HUBUNGAN ANTARA BURNOUT KEGIATAN AKADEMIK DENGAN INDEKS PRESTASI PADA MAHASISWA PREKLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30651/jmu.v2i2.25592Kata Kunci:
Burnout akademik, Indeks Prestasi, BurnoutAbstrak
Latar Belakang: Preklinik merupakan salah satu tahapan yang harus di lewati mahasiswa kedokteran sebelum menjadi dokter. Mahasiswa Kedokteran seringkali mengalami tekanan yang tinggi akibat padatnya jadwal perkuliahan, jumlah materi yang banyak pada satu pertemuan dan ujian-ujian yang di tempuh pada saat akhir blok. Presentase burnout pada mahasiswa kedokteran sebesar 29.5% dan di dunia sebesar 44.2%, dari hal tersebut dapat mempengaruhi indeks prestasi yang di dapat mahasiswa. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara burnout kegiatan akademik dengan indeks prestasi pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya. Metode: penelitian ini mengunakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross- sectional dengan teknik stratified random sampling. Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu mahasiswa dari angkatan 2021, 2022, dan 2023 yang belum mengikuti ujian exit exam dan tidak megajukan cuti akademik. Minimal responden yang dibutuhkan yakni 176 responden, dan hasil responden yang mengisi kuesioner sebesar 194 responden. Namun peneliti hanya mengambil 60 responden acak tiap angkatan dengan total 180 responden. Hasil: Hasil analisis bivariat dengan uji chi-square dengan taraf kepercayaan p> 0,05 untuk mengetahui hubungan antara burnout kegiatan akademik dengan indeks prestasi. Dan dari hasil persilangan tersebut diperoleh p = 0.350 pada exhaustion, p = 0.051 pada depersonalisasi, dan p = 0.312 untuk professional efficacy. Kesimpulan: penelitian ini disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara burnout kegiatan akademik dengan indeks prestasi pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Referensi
Bianca, N. et al. (2021) “GAMBARAN KUALITAS TIDUR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA PADA TAHAP PREKLINIK DAN KLINIK,” FEBRUARI, 10(2), pp. 31–36. Available at: https://doi.org/10.24843.MU.2021.V10.i2.P06.
Catur, M.M.P., Rahmatika, A. and Oktaria, D. (2018) “Faktor-Faktor yang Memengaruhi Prestasi Akademik pada Mahasiswa Kedokteran Tahap Preklinik,” JIMKI, 6(2), pp. 109–116.
Dani Feriyanto, D. et al. (2019) “HUBUNGAN TINGKAT STRES TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN Relationship Level Of Stress With Cumulative Achievement Index Of Medical Faculty Students.”
Dianti, N.A. and Findyartini, A. (2019) “Hubungan Tipe Motivasi terhadap Kejadian Burnout pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada Masa Transisi dari Pendidikan Preklinik ke Klinik Tahun 2018 The Relationship between Type of Motivation and Burnout in Medical Student during Transition from Preclinical to Clinical Stages in Universitas Indonesia 2018,” Ardi Findyartini eJKI, 7(2). Available at: https://doi.org/10.23886/ejki.7.10771.
Dyantari, K.R. and Simarmata, N. (2024) “Pengaruh Konflik Peran dan Ketabahan Terhadap Burnout Akademik Pada Mahasiswa Organisatoris di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(5), pp. 491–504. Available at: https://doi.org/10.5281/zenodo.10530772.
Elisabhet, T., Yani S, A. and Putri, Y.S.E. (2023) “FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN EFIKASI DIRI MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM PEMBELAJARAN DI MASA TRANSISI PANDEMI COVID-19,” jurnal keperawatan, 15, pp. 1445–1454.
Faradila, R., Pramono, A. and Firmansyah, M. (2019) “Hubungan Motivasi dan Strategi Belajar Terhadap Indeks Prestasi Semester Mahasiswa Kedokteran,” pp. 1–7.
Fatihah, A.A. (2023) Hubungan Sindrom Burnout Terhadap Indeks Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Selama Pembelajaran Daring. Unoversitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Firdaus, A. et al. (2021) HANG TUAH MEDICAL JOURNAL Potensi Kejadian Burnout pada Mahasiswa Kedokteran di Masa Pandemi Covid-19, HTMJ. Available at: www.journal-medical.hangtuah.ac.id.
Inzaghi, D.R. (2024) Hubungan Dimensi Burnout dengan Indeks Prestasi pada Seluruh Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan Tahun Akademik 2022/2023. Undergraduate Thesis. Universitas Pasundan.
Jafri, S.A.M., Zaidi, E. and Aamir, I.S. (2017) “A Neurophysiological Test May Help Diagnosing Unclear Cases by Sören Nielzén,” iMedPub Journals, 3, pp. 1–6. Available at: https://doi.org/10.4172/2469-6676.100080.
Kurnia, H. (2014) “PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA UNIVERSITAS COKROAMINOTO YOGYAKARTA,” Academy Of Education Journal. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5, pp. 91–103.
Lestari, P. and Lestari, D. (2023) GAMBARAN KEJADIAN SINDROM BURNOUT PADA MAHASISWA FISIOTERAPI DI POLTEKKES KEMENKES JAKARTA III, Jurnal Fisioterapi dan Kesehatan Indonesia.
Mäkikangas, A. et al. (2014) “Association between vigor and exhaustion during the workweek: A person-centered approach to daily assessments,” Anxiety, Stress and Coping, 27(5), pp. 555–575. Available at: https://doi.org/10.1080/10615806.2013.860968.
Marfiyah, S. et al. (2023) “Hubungan Active Learning Dan Critical Thinking Dengan IPK,” 1(4), pp. 60–84. Available at: https://doi.org/10.59680/anestesi.v1i4.511.
Maulida, S.R., Handoko, W. and Pratiwi, S.E. (2016) “HUBUNGAN TINGKAT GEJALA DEPRESI DAN INDEKS PRESTASI (IP) PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA,” pp. ii–16.
Mochtar, F., Ekayanti, F. and Prasetiyawan (2022) GAMBARAN TINGKAT INTENSITAS BELAJAR TERHADAP. Undergraduate Thesis. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Novianti, R. (2021) “Academic Burnout pada Proses Pembelajaran Daring,” Jurnal Kesehatan Perintis, 8, pp. 128–133.
Putri, B.V.F.M., Amalia, E. and Sari, D.P. (2021) “HUBUNGAN ANTARA BURNOUT DAN KUALITAS TIDUR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM,” LPPM Universitas Mataram, 3.
Putri, C.P., Mayangsari, M.D. and Rusli, D.R. (2018) PENGARUH STRES AKADEMIK TERHADAP ACADEMIC HELP SEEKING PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNLAM DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF RENDAH THE INFLUENCE OF ACADEMIC STRESS ON ACADEMIC HELP SEEKING AMONG PSYCHOLOGY STUDENT OF UNLAM WITH LOW GRADE POINT AVERAGE, Jurnal Kognisia.
Ramadhani, S. and Siregar, I. (2024) “Hubungan Tingkat Stress Dengan Indeks Prestasi Pada Mahasiswa Semester Akhir Program Studi Farmasi Fakultas Farmasi Dan Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutiara Indonesia,” Journal on Education, 06(03), pp. 16122–16127.
Sagita, D.D. and Meilyawati, V. (2021) “Tingkat Academic Burnout Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19,” Nusantara of Research : Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8(2), pp. 104–119. Available at: https://doi.org/10.29407/nor.v8i2.16048.
Suha, Y., Nauli, F.A. and Karim, D. (2022) “GAMBARAN BURNOUT PADA MAHASISWA JURUSAN KEPERAWATAN,” Community of Publishing in Nursing (COPING), 10.
Veni Fidia Mandasari Putri, B., Amalia, E. and Puspita Sari, D. (2021) “HUBUNGAN ANTARA BURNOUT DAN KUALITAS TIDUR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM,” LPPM Universitas Mataram, 3.
Yang, H. et al. (2022) “Migraine among students of a medical college in western China: a cross-sectional study,” European Journal of Medical Research, 27(1). Available at: https://doi.org/10.1186/s40001-022-00698-9.
Yusriyyah, S. et al. (2023) “HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA,” 4, pp. 25–34. Available at: http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/IJNHS.
