Hubungan Antara Derajat Keparahan Akne Vulgaris dengan Kualitas Hidup Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya

Penulis

  • Sutrisno Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • R Zhenia Islami Wahyuningrum Program Studi S-1 Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Yuli Wahyu Rahmawati Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Syafarinah Akil Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/jmu.v2i02.23046

Kata Kunci:

akne, akne vulgaris, derajat keparahan, kualitas hidup

Abstrak

Latar belakang : Akne vulgaris merupakan peradangan kronis yang terjadi pada folikel polisebasea. Kondisi tersebut berdampak negatif pada psikologis dan  kehidupan sosial penderitanya. Akne vulgaris berdampak lebih buruk pada usia dewasa dibandingkan dengan usia remaja. Akne vulgaris dapat mempengaruhi kualitas hidup penderitanya termasuk mahasiswa kedokteran yang memiliki tingkat stressor tinggi.

Tujuan : Menganalisis  hubungan antara derajat keparahan akne vulgaris dengan kualitas hidup pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Metode: Menggunakan metode observasional analitik dengan desain cross-sectional dan teknik purposive sampling, didapatkan sampel sebanyak 40 orang mahasiswa. Instrumen penelitian adalah Lehmann's Grading System untuk menilai tingkat keparahan akne vulgaris  dan  Cardiff Acne Disability Index (CADI) untuk menilai kualitas hidup penderita akne vulgaris. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Rank Spearman.

Hasil: Gambaran umum akne vulgaris pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya paling banyak memiliki derajat keparahan ringan (80%) dengan gangguan kualitas hidup terganggu ringan (50%). Korelasi antara keparahan akne vulgaris dengan kualitas hidup didapatkan nilai p-value = 0,001 (p<0,05) dengan koefisien r = 0,496.

Kesimpulan: Terdapat hubungan antara derajat keparahan dengan kualitas hidup mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya. Semakin tinggi derajat keparahan akne vulgaris maka semakin tinggi pula gangguan kualitas hidup mahasiswa yang menderita akne vulgaris.

Referensi

Dreno, B., Bagatin, E., Blume-Peytavi, U., Rocha, M., & Gollnick, H. (2018). Female type of adult acne: Physiological and psychological considerations and management. JDDG - Journal of the German Society of Dermatology, 16(10), 1185–1194. https://doi.org/10.1111/ddg.13664

Gieler, U., Gieler, T., & Kupfer, J. P. (2015). Acne and quality of life - Impact and management. Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology, 29(S4), 12–14. https://doi.org/10.1111/jdv.13191

Gupta, A., Sharma, Y. K., Dash, K. N., Chaudhari, N. D., & Jethani, S. (2016). Quality of life in acne vulgaris: Relationship to clinical severity and demographic data. Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology, 82(3), 292–297. https://doi.org/10.4103/0378-6323.173593

Hazarika, N., & Rajaprabha, R. K. (2016). Assessment of Life Quality Index Among Patients with Acne Vulgaris in a Suburban Population. Indian Journal of Dermatology, 61(2), 163–168. https://doi.org/10.4103/0019-5154.177758

Hosthota, A., Bondade, S., & Basavaraja, V. (2016). Impact of acne vulgaris on quality of life and self-esteem. Cutis, 98(2), 121–124.

Indramaya, D. M., Umborowati, M. A., Manuputty, A. G., Widiatma, R. R., Lydiawati, E., Setyaningrum, T., & Rahmadewi. (2019). Kualitas Hidup Pasien Dewasa Muda dengan Akne Vulgaris Derajat Sedang di Indonesia. Periodical of Dermatology and Venereology, 31(3), 210–2015.

Koku Aksu, A. E., Metintas, S., Saracoglu, Z. N., Gurel, G., Sabuncu, I., Arikan, I., & Kalyoncu, C. (2012). Acne: Prevalence and relationship with dietary habits in Eskisehir, Turkey. Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology, 26(12), 1503–1509. https://doi.org/10.1111/j.1468-3083.2011.04329.x

Lestari, R. T., Gifanda, L. Z., Kurniasari, E. L., Harwiningrum, R. P., Kelana, A. P. I., Fauziyah, K., Widyasari, S. L., Tiffany, T., Krisimonika, D. I., Salean, D. D. C., & Priyandani, Y. (2020). Perilaku Mahasiswa Terkait Cara Mengatasi Jerawat. Jurnal Farmasi Komunitas, 8(1), 15. https://doi.org/10.20473/jfk.v8i1.21922

Lynn, D., Umari, T., Dellavalle, R., & Dunnick, C. (2016). The epidemiology of acne vulgaris in late adolescence. Adolescent Health, Medicine and Therapeutics, 13. https://doi.org/10.2147/ahmt.s55832

Mohamad Khalid Khalid, L. K., & Dina Arwina Dalimunthe. (2023). Level of Knowledge on Acne Vulgaris and Its Treatment Among Undergraduates Medical Students at Universitas Sumatera Utara. SCRIPTA SCORE Scientific Medical Journal, 5(1), 39–44. https://doi.org/10.32734/scripta.v5i1.12494

Qatrunnada, H. S. (2021). HUBUNGAN ANTARA DERAJAT KEPARAHAN ACNE VULGARIS DENGAN KUALITAS HIDUP MAHASISWA FKIK UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG SKRIPSI Oleh : HANUN SHAFIRA QATRUNNADA NIM. 17910018.

Rozana, Y., Primawati, I., & Rosmaini. (2021). Hubungan Derajat Keparahan Akne Vulgaris dengan Kualitas Hidup Mahasiswa Falkutas Kedokteran Universitas Baiturrahmah Angkatan 2017. Baiturrahmah Medical Journal , 1(2), 26–31. https://jurnal.unbrah.ac.id/index.php/brmj/issue/view/40

Sachdeva, M., Tan, J., Lim, J., Kim, M., Nadeem, I., & Bismil, R. (2021). The prevalence, risk factors, and psychosocial impacts of acne vulgaris in medical students: a literature review. International Journal of Dermatology, 60(7), 792–798. https://doi.org/10.1111/ijd.15280

Sebayang, J. M., & Meher, C. (2022). Hubungan Tingkat Keparahan Akne Vulgaris Dengan Kualitas Hidup Pada Mahasiswa Dan Mahasiswi Fk Uisu Angkatan 2018. Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan - Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, 21(2), 165–169. https://doi.org/10.30743/ibnusina.v21i2.289

Sewon, K., Amagai, M., Bruckner, A. L., Enk, A. H., Margolis, D. J., McMichael, A. J., & Orringer, J. S. (2019). Fitzpatrick’s Dermatology 9th Edition. McGraw-Hill Education.

Silmi Tsaniya, U., & Ina Savira, S. (2022). Hubungan Stres dengan Self Image pada Dewasa Awal Penderita Acne Vulgaris. Jurnal Penelitian Psikologi, 10(03), 162–175. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/54205

Stamu-O’Brien, C., Jafferany, M., Carniciu, S., & Abdelmaksoud, A. (2021). Psychodermatology of acne: Psychological aspects and effects of acne vulgaris. Journal of Cosmetic Dermatology, 20(4), 1080–1083. https://doi.org/10.1111/jocd.13765

Sutrisno, A. R., Jusuf, N. K., & Putra, I. B. (2020). Correlation between stress scale and severity of acne vulgaris. Bali Medical Journal, 9(1), 376–379. https://doi.org/10.15562/bmj.v9i1.1749

Teresa, A. (2020). Akne Vulgaris Dewasa: Etiologi, Patogenesis, dan Tatalaksana Terkini. Jurnal Kedokteran Universitas Palangka Raya, 1.

WHO. (2012). WHOQOL User Manual. In World Health Organization.

Yandi, R. A., Sibero, H. T., & Fiana, D. N. (2013). Kualitas hidup pada pasien Akne Vulgaris di RSUD DR . H . Abdul Moeloek Lampung. Universitas Lampung, 139–145.

Abidin, R., Sumriyeh, S., & Asy’ari, A. (2022). Metode Pembelajaran Berbasis 3r (Reuse, Reduce, Recycle) dalam Upaya Memperdayakan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 222–231. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1732

Asy’ari, A., Dian Qonita, & Hefi Rusnita Dewi. (2021). Kelas Elite (Environmental Literacy) Anak Binaan Melalui Kegiatan Pembelajaran di Taman Baca Alam (TBA) Desa Sambogunung. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(3), 119–128. https://doi.org/10.36312/sasambo.v3i3.505

Asy’ari, A., Saefi, M., & Cholid, F. (2023). Strategi PQ4R Strategi PQ4R Terintegrasi Model Team Quiz Berbasis E-Learning dalam Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis dan Aktivitas Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 6(1), 80–98. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v6i1.5304

Daesusi, R., Riest, A., Arimurti, R., & Fahrzi, G. (2022). Status Terinfeksi Ektoparasit pada Kucing Kampung (Felis silvestris catus) Liar di Desa Waru Barat Kota Pamekasan. Jurnal Pedago Biologi, 10(1), 252–257. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Biologi/article/view/14433

Fauzy, A., & Asy’ari. (2020). Studi Etnobotani Tanaman Obat di Wilayah Jawa Timur dan Pemanfaatannya Sebagai Media Edukasi Masyarakat Berbasis Website. Jurnal Pedago Biologi, 8(2), 46–52. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Biologi/article/view/9333/4112#

Firdaus, Z., Listiana, L., Gayatri, Y., & Asy’ari, A. (2022). Penerapan discovery learning dalam melatih keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan motivasi siswa Miftahuddeen School, Nathawee District, Thailand. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.22219/jppg.v3i1.24003

Hidayah, E. N., & Listiana, L. (2019). Uji Daya Anti Nyamuk Culex Sp Paper-Mat Dari Serbuk Daun Bahagia (Dieffenbachia Bowmanii). Pedago Biologi, 6(2), 22–30.

Ismail, A. A., & Suharti, P. (2021). PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN SEDUHAN UMBI BAWANG PUTIH (Allium sativum) DAN LIDAH BUAYA (Aloe vera L.) SEBAGAI BIOPESTISIDA ALAMI TERHADAP AKTIFITAS HAMAJANGKRIK (Tarbinskiellus portentosus) SERTA IMPLEMENTASINYA SEBAGAI EDUKASI MASYARAKAT. Jurnal Pedago Biolog, 9(2), 1–8.

Juniawan, M. F., & Wikanta, W. (2023). The Effect of the Jigsaw Learning Model in Animal Tissue and Body Structure Courses on Student Problem Solving Ability. 9(4), 2042–2046. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3129

Kartika, P. C., Daesusi, R., & Farichah, H. (2020). Ekoliterasi Masyarakat Stren Kali Kelurahan Karangpilang Kota Surabaya Menuju New Reality Era Pandemi Covid-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 401–409. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1097

Krisnawati, Dwi Ayu, P. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Investigation Based Scientific Colaborative (IBSC) Untuk Melatih Keterampilan Bertanya dan Keterampilan Kolaborasi Pada Siswa SMA. Jurnal Pedago Biologi, 8(2), 26–34.

Kustianingrum, A. R., Lailatul Amaliyah, I. T., Ghonim, M. I., Azzuhroh, H. I., & Asy’ari, A. (2021). Plester Hidrogel Dari Ekstrak Daun Sidaguri Upaya Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Gangren Pada Penderita Diabetes Melitus Sebagai Edukasi Masyarakat. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(3), 255–261. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i3.10016

Listiana, L., & Bahri, A. (2019). Empowering student’s creative thinking skill in biology classroom: Potential of group investigation combined with think talk write (gittw) strategy. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3), 477–483. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7370

Listiana, L., Daesusi, R., & Soemantri, S. (2019). Peranan metakognitif dalam pembelajaran dan pengajaran biologi di kelas. Symposium of Biology Education (Symbion), 2(December 2019). https://doi.org/10.26555/symbion.3504

Listiana, L., Raharjo, & Hamdani, A. S. (2020). Enhancing self-regulation skills through group investigation integrated with think talk write. International Journal of Instruction, 13(1), 915–930. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13159a

Lutfiah, I., Suharti, P., & Asy’ari, A. (2021). Improving Students’ Creative Thinking Skills through the IBSC (Investigation Based Scientific Collaborative) Learning Model Based on E-Learning. SEJ (Science Education Journal), 5(2), 85–97. https://doi.org/10.21070/sej.v5i2.1572

Mariyanti, S., Gayatri, Y., & Wikanta, W. (2022). Pengembangan Atlas Klasifikasi Hewan Vertebrata Berbasis Sumber Daya Hayati Lokal Sebagai Sumber Belajar Biologi Di Sekolah. Journal of Science, Education, and Studies, 01(1), 1–9.

Nailun, L., Gayatri, Y., & Suharti, P. (2022). Pembelajaran Modifikasi CAM ( Concept Attainment Model ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Al- Ishlah Sendangagung Universitas Muhammadiyah Surabaya , ABSTRAK Kata kunci : CAM ( Concept Attainment Model ), Keteram. 10(2), 88–102.

Ridlwan, M., & Ri, A. ’. (2021). PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume 7 Nomor 2 Agustus 2021 KEBIJAKAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR 3 NEGARA (SINGAPUR, JEPANG, KOREA SELATAN) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR INDONESIA. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 141–149.

Sugiharti, N., & Gayatri, Y. (2021). Profil kemampuan berpikir kritis siswa SMA Muhammadiyah Kota Surabaya pada pembelajaran biologi. Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 34–40.

Suriansyah, A., Agusta, A. R., & Setiawan, A. (2021). Model Blended learning ANTASARI untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 90. https://doi.org/10.20527/jee.v2i2.4102

Ulva, Q., & Deususi, R. (2021). Pemanfaatan Daun Gamal (Gliricidia Sepium) Sebagai Biokatalisator Alami Dalam Pemeraman Buah Pisang Kepok Kuning. Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 21–26.

Wahono, W., Asy’ari, Abidin, R., & Hermoyo, R. P. (2023). Transformasi Digital Kampung UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Kreatif Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 156–164. https://doi.org/10.37802/society.v3i2.305

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-21