HUBUNGAN ANEMIA DALAM KEHAMILAN TERHADAP TERJADINYA PENDARAHAN POSTPARTUM DI RSI KALIANGET

Penulis

  • Riza Ela Riana Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Eko Nursucahyo Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Enik Srihartati Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Muhammad Anas Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/jmu.v2i02.23052

Kata Kunci:

anemia, pendarahan postpartum, kehamilan

Abstrak

Latar Belakang: Data WHO (2019) AKI sangat tinggi. Komplikasi utama yang menyebabkan kematian sekitar 75% diantaranya pendarahan yang cukup parah (sebagian besar terjadi saat pasca persalinan). Perdarahan postpartum adalah kehabisan darah lebih dari 500 ml melalui jalan lahir yang terjadi selama ataupun setelah kala III persalinan. Pendarahan postpartum primer terjadi di 24 jam pertama. Salah satu penyebab terjadinya pendarahan posrtpartum adalah anemia. Dampak negatif dari anemia yang tinggi seperti: hambatan dan gangguan pertumbuhan di sel otak maupun tubuh, kurangnya Hb didalam darah dapat mengurangi oksigen yang dibawa ke sel otak maupun tubuh. Ibu hamil yang anemia berisiko mengalami pendarahan postpartum. Tujuan: untuk mengetahui hubungan antara anemia dalam kehamilan terhadap pendarahan postpartum di RSI Kalianget. Metode: Penelitian ini menggunakan metode case control atau retrospective dengan teknik pengambilan sampel probability sampling dengan tipe simple random sampling pada ibu bersalin di RSI Kalianget Pada Tahun 2021-2022. Instrumen pengumpulan data menggunakan rekam medis dan analisis data menggunakan uji Mann-whitney. Hasil: Hasil dari analisis bivariat dengan uji Mann-Whitney didapatkan bahwa anemia dalam kehamilan berhubungan dengan kejadian pendarahan postpartum (p-value = 0,001) di RSI Kalianget. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara anemia dalam kehamilan dengan terjadinya pendarahan postpartum.

Referensi

Anemia, H. et al. (2022) “BIOGRAPH-I : Journal of Biostatistics and Demographic Dynamic Hubungan Anemia Selama Kehamilan Dengan Kejadian Perdarahan Postpartum Pada Ibu Bersalin di Indonesia :,” 2(1). doi: 10.19184/biograph-i.v2i2.34364.

Cookson, M. D. dan Stirk, P. M. R. (2019) “Hubungan Anemia dan Paritas dengan kejadian perdarahan post partum di Rumah sakit Wisma Rini Pringsewu,” hal. 1–5.

Dharmadi, B. I. (2020) “Hubungan Kejadian Perdarahan Postpartum di RB Harapan Kita Buntoro Indra Dharmadi Rumah Bersalin Harapan Kita Bandung,” Jurnal Bimtas, 3, hal. 10–19.

Fasha, N. L. dan Rokhanawati, D. (2019) “Hubungan anemia dalam kehamilan dengan kejadian perdarahan postpartum di RSU PKU Muhammadiyah Bantul tahun 2018,” Jurnal Riset Kebidanan Indonesia, 3(2), hal. 102–105. doi: 10.32536/jrki.v3i2.63.

Frisca Dewi Yunadi, Rochany Septiyaningsih, Rully Andhika (2019) “Hubungan Anemia Dengan Kejadian Perdarahan Pasca Persalinan,” Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, 12(2), hal. 47–52. doi: 10.36746/jka.v12i2.39.

Hayati, S. dan Amelia, M. (2019) “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perdarahan Postpartum Primer ( Studi Kasus : RSUD Kota Bandung ),” 7(2), hal. 333–342.

IPDN (2019) “Bahan Kuliah Statistik,” hal. 1–15.

Maesaroh, S. dan Iwana, I. P. (2018) “Hubungan Riwayat Anemia Dan Jarak Kelahiran Dengan Kejadian Perdarahan Postpartum Di Rsud Dr. H. Abdul Moeloek,” Midwifery Journal: Jurnal Kebidanan UM. Mataram, 3(1), hal. 21. doi: 10.31764/mj.v3i1.120.

Nugroho, F. L. et al. (2020) “Relationship of Anemia in Pregnancy with Postpartum Hemorrhage in Jombang Regional Hospital,” Indonesian Journal of Medical Sciences and Public Health, 1(1), hal. 1–6. doi: 10.11594/ijmp.01.01.01.

Postpartum, P. (2017) “Artikel penelitian,” hal. 163–168.

Pubu, Z. M. et al. (2021) “Factors affecting the risk of postpartum hemorrhage in pregnant women in tibet health facilities,” Medical Science Monitor, 27, hal. 1–9. doi: 10.12659/MSM.928568.

Putri, U. F. W. (2016) “Hubungan Anemia dalam kehamilan dengan kejadian perdarahan post partum primer di RSUD Sampang Tahun 2015,” Skripsi, hal. 2016.

Rahman, M. A., Noor, M. S. dan Nizomy, I. R. (2019) “Hubungan Antara Cara Persalinan dan Riwayat Hipertensi Dengan Kejadian Perdarahan Pasca-Salin Di Rsud Ulin Banjarmasin Periode Januari 2018 – Juni 2019,” Homeostasis, 3 No 3, hal. 455–460.

Salsabila, F. (2020) “Hubungan Anemia Pada Kehamilan Dengan Kejadian Perdarahan Postpartum Di Rsia Sitti Khadijah I Muhammadiyah Makassar Tahun 2018,” Repository UNHAS, (November), hal. 43. Tersedia pada: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/1368.

Sanjaya, R. dan Fara, Y. D. (2021) “Usia , Paritas , Anemia Dengan Kejadian Perdarahan Postpartum,” 5(1), hal. 33–37.

Studi, P. et al. (2017) “DENGAN KEJADIAN PERDARAHAN POSTPARTUM.”

Wahyuny, R. et al. (2017) “Hubungan Anemia Pada Ibu Hamil Dengan Kejadian Perdarahan Post Partumprimer Di Rsud Rokan Hulu,” Hubungan Anemia Pada Ibu Hamil Dengan kejadian Perdarahan Post Partumprimer Di Rsud Rokan Hulu, hal. 154–160.

Abidin, R., Sumriyeh, S., & Asy’ari, A. (2022). Metode Pembelajaran Berbasis 3r (Reuse, Reduce, Recycle) dalam Upaya Memperdayakan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 222–231. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1732

Asy’ari, A., Dian Qonita, & Hefi Rusnita Dewi. (2021). Kelas Elite (Environmental Literacy) Anak Binaan Melalui Kegiatan Pembelajaran di Taman Baca Alam (TBA) Desa Sambogunung. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(3), 119–128. https://doi.org/10.36312/sasambo.v3i3.505

Asy’ari, A., Saefi, M., & Cholid, F. (2023). Strategi PQ4R Strategi PQ4R Terintegrasi Model Team Quiz Berbasis E-Learning dalam Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis dan Aktivitas Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 6(1), 80–98. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v6i1.5304

Daesusi, R., Riest, A., Arimurti, R., & Fahrzi, G. (2022). Status Terinfeksi Ektoparasit pada Kucing Kampung (Felis silvestris catus) Liar di Desa Waru Barat Kota Pamekasan. Jurnal Pedago Biologi, 10(1), 252–257. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Biologi/article/view/14433

Fauzy, A., & Asy’ari. (2020). Studi Etnobotani Tanaman Obat di Wilayah Jawa Timur dan Pemanfaatannya Sebagai Media Edukasi Masyarakat Berbasis Website. Jurnal Pedago Biologi, 8(2), 46–52. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Biologi/article/view/9333/4112#

Firdaus, Z., Listiana, L., Gayatri, Y., & Asy’ari, A. (2022). Penerapan discovery learning dalam melatih keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan motivasi siswa Miftahuddeen School, Nathawee District, Thailand. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.22219/jppg.v3i1.24003

Hidayah, E. N., & Listiana, L. (2019). Uji Daya Anti Nyamuk Culex Sp Paper-Mat Dari Serbuk Daun Bahagia (Dieffenbachia Bowmanii). Pedago Biologi, 6(2), 22–30.

Ismail, A. A., & Suharti, P. (2021). PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN SEDUHAN UMBI BAWANG PUTIH (Allium sativum) DAN LIDAH BUAYA (Aloe vera L.) SEBAGAI BIOPESTISIDA ALAMI TERHADAP AKTIFITAS HAMAJANGKRIK (Tarbinskiellus portentosus) SERTA IMPLEMENTASINYA SEBAGAI EDUKASI MASYARAKAT. Jurnal Pedago Biolog, 9(2), 1–8.

Juniawan, M. F., & Wikanta, W. (2023). The Effect of the Jigsaw Learning Model in Animal Tissue and Body Structure Courses on Student Problem Solving Ability. 9(4), 2042–2046. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3129

Kartika, P. C., Daesusi, R., & Farichah, H. (2020). Ekoliterasi Masyarakat Stren Kali Kelurahan Karangpilang Kota Surabaya Menuju New Reality Era Pandemi Covid-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 401–409. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1097

Krisnawati, Dwi Ayu, P. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Investigation Based Scientific Colaborative (IBSC) Untuk Melatih Keterampilan Bertanya dan Keterampilan Kolaborasi Pada Siswa SMA. Jurnal Pedago Biologi, 8(2), 26–34.

Kustianingrum, A. R., Lailatul Amaliyah, I. T., Ghonim, M. I., Azzuhroh, H. I., & Asy’ari, A. (2021). Plester Hidrogel Dari Ekstrak Daun Sidaguri Upaya Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Gangren Pada Penderita Diabetes Melitus Sebagai Edukasi Masyarakat. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(3), 255–261. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i3.10016

Listiana, L., & Bahri, A. (2019). Empowering student’s creative thinking skill in biology classroom: Potential of group investigation combined with think talk write (gittw) strategy. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3), 477–483. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7370

Listiana, L., Daesusi, R., & Soemantri, S. (2019). Peranan metakognitif dalam pembelajaran dan pengajaran biologi di kelas. Symposium of Biology Education (Symbion), 2(December 2019). https://doi.org/10.26555/symbion.3504

Listiana, L., Raharjo, & Hamdani, A. S. (2020). Enhancing self-regulation skills through group investigation integrated with think talk write. International Journal of Instruction, 13(1), 915–930. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13159a

Lutfiah, I., Suharti, P., & Asy’ari, A. (2021). Improving Students’ Creative Thinking Skills through the IBSC (Investigation Based Scientific Collaborative) Learning Model Based on E-Learning. SEJ (Science Education Journal), 5(2), 85–97. https://doi.org/10.21070/sej.v5i2.1572

Mariyanti, S., Gayatri, Y., & Wikanta, W. (2022). Pengembangan Atlas Klasifikasi Hewan Vertebrata Berbasis Sumber Daya Hayati Lokal Sebagai Sumber Belajar Biologi Di Sekolah. Journal of Science, Education, and Studies, 01(1), 1–9.

Nailun, L., Gayatri, Y., & Suharti, P. (2022). Pembelajaran Modifikasi CAM ( Concept Attainment Model ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Al- Ishlah Sendangagung Universitas Muhammadiyah Surabaya , ABSTRAK Kata kunci : CAM ( Concept Attainment Model ), Keteram. 10(2), 88–102.

Ridlwan, M., & Ri, A. ’. (2021). PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume 7 Nomor 2 Agustus 2021 KEBIJAKAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR 3 NEGARA (SINGAPUR, JEPANG, KOREA SELATAN) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR INDONESIA. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 141–149.

Sugiharti, N., & Gayatri, Y. (2021). Profil kemampuan berpikir kritis siswa SMA Muhammadiyah Kota Surabaya pada pembelajaran biologi. Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 34–40.

Suriansyah, A., Agusta, A. R., & Setiawan, A. (2021). Model Blended learning ANTASARI untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 90. https://doi.org/10.20527/jee.v2i2.4102

Ulva, Q., & Deususi, R. (2021). Pemanfaatan Daun Gamal (Gliricidia Sepium) Sebagai Biokatalisator Alami Dalam Pemeraman Buah Pisang Kepok Kuning. Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 21–26.

Wahono, W., Asy’ari, Abidin, R., & Hermoyo, R. P. (2023). Transformasi Digital Kampung UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Kreatif Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 156–164. https://doi.org/10.37802/society.v3i2.305

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-22