhadap Persepsi Kualitas Pelayanan Kesehatan di RSUD Kota Mataram The Relationship between Patient Characteristics and Perceptions of Healthcare Service Quality at Mataram City Regional Public Hospital’, 5(2): 195–213.
Haeruddin, Alwi Khidri, S. U. (2021). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Dan Minat Kembali Di RSUD Haji Makassar. Jurnal Kesehatan, 4 No. 3(3): 282-288.
Hutahaean, S. and Nababan, D. (2022). Analisis Hubungan Lama Perawatan Dan Jenis Jasa Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Rs X. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 6(3): 255. Available at: https://doi.org/10.52020/.v6i3.4899.
Kismanto, J. and Suryo Murtopo, A. (2023). Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Karanganyar. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 14(1): 106–116. Available at: https://doi.org/10.34035/jk.v14i1.928.
Kosnan, W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Merauke. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(4). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i4.1538.
Muhammad Anzar, Nur Afni and Mohamad Afaldi (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Keperawatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Tinombo. Jurnal Kolaboratif Sains, 6(7): 765–772. Available at: https://doi.org/10.56338/jks.v6i7.3855.
Nuriyati, Kusdiana, A. and Nurdiana, F. (2020). Hubungan Pelayanan Rumah Sakit Berbasis Syariah dengan Kepuasan Pasien. Journal of Health Care, Vol 1, No (2).
Parasuraman, A., & Colucio, M. (2016). Linking Service Design to Value Creation in Service Research. Journal of Service Management, 27(1): 21-29.
Pratiwi, D & Rusminah. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Moyo Hilir. Jurnal Riset Pemasaran, Vol.3 No.2.
Pratiwi, dan Susanto. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Sultan Immanudin Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. Jurnal Asosiasi Dosen Muhammadiyah Magister Administrasi Rumah Sakit. 2 (2): 45-56.
Putra, Mahardhika. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Cut Meutia Aceh Utara Tahun 2016. Thesis. USU.
Rehaman, B., & Husnain, M. (2018). The Impact of Service Quality Dimensions on Patient Satisfaction in the Private Healthcare Industry in Pakistan. J Hosp Med Manage, 4(1): 1-8.
Sabil, F.A. et al. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien, 2: 280–287. Available at: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59983.
Sembiring, E. and Sinaga, R.V. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Bina Kasih Medan’, Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7(2): 183–204. Available at: https://doi.org/10.54367/jmb.v22i1.1740.
Utami, Y.T. (2018). Pengaruh Karakteristik Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Uptd Puskesmas Penumping Surakarta. Infokes, 8(1): 57–65.
WHO. World Health Statistic Report 2015. Geneva: World Health Organization; 2015.
