ANALISIS PERBANDINGAN KUNJUNGAN PASIEN SEBELUM, SAAT, DAN PASCA PANDEMI DI KLINIK CIPTA MEDIKA GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.30651/jmu.v2i3.28583Kata Kunci:
Jumlah Kunjungan Pasien, Klinik, Sebelum pandemi, Saat pandemi, Pasca pandemiAbstrak
Latar belakang: Fasilitas kesehatan tingkat pertama yang memberikan pelayanan
medis dasar atau spesialistik pelayanan kesehatan adalah Klinik. Tujuan: Menganalisis
perbandingan kunjungan pasien sebelum, saat, dan pasca pandemi COVID-19 di Klinik
Cipta Medika Gresik. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian rancangan analisis
kuantitatif observasional dengan cara pengambilan sampel menggunakan metode cross
sectional. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengambil data sekunder berupa data
jumlah pasien yang telah berkunjung di Klinik Cipta Medika Gresik dari bulan Januari
2018 sampai dengan Desember 2023. Hasil : Signifikansi kondisi sebelum dan saat
pandemi menunjukkan tidak didapatkan perbedaan signifikansi. Kondisi saat dan pasca
pandemi menunjukkan terdapat perbedaan signifikansi. Kondisi sebelum dan pasca
pandemi menunjukkan terdapat perbedaan signifikansi. Kesimpulan : Analisis
kunjungan berdasarkan jumlah kunjungan pasien di Klinik Cipta Medika Gresik
meliputi sebelum dan saat pandemi menunjukkan hasil tidak terdapat perbedaan. Pada
saat dan sesudah pandemi menunjukkan terdapat perbedaan. Pada sebelum dan sesudah
pandemi menunjukkan terdapat perbedaan.
Referensi
Amperawati, M., Sari, E., & Kemenkes Banjarmasin Jurusan Keperawatan Gigi, P. (n.d.). Di Poli Gigi Puskesmas Guntung Manggis Kota Banjarbaru
Austenita Pribadi, N., Nadjib, P., & Pasca Sarjana Kajian Administrasi Rumah Sakit Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat, P. (n.d.). Strategi Rumah Sakit Dalam Menghadapi Perubahan Perilaku Pelanggan Di Masa Pandemi COVID-19 (Hospital Strategies in Facing Customer Behavior Changes due to COVID-19 Pandemic).
Chairani, I., Pusat, B., & Papua, S. P. (2020). Jurnal Kependudukan Indonesia | Edisi Khusus Demografi dan COVID-19. http://www.nber.org/papers/w26947
Fadillah, F., Febiana, C., Studi Manajemen Rumah Sakit Politeknik Piksi Ganesha Jl Jend Gatot Subroto No, P., Barat, J., & Politeknik Piksi Ganesha Jl Jend Gatot Subroto No, D. (2021). Gambaran Data Kunjungan Pasien Poliklinik Ke Instalasi Farmasi RSUD Majalaya Sselama Pandemi. Jurnal Menara Medika, 4(1), 36. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaramedika/index
Farida, T., & Syafiq, A. (2024). Analisa Jumlah Kunjungan Klien VCT Sebelum, Selama dan Setelah Pandemi Covid-19 di Klinik Pratama PKBI DKI Jakarta dengan Metode Run Chart. Jurnal Ners, 9(1), 472–477. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ners/article/view/33673
Hisran H, & Salmah. (2024). Pengaruh Pandemi Covid 19 Terhadap Kunjungan dan Penggunaan Obat di Puskesmas Kota Jambi Tahun 2020-2021. Syntax Idea, 6(1), 290–299. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v6i1.2927
Indera Bagaskara, R. E., Syafei, W. A., & Rizal Isnanto, R. (n.d.). Perancangan Sistem Informasi Poliklinik
Kesehatan Fakultas Kedokteran, M., Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada, K., Widya Astari, D., Noviantani, A., & Simanjuntak, R. (2021). Artikel Penelitian Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Era Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Mata Cicendo. In Journal of Hospital Accreditation (Vol. 03, Issue 1). Tanggal Publikasi.
Kusuma, A., & Chatilamaharani, R. *. (2021). Indonesian Journal of Public Health and Nutrition Pemanfaatan Kembali Pelayanan Kesehatan pada Masa Pandemi COVID-19 Article Info. IJPHN, 1(3), 462–471. https://doi.org/10.15294/ijphn.v1i3.48941
Lufiah, N., Hidayati, M., & Piksi Ganesha, P. (2021). Analisi Jumlah Kunjungan Pasien Rawat Jalan Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Klinik Melati Bunda. Jurnal Ilmiah Indonesia, 2021(8), 1013–1020. https://doi.org/10.36418/cerdika.xxx
Nadila, N. L., & Hidayati, M. (2021). Analisis Jumlah Kunjungan Pasien Rawat Jalan pada Masa Pandemi COVID-19 di Klinik Utama Melati Bunda. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(8), 1013–1020. https://cerdika.publikasiindonesia.id/index.php/cerdika/article/view/157/298
Nurani, D., Kaseke, M. M., & Mongan, A. E. (2021). Dampak Pandemi Coronavirus Disease-19 terhadap Mutu Pelayanan Kemoterapi di Ruang Delima RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. E-CliniC, 9(2), 412. https://doi.org/10.35790/ecl.v9i2.33490
Pambudi, W., Nataprawira, S. M. D., Atzmardina, Z., & Regina, S. (2021). Profil Capaian Imunisasi Dasar Atau Lanjutan Pada Baduta Sebelum Dan Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Muara Medika Dan Psikologi Klinis, 1(1), 17. https://doi.org/10.24912/jmmpk.v1i1.12054
Pradnyantara, I. G. A. N. P. (2022). Analisis Efisiensi Pelayanan Rawat Inap Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19 Berdasarkan Grafik Barber Johnson Di RS PKU Muhammadiyah Nanggulan. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 10(1), 63. https://doi.org/10.33560/jmiki.v10i1.389
Qian, Y., et al. (2020). Impact of COVID-19 Pandemic on Outpatient Visits of Common Chronic Diseases in Hangzhou, China. Journal of Zhejiang University-SCIENCE B, 21(5), 400–404. https://link.springer.com/article/10.1631/jzus.B2000092
Romawati, E. A. (2022). 841-1530-1-SM. Analisis Kepuasan Pada Pelayanan Klinik Di Masa Pamdemi COVID-19, 7(Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Bina Husada Palembang1,2 Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Bina Husada Palembang3), 269–270.
Sabiq, M. (2023). Analisis Kunjungan Pasien Berdasarkan Usia, Alasan, dan Jenis Pelayanan Sebelum dan Saat Pandemi pada Klinik Pratama Rawat Jalan di Tahun 2018-2021 di Klinik Muhammadiyah Cerme. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surabaya. https://repository.um-surabaya.ac.id/9596/1/PENDAHULUAN%20.pdf
Sari, D. P., & Sari, R. M. (2021). Analisis Perbandingan Jumlah Pasien Sebelum dan Setelah Pandemi COVID-19 di UPT Puskesmas. Jurnal Rekam Medis (Medical Record Journal), 2(2), 1–7. https://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/RMIK/article/download/7679/pdf
Sari, D. P., & Sari, R. M. (2023). Faktor Penurunan Angka Kunjungan Pasien di RS pada Masa Pandemi COVID-19. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(6), 9778–5776. https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/9778/5776
Shofwatunida, & Nurmawaty, D. (2022). 6429-Article Text-21370-1-10-20220829. Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul Kota Harapan Indah Bekasi, 3(Analisis Penerapan Strategi Bauran Pemasaran 7P Untuk Peningkatan Kunjungan Rawat Jalan Di Masa Pandemi COVID-19 Di Klinik Griya Husada Bekasi Tahun 2021).
Wahidah, I., Ilmu, P., Publik, A., Uin, F., Gunung, S., Bandung, D., Barat, J., Andi, M., Prodi, S., Politik, I., Adlie, M. C., Prodi, R., Fitria, N., Prodi, S. H., & Prodi, R. A. (2020). Pandemik Covid-19: Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan COVID-19 Pandemic: Analysis of Government and Community
Planning in Various Prevention Measures. Jurnal Manajemen Dan Organisasi (JMO), 11(3), 179–188.
WHO & UNICEF. (2020). Pelayanan Kesehatan Berbasis Komunitas, Termasuk Penjangkauan dan Kampanye, dalam Konteks Pandemi COVID-19. Retrieved from https://www.who.int/docs/defaultsource/searo/indonesia/covid19/who2019-ncov-comm-health-care-2020-1- eng-indonesianfinal.pdf?sfvrsn=42bf97f9_2
Yasin, F., & Naskah, R. (2021). Evaluasi Pelayanan Antenatal Care Puskesmas Tanon 1 di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi Covid-19 I NFO ARTI K E L AB S TR A K. 6(2), 121–128. http://formilkesmas.respati.ac.id
Yulientinah, D. S., Armiati, S., Mulyanti, K., Nuraini, N. R., & Fathonah, S. (2020). JURNAL MERPATI Media Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pos Indonesia Sosialisasi Penanganan Kesehatan Keluarga Mandiri di Lingkungan Kecamatan Sukasari Kota Bandung. In MERPATI (Vol. 2, Issue 1). https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/merpati
