PENGABDIAN MASYARAKAT PENINGKATAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG KATARAK MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI RS MUHAMMADIYAH LAMONGAN

Penulis

  • Adisty Nadiatul Mufliha Faculty of Medicine, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
  • Nadia Tarina Sabila Faculty of Medicine, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
  • Nabila Rahma Ayu Irawati Faculty of Medicine, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
  • Rini Kusumawardhany Faculty of Medicine, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
  • Emeralda Brilian Agnia RSU Dr. Wahidin Sudirohusodo Mojokerto
  • Rifqi Dharianta RSU Dr. Wahidin Sudirohusodo Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.30651/jmu.v2i02.23050

Kata Kunci:

Konseling, katarak, prevalensi

Abstrak

Latar Belakang: Data Riset Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2013 menunjukkan prevalensi katarak termasuk katarak senilis ditemukan sebesar 1,8% dengan angka kejadian 0,1%. Metode: Penyuluhan menggunakan metode demonstrasi dengan poster dan diskusi. Cara ini digunakan untuk mengedukasi masyarakat sekitar RSUDMuhammadiyah Lamongan tentang pentingnya memahami tanda dan gejala katarak.  Penyuluhan dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Hasil: Sebagian besar partisipan adalah wanita berusia di atas 65 tahun, menderita diabetes mellitus, bekerja sebagai pedagang dan petani yang sehari-harinya terpapar sinar ultraviolet. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan masih banyak peserta yang belum memahami tentang

katarak.

Kesimpulan: Masih banyak peserta yang belum memahami tentang katarak. Penyuluhan kesehatan tentang pengertian, jenis, gejala dan pencegahan disertai pemeriksaan skrining dan diskusi diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan tentang katarak di masyarakat.

Referensi

Alfiani, N., Yulifah, R., & Sutriningsih, A. (2017). Hubungan pengetahuan diabetes melitus dengan gaya hidup pasien diabetes melitus di Rumah sakit tingkat II dr. Soepraoen Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(2).

Anisa, F. A. (2018). Lensa dan Katarak. Departemen Ilmu Kesehatan Mata, Fakultas

Kedokteran Universitas Padjadjaran, Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung.

Astari, P. (2018). Katarak: Klasifikasi, Tatalaksana, dan Komplikasi Operasi. Cermin Dunia Kedokteran, 45(10), 748–753

de Salles Oliveira, R. de S. C., Temporini, E. R., José, N. K., Carricondo, P. C., & José, A.

C. K. (2005). PERCEPTIONS OF PATIENTS ABOUT CATARACT. Clinics, 60(6), 455–460. https://doi.org/10.1590/S1807-59322005000600005

Dewi, N., & Afrilla, N. (2011). PERAN OPINION LEADER DALAM MEMBERIKAN PEMAHAMAN INFORMASI KEPADA MASYARAKAT KECAMATAN MALINGPING

(Studi Kasus Kegiatan Operasi Katarak Gratis Tahun 2010 0leh RSUD Malingping, di

Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak) (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Hall, J. E. (2015). Guyton and Hall Textbook of Medical Physiology (Edisi ke-13). London, England: W B Saunders

Harun, H. M., Abdullah, Z. and Salmah, U. (2020) “Pengaruh Diabetes, Hipertensi, Merokok

dengan Kejadian Katarak di Balai Kesehatan Mata Makassar,” Jurnal Kesehatan Vokasional, 5(1), p. 45. doi: 10.22146/jkesvo.52528.

Ikatan Dokter Indonesia. (2022). Panduan Praktik Klinis bagi Dokter di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer. Jakarta: Ikatan Dokter Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Pedoman Nasional Pelayanan

Kedokteran Tata Laksana Katarak Pada Dewasa

Kemenkes RI (2018) Peta Jalan Penanggulangan gangguan penglihatan di Indonesia Tahun 2017-2030, 2019. Available at: http://www.p2ptm.kemkes.go.id/dokumen-ptm/buku- peta-jalan-penanggulangan-gangguan-penglihatan-di-indonesia-tahun-2017-2030.

Lai, K., Cui, J., Ni, S., Zhang, Y., He, J., & Yao, K. (2013). The Effects of Postmenopausal Hormone Use on Cataract: A Meta-Analysis. PLoS ONE, 8(10), e78647. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0078647

Newman-Casey, P. A., Ravilla, S., Haripriya, A., Palanichamy, V., Pillai, M., Balakrishnan, V., & Robin, A. L. (2015). The Effect of Counseling on Cataract Patient Knowledge, Decisional Conflict, and Satisfaction. Ophthalmic Epidemiology, 22(6), 387–393. https://doi.org/10.3109/09286586.2015.1066016

Qurrat, D., & Silvia, M. (2018). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Keluarga dengan Perawatan Post Operasi Katarak Di Poli Mata Rsud Pariaman. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 09(2), 108–113.

Riordan-Eva, P., & Augsburger, J. J. (2017). Vaughan & Asbury’s General Ophthalmology (Edisi ke-19). New York: McGraw-Hill Education.

Sherwood, L. (2014). Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem (Edisi ke-8). Jakarta : Buku Kedokteran EGC

Saherna, J., Hadrianti, D., & Misdayanti, M. (2021). Efektivitas Health Education Pada Pasien Diabetes Melitus Terhadap Pencegahan Risiko Infeksi Pasca Operasi Katarak. Jurnal Keperawatan Suaka Insan (Jksi), 6(2), 98–104.

Siswoyo, S., Susuma, L. A. and Rahayu, S. (2018) ‘Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan

Upaya Pencegahan Penyakit Glaukoma pada Klien Berisiko di Wilayah Kerja

Puskesmas Jenggawah Kabupaten Jember’, Pustaka Kesehatan, 6(2), p. 286. doi: 10.19184/pk.v6i2.7773.

Tanziha, I. et al. (2019) “Window of Health : Jurnal Kesehatan , Vol . 1 No . 2 (April , 2018) 90 | Penerbit : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia Window of Health : Jurnal Kesehatan , Vol . 1 No . 2 ( April , 2018 ) 91 | Penerbit : Fakultas

Kesehatan Masya,” Kesehatan, 1(2), pp. 90–96.

Tegar. (2019). Katarak Penyumbang Kebutaan Tertinggi di Jawa Timur.

Www.m.Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/surabaya/read/4084377/katarak- penyumbang-kebutaan-tertinggi-di-jawatimur

Zahro, N. S. R. I. (2020). Pengaruh Derajat Merokok Terhadap Kejadian Katarak di Poli

Mata Rumah Sakit Petrokimia Gresik Driyorejo. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abidin, R., Sumriyeh, S., & Asy’ari, A. (2022). Metode Pembelajaran Berbasis 3r (Reuse, Reduce, Recycle) dalam Upaya Memperdayakan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 222–231. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1732

Asy’ari, A., Dian Qonita, & Hefi Rusnita Dewi. (2021). Kelas Elite (Environmental Literacy) Anak Binaan Melalui Kegiatan Pembelajaran di Taman Baca Alam (TBA) Desa Sambogunung. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(3), 119–128. https://doi.org/10.36312/sasambo.v3i3.505

Asy’ari, A., Saefi, M., & Cholid, F. (2023). Strategi PQ4R Strategi PQ4R Terintegrasi Model Team Quiz Berbasis E-Learning dalam Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis dan Aktivitas Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 6(1), 80–98. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v6i1.5304

Daesusi, R., Riest, A., Arimurti, R., & Fahrzi, G. (2022). Status Terinfeksi Ektoparasit pada Kucing Kampung (Felis silvestris catus) Liar di Desa Waru Barat Kota Pamekasan. Jurnal Pedago Biologi, 10(1), 252–257. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Biologi/article/view/14433

Fauzy, A., & Asy’ari. (2020). Studi Etnobotani Tanaman Obat di Wilayah Jawa Timur dan Pemanfaatannya Sebagai Media Edukasi Masyarakat Berbasis Website. Jurnal Pedago Biologi, 8(2), 46–52. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Biologi/article/view/9333/4112#

Firdaus, Z., Listiana, L., Gayatri, Y., & Asy’ari, A. (2022). Penerapan discovery learning dalam melatih keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan motivasi siswa Miftahuddeen School, Nathawee District, Thailand. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.22219/jppg.v3i1.24003

Hidayah, E. N., & Listiana, L. (2019). Uji Daya Anti Nyamuk Culex Sp Paper-Mat Dari Serbuk Daun Bahagia (Dieffenbachia Bowmanii). Pedago Biologi, 6(2), 22–30.

Ismail, A. A., & Suharti, P. (2021). PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN SEDUHAN UMBI BAWANG PUTIH (Allium sativum) DAN LIDAH BUAYA (Aloe vera L.) SEBAGAI BIOPESTISIDA ALAMI TERHADAP AKTIFITAS HAMAJANGKRIK (Tarbinskiellus portentosus) SERTA IMPLEMENTASINYA SEBAGAI EDUKASI MASYARAKAT. Jurnal Pedago Biolog, 9(2), 1–8.

Juniawan, M. F., & Wikanta, W. (2023). The Effect of the Jigsaw Learning Model in Animal Tissue and Body Structure Courses on Student Problem Solving Ability. 9(4), 2042–2046. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3129

Kartika, P. C., Daesusi, R., & Farichah, H. (2020). Ekoliterasi Masyarakat Stren Kali Kelurahan Karangpilang Kota Surabaya Menuju New Reality Era Pandemi Covid-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 401–409. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1097

Krisnawati, Dwi Ayu, P. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Investigation Based Scientific Colaborative (IBSC) Untuk Melatih Keterampilan Bertanya dan Keterampilan Kolaborasi Pada Siswa SMA. Jurnal Pedago Biologi, 8(2), 26–34.

Kustianingrum, A. R., Lailatul Amaliyah, I. T., Ghonim, M. I., Azzuhroh, H. I., & Asy’ari, A. (2021). Plester Hidrogel Dari Ekstrak Daun Sidaguri Upaya Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Gangren Pada Penderita Diabetes Melitus Sebagai Edukasi Masyarakat. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(3), 255–261. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i3.10016

Listiana, L., & Bahri, A. (2019). Empowering student’s creative thinking skill in biology classroom: Potential of group investigation combined with think talk write (gittw) strategy. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3), 477–483. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7370

Listiana, L., Daesusi, R., & Soemantri, S. (2019). Peranan metakognitif dalam pembelajaran dan pengajaran biologi di kelas. Symposium of Biology Education (Symbion), 2(December 2019). https://doi.org/10.26555/symbion.3504

Listiana, L., Raharjo, & Hamdani, A. S. (2020). Enhancing self-regulation skills through group investigation integrated with think talk write. International Journal of Instruction, 13(1), 915–930. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13159a

Lutfiah, I., Suharti, P., & Asy’ari, A. (2021). Improving Students’ Creative Thinking Skills through the IBSC (Investigation Based Scientific Collaborative) Learning Model Based on E-Learning. SEJ (Science Education Journal), 5(2), 85–97. https://doi.org/10.21070/sej.v5i2.1572

Mariyanti, S., Gayatri, Y., & Wikanta, W. (2022). Pengembangan Atlas Klasifikasi Hewan Vertebrata Berbasis Sumber Daya Hayati Lokal Sebagai Sumber Belajar Biologi Di Sekolah. Journal of Science, Education, and Studies, 01(1), 1–9.

Nailun, L., Gayatri, Y., & Suharti, P. (2022). Pembelajaran Modifikasi CAM ( Concept Attainment Model ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Al- Ishlah Sendangagung Universitas Muhammadiyah Surabaya , ABSTRAK Kata kunci : CAM ( Concept Attainment Model ), Keteram. 10(2), 88–102.

Ridlwan, M., & Ri, A. ’. (2021). PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume 7 Nomor 2 Agustus 2021 KEBIJAKAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR 3 NEGARA (SINGAPUR, JEPANG, KOREA SELATAN) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR INDONESIA. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 141–149.

Sugiharti, N., & Gayatri, Y. (2021). Profil kemampuan berpikir kritis siswa SMA Muhammadiyah Kota Surabaya pada pembelajaran biologi. Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 34–40.

Suriansyah, A., Agusta, A. R., & Setiawan, A. (2021). Model Blended learning ANTASARI untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 90. https://doi.org/10.20527/jee.v2i2.4102

Ulva, Q., & Deususi, R. (2021). Pemanfaatan Daun Gamal (Gliricidia Sepium) Sebagai Biokatalisator Alami Dalam Pemeraman Buah Pisang Kepok Kuning. Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 21–26.

Wahono, W., Asy’ari, Abidin, R., & Hermoyo, R. P. (2023). Transformasi Digital Kampung UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Kreatif Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 156–164. https://doi.org/10.37802/society.v3i2.305

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-21