Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja dengan Ketepatan Pemilihan Produk Kosmetik Pemutih Kulit pada Siswi SMK di Kediri
DOI:
https://doi.org/10.30651/jmu.v2i1.25636Kata Kunci:
Tingkat Pengetahuan, Ketepatan Pemilihan, Kosmetik Pemutih KulitAbstrak
Latar Belakang: Di Indonesia saat ini tidak sedikit masyarakat beranggapan bahwa
perempuan cantik itu mereka yang berkulit putih seperti orang Korea. Obsesi berkulit
putih membuat kalangan remaja putri menempuh berbagai macam cara agar kulitnya
lebih putih daripada sebelumnya. Kepercayaan yang timbul bahwa orang yang berkulit
putih itu cantik dan berkuasa mulai ada sejak penjajahan bangsa Eropa di Asia Selatan
dan Asia Tenggara, karena suatu alasan yaitu ras kulit putih merupakan penguasa dan
ras pribumi setempat merupakan jajahan. Tujuan: Mengetahui hubungan tingkat
pengetahuan remaja dengan ketepatan pemilihan produk kosmetik pemutih kulit pada
siswi SMK di Kediri. Metode: Penelitian ini menggunakan metode cross sectional
dengan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling pada siswi SMK di
Kediri. Hasil: Dari uji analisis menggunakan uji chi square menunjukkan bahwa
adanya hubungan antara tingkat pengetahuan dengan ketepatan pemilihan produk
dengan jumlah responden 62 orang, p value yang didapatkan adalah 0,00 taraf
signifikansi (p<0,05) artinya terdapat hubungan antara variabel independent dan
dependent. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat
pengetahuan siswi dengan ketepatan pemilihan produk kosmetik pemutih kulit pada
siswi SMK di Kediri.
Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan, Ketepatan Pemilihan, Kosmetik Pemutih Kulit
Referensi
Adjeng, A.N.T. et al. (2023) ‘Edukasi Bahan dan Penggunaan Kosmetik yang Aman
di Desa Suka Banjar Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran’, Jurnal Kreativitas
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(1), pp. 89–102. Available at:
https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i1.8041
Amelia, L., Fahmi, K. and Tamrin, S. (2022) ‘Konstruksi Makna Cantik bagi Remaja
Perempuan Pengguna Pemutih Ilegal’, Sosialisasi, 9.
Arikunto, S. (2015) ‘Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka
Cipta.’
Arsitowati, W.H. (2018) ‘Kecantikan Wanita Korea sebagai Konsep Kecantikan
Ideal dalam Iklan New Pond’s White Beauty: What Our Brand Ambassadors Are
Saying’. Available at: https://doi.org/10.14710/humanika.V24I2.17572.
Astri, S. (2018) ‘Gambaran Faktro-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan
Seseorang Berobat Kosmetik Ke Dokter Spesialis Kulit Dan Kelamin Di Kota
Medanpada Tahun 2017’.
Averroesyka, F. (2020) ‘Peran Pemberian Kombinasi Galactomyces Dan Alpha
Arbutin Terhadap Indeks Depigmentasi Kultur Mouse Melanoma B-16 Cell’.
Ayu, B.M. (2022) ‘Hubungan Pengetahuan dan Penggunaan Produk Kosmetik
Pemutih pada Remaja Putri di Kelurahan Girimukti Rangkasbitung’.
Burger, P. et al. (2016) ‘Skin whitening cosmetics: Feedback and challenges in the
development of natural skin lighteners’, Cosmetics, 3(4). Available at:
https://doi.org/10.3390/cosmetics3040036.
Farage, M.A., Maibach, H.I. and Miller, K.W. (2010) ‘Textbook of Aging Skin’.
Haerani, A., Chaerunisa, A.Y. and Subarnas, A. (2018) ‘Antioksidan Untuk Kulit’,
Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jf.v16i2.17789.
Hartini, T. and Haqq, B.N. (2022) ‘Perancangan Animated Infographics Mengenai
Fungsi Niacinamide untuk Kesehatan Kulit untuk generasi Z’, Ikra-Ith Humaniora :
Jurnal Sosial dan Humaniora, 7(1), pp. 71–81. Available at:
https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v7i1.2272.
Herlina and Vestabilivy, E. (2019) ‘Pengaruh Pengetahuan Dan Penggunaan
Kosmetik Pemutih Terhadap Kulit Wajah Mahasiswi STIKes Persada Husada
Indonesia’, Persada Husada Indonesia, Vol 6 No 2. Available at:
https://doi.org/https://doi.org/10.56014/jphi.v6i20.157.
Hilmi, I.L., Rianoor, N.P. and Gatera, V.A. (2022) ‘The Correlation Between
Knowledge and Attitude Toward the Behavior of Choosing Facial Skincare Through
Social Media in One of University in Karawang-West Java’ Students’, Jurnal
Farmasi Indonesia, 19(2), pp. 203–212. Available at:
http://journals.ums.ac.id/index.php/pharmacon.
Keen, M.A. and Hassan, I. (2016) ‘Vitamin E dalam Dermatologi’. Available at:
https://doi.org/10.4103/2229-5178.185494.
Khodijah, S. and Iqbal Fasa, M. (2023) ‘Bauran Pemasaran Syariah pada Kosmetik
Berlabel Halal terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, Implementasi’,
Bauran Pemasaran Syariah pada Kosmetik Berlabel Halal terhadap Keputusan
Pembelian Konsumen, Implementasi, 1(1), pp. 132–144.
Kwan, Y.H. et al. (2014) ‘Handbook of Cosmeceutical Excipients and Their Safeties’.
Lukitasari, W. (2018) ‘Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Dengan Ketepatan
Pemilihan Produk Kosmetik Pemutih Kulit Pada Mahasiswi Universitas Brawijaya
Malang’, Gender and Development, 120(1), pp. 0–22.
Nevia, A. (2021) ‘Hubungan Tingkat Pengetahuan dalam Pemakaian Kosmetik
Pemutih Wajah dengan Resiko Terjadinya Penyakit Kulit pada Remaja Putri di Desa
Pasuruan Rt 01 Rw 08 Lampung Selatan Tahun 2021’, pp. 1–105.
Notoatmodjo, S. (2014) ‘Promosi Kesehatan dan Tepro Aplikasi. Rineka Cipta.
Jakarta.
Notoatmodjo, S. (2018) ‘Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta’.
Obagi, Z. and Kenkel, J. (2014) ‘The Science of Melanogenesis’.
Park, K. (2022) ‘Use of retinoids in dermatology.’, 65(5), p. 299. Available at:
https://doi.org/10.5124/jkma.2022.65.5.299.
Pianto and Aurellia, L. (2022) ‘Sintesis Dan Karakterisasi Devirat Asam Kojik’.
Rosi Andarina and Tantawi Djauhari (2017) ‘ Antioksidan Dalam Dermatologi’,
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 4(1), pp. 39–48.
Rusmadi, S.Z., Ismail, S.N.S. and Praveena, S.M. (2015) ‘Preliminary Study on the
Skin Lightening Practice and Health Symptoms among Female Students in
Malaysia’. Available at: https://doi.org/10.1155/2015/591790.
Ryanda, A., Ibrahim, I. and Adhayanti, I. (2022) ‘Tingkat Pengetahuan Dan Sikap
Remaja SMAN 1 Sidrap Terhadap Pemilihan Dan Penggunaan Kosmetik Krim
Pemutih Wajah’, Jurnal Buana Farma, 2(4), pp. 38–44. Available at:
https://doi.org/10.36805/jbf.v2i4.604.
Saniati, F. and Wilujeng, B.Y. (2020) ‘Analisis Produk Kosmetik Make Up Salah
Satu Merek Global Terhadap Keputusan Pembelian’, Satukan Tekad Menuju
Indonesia Sehat, 09, pp. 457–464.
Sauer, N. et al. (2023) ‘The multiple uses of azelaic acid in dermatology: mechanism
of action, preparations, and potential therapeutic applications.’ Available at:
https://doi.org/10.5114/ada.2023.133955.
Simaremare, E.S. (2019) ‘Analisis Merkuri Dan Hidrokuinon Pada Krim Pemutih
Yang Beredar Di Jayapura’.
Sisti, A., Aryan, N. and Sadeghi, P. (2021) ‘What is Beauty’. Available at:
https://doi.org/10.1007/s00266-021-02288-2.
Sonthalia, S., Daulatabad, D. and Sarkar, R. (2016) ‘Glutathione as a skin whitening
agent: Facts, myths, evidence and controversies’, Indian Journal of Dermatology,
Venereology and Leprology, 82(3), pp. 262–272. Available at:
https://doi.org/10.4103/0378-6323.179088.
Soraya, M.R., Patihul, H. and Insan, S.K. (2017) ‘Cara Menghindari Kosmetik Palsu
dengan Organoleptik’, Majalah Farmasetika, 2(1), pp. 1–11.
Tang, S.C. and Yang, J.H. (2018) ‘Dual effects of alpha-hydroxy acids on the skin’,
Molecules, 23(4), pp. 1–12. Available at:
https://doi.org/10.3390/molecules23040863.
Tranggono, R.I. and Latifah, F. (2014) ‘Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan
Kosmetik’.
Viera Valencia, L.F. and Garcia Giraldo, D. (2019) ‘Perilaku Yang Tepat Dalam
Pemilihan Produk Kosmetik Pemutih Kulit’, Angewandte Chemie International
Edition, 6(11), 951–952., 2, pp. 7–30.
Wulandari, A., Teodhora, T. and Windiarto, H.S. (2024) ‘Gambaran Tingkat
Pengetahuan Terhadap Perilaku Penggunaan Kosmetik Di Jagakarsa Jakarta
Selatan’, Jurnal Inkofar, 7(2), pp. 96–100. Available at:
https://doi.org/10.46846/jurnalinkofar.v7i2.298.
Zonunsanga (2015) ‘Melanocytes and melanogenesis’, Our Dermatology Online,
(3), pp. 350–355. Available at: https://doi.org/10.7241/ourd.20153.94.