Staphylococcus Scalded Skin Syndrome pada Anak: Laporan Kasus
DOI:
https://doi.org/10.30651/jmu.v2i02.23044Kata Kunci:
Staphylococcal Scalded Skin Syndrome, AnakAbstrak
Staphylococcal Scalded Skin Syndrome merupakan penyakit yang sering ditemui pada neonatus dan anak-anak berusia kurang dari 2 tahun. Penyakit ini memiliki gejala serupa dengan Stevens-Johnson Syndrome dan nekrolisis epidermal toksik. Dibutuhkan penegakan diagnosis yang cepat dan tepat dikarenakan penyakit ini termasuk kegawatdaruratan yang dapat ditemukan pada bayi dan anak. Sistem ginjal pada bayi dan anak-anak yang belum matang, kurangnya imunitas, dan tidak adanya antibodi maternitas pada mereka yang tidak mendapat ASI menjadi faktor rentannya anak anak dan bayi terhadap S4. Anak berusia 1 tahun 4 bulan dibawa ibunya ke RS dikarenakan kulit yang melepuh pada hampir seluruh tubuh disertai penebalan krusta pada area muka setelah sebelumnya mendapat terapi antibiotik. Staphylococcal Scalded Skin Syndrome dapat memberikan prognosis yang baik apabila ditangani dengan tepat dan cepat. Pemberian antibiotik yang tepat dapat mengeliminasi kuman dan pemberian terapi suportif dapat meringankan gejala pasien.
Referensi
AP, A. H. and Yantri, E. (2015) ‘Staphylococcal Scalded Skin Syndrome in Healthy Infant.’, Bioscientia Medicina: Journal of Biomedicine and Translational Research., 5(5). doi: 10.32539/bsm.v5i5.398.
Bamberger, D. M. and Boyd, S. E. (2005) ‘Management of Staphylococcus aureus infections’, Am Fam Physician, 72(12), pp. 2474–2481. Available at: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16370403/.
Berk, D. R. and Bayliss, S. J. (2010) ‘MRSA, staphylococcal scalded skin syndrome, and other cutaneous bacterial emergencies’, Pediatr Ann, 39(10). doi: 10.3928/00904481-20100922-02.
Brazel, M. et al. (2021) ‘Staphylococcal Scalded Skin Syndrome and Bullous Impetigo’, Medicina (Kaunas), 57(11). doi: 10.3390/medicina57111157.
Dollani, L. C. and Marathe, K. S. (2020) ‘Impetigo/Staphylococcal Scalded Skin Disease’, Pediatr Rev, 41(4). doi: 10.1542/pir.2018-0206.
Grama, A. et al. (2016) ‘Staphylococcal Scalded Skin Syndrome in Child. A Case Report and a Review from Literature’, J Crit Care Med (Targu Mures). doi: 0.1515/jccm-2016-0028.
Handler, M. and Schwartz, R. (2014) ‘Staphylococcal scalded skin syndrome: diagnosis and management in children and adults’, J. Eur. Acad. Dermatol. Venereol, 28(11).
Jordan, K. S. (2019) ‘Staphylococcal Scalded Skin Syndrome: A Pediatric Dermatological Emergency’, Adv Emerg Nurs J, 41(2), pp. 129–134. doi: 10.1097/TME.0000000000000235.
Juanda, A. (2019) Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin: Pioderma. 7th ed. Juanda: Badan Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Ladhani, S. et al. (1999) ‘Clinical, Microbial, and Biochemical Aspects of the Exfoliative Toxins Causing Staphylococcal Scalded-Skin Syndrome’, Clin Microbiol Rev, 12(2). doi: 10.1128/cmr.12.2.224.
Leung, A. K. C. et al. (2020) ‘Dermatology: How to manage acne vulgaris’, Drugs in Context. Bioexcel Publishing LTD. doi: 10.7573/dic.2021-8-6.
Leung, A. K. C., Barankin, B. and Leong, K. F. (2018) ‘Staphylococcal-scalded skin syndrome: evaluation, diagnosis, and management’, World J Pediatr, 14(2). doi: 10.1007/s12519-018-0150-x.
Li, M. Y. et al. (2014) ‘Staphylococcal scalded skin syndrome in neonates: an 8-year retrospective study in a single institution’, Pediatr Dermatol, 31(1). doi: 10.1111/pde.12114.
Liy-Wong, C. et al. (2020) ‘Staphylococcal scalded skin syndrome: An epidemiological and clinical review of 84 cases’, Pediatric Dermatology, 38(1).
McMahon, P. (2024) Staphylococcal scalded skin syndrome. Available at: https://www.uptodate.com/contents/staphylococcal-scalded-skin-syndrome (Accessed: 8 March 2024).
PJ, H. and A, D. V. (2018) ‘Staphylococcal scalded skin syndrome in a 4-year-old child: a case report’, J Med Case Rep. 2018, 12(20). doi: 10.1186/s13256-017-1533-7.
Ritter von Rittershain, G. (1878) ‘Die exfoliativa dermatitis jungerer Saulinge.’, Centralz Kinderhheilk, 2, pp. 3–23.
Ross, A. and HW, S. (2023) ‘Staphylococcal Scalded Skin Syndrome’, In: StatPearls. StatPearls Publishing, Treasure Island.
Sandra C. Becerra Daniel C. Roy et al. (2016) ‘An optimized staining technique for the detection of Gram positive and Gram negative bacteria within tissue’, BMC Res Notes, 9(216). doi: 10.1186/s13104-016-1902-0.
Su, J. et al. (2016) ‘Demographic and clinical characteristics and risk factors for Staphylococcal scalded skin syndrome in Hunan.’, Zhong Nan Da Xue Xue Bao Yi Xue Ban, 41(4). doi: 10.11817/j.issn.1672-7347.2016.04.013.
Vernali, S., Blasiak, R. C. and Morrell, D. S. (2021) ‘Demographic characteristics, clinical features, and optimal management of hospitalized patients with staphylococcal scalded skin syndrome’, Pediatr Dermatol, 38(4), pp. 825–830. doi: 10.1111/pde.14629.
Wang, Z., Feig, J. L. and Cohen, D. B. M. B. A. (2020) ‘Antibiotic sensitivity and clinical outcomes in staphylococcal scalded skin syndrome’, Pediatr Dermatol, 37(1). doi: 10.1111/pde.14014.
Abidin, R., Sumriyeh, S., & Asy’ari, A. (2022). Metode Pembelajaran Berbasis 3r (Reuse, Reduce, Recycle) dalam Upaya Memperdayakan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 222–231. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1732
Asy’ari, A., Dian Qonita, & Hefi Rusnita Dewi. (2021). Kelas Elite (Environmental Literacy) Anak Binaan Melalui Kegiatan Pembelajaran di Taman Baca Alam (TBA) Desa Sambogunung. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(3), 119–128. https://doi.org/10.36312/sasambo.v3i3.505
Asy’ari, A., Saefi, M., & Cholid, F. (2023). Strategi PQ4R Strategi PQ4R Terintegrasi Model Team Quiz Berbasis E-Learning dalam Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis dan Aktivitas Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 6(1), 80–98. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v6i1.5304
Daesusi, R., Riest, A., Arimurti, R., & Fahrzi, G. (2022). Status Terinfeksi Ektoparasit pada Kucing Kampung (Felis silvestris catus) Liar di Desa Waru Barat Kota Pamekasan. Jurnal Pedago Biologi, 10(1), 252–257. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Biologi/article/view/14433
Fauzy, A., & Asy’ari. (2020). Studi Etnobotani Tanaman Obat di Wilayah Jawa Timur dan Pemanfaatannya Sebagai Media Edukasi Masyarakat Berbasis Website. Jurnal Pedago Biologi, 8(2), 46–52. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Biologi/article/view/9333/4112#
Firdaus, Z., Listiana, L., Gayatri, Y., & Asy’ari, A. (2022). Penerapan discovery learning dalam melatih keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan motivasi siswa Miftahuddeen School, Nathawee District, Thailand. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.22219/jppg.v3i1.24003
Hidayah, E. N., & Listiana, L. (2019). Uji Daya Anti Nyamuk Culex Sp Paper-Mat Dari Serbuk Daun Bahagia (Dieffenbachia Bowmanii). Pedago Biologi, 6(2), 22–30.
Ismail, A. A., & Suharti, P. (2021). PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN SEDUHAN UMBI BAWANG PUTIH (Allium sativum) DAN LIDAH BUAYA (Aloe vera L.) SEBAGAI BIOPESTISIDA ALAMI TERHADAP AKTIFITAS HAMAJANGKRIK (Tarbinskiellus portentosus) SERTA IMPLEMENTASINYA SEBAGAI EDUKASI MASYARAKAT. Jurnal Pedago Biolog, 9(2), 1–8.
Juniawan, M. F., & Wikanta, W. (2023). The Effect of the Jigsaw Learning Model in Animal Tissue and Body Structure Courses on Student Problem Solving Ability. 9(4), 2042–2046. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3129
Kartika, P. C., Daesusi, R., & Farichah, H. (2020). Ekoliterasi Masyarakat Stren Kali Kelurahan Karangpilang Kota Surabaya Menuju New Reality Era Pandemi Covid-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 401–409. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1097
Krisnawati, Dwi Ayu, P. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Investigation Based Scientific Colaborative (IBSC) Untuk Melatih Keterampilan Bertanya dan Keterampilan Kolaborasi Pada Siswa SMA. Jurnal Pedago Biologi, 8(2), 26–34.
Kustianingrum, A. R., Lailatul Amaliyah, I. T., Ghonim, M. I., Azzuhroh, H. I., & Asy’ari, A. (2021). Plester Hidrogel Dari Ekstrak Daun Sidaguri Upaya Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Gangren Pada Penderita Diabetes Melitus Sebagai Edukasi Masyarakat. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(3), 255–261. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i3.10016
Listiana, L., & Bahri, A. (2019). Empowering student’s creative thinking skill in biology classroom: Potential of group investigation combined with think talk write (gittw) strategy. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3), 477–483. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7370
Listiana, L., Daesusi, R., & Soemantri, S. (2019). Peranan metakognitif dalam pembelajaran dan pengajaran biologi di kelas. Symposium of Biology Education (Symbion), 2(December 2019). https://doi.org/10.26555/symbion.3504
Listiana, L., Raharjo, & Hamdani, A. S. (2020). Enhancing self-regulation skills through group investigation integrated with think talk write. International Journal of Instruction, 13(1), 915–930. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13159a
Lutfiah, I., Suharti, P., & Asy’ari, A. (2021). Improving Students’ Creative Thinking Skills through the IBSC (Investigation Based Scientific Collaborative) Learning Model Based on E-Learning. SEJ (Science Education Journal), 5(2), 85–97. https://doi.org/10.21070/sej.v5i2.1572
Mariyanti, S., Gayatri, Y., & Wikanta, W. (2022). Pengembangan Atlas Klasifikasi Hewan Vertebrata Berbasis Sumber Daya Hayati Lokal Sebagai Sumber Belajar Biologi Di Sekolah. Journal of Science, Education, and Studies, 01(1), 1–9.
Nailun, L., Gayatri, Y., & Suharti, P. (2022). Pembelajaran Modifikasi CAM ( Concept Attainment Model ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Al- Ishlah Sendangagung Universitas Muhammadiyah Surabaya , ABSTRAK Kata kunci : CAM ( Concept Attainment Model ), Keteram. 10(2), 88–102.
Ridlwan, M., & Ri, A. ’. (2021). PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume 7 Nomor 2 Agustus 2021 KEBIJAKAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR 3 NEGARA (SINGAPUR, JEPANG, KOREA SELATAN) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR INDONESIA. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 141–149.
Sugiharti, N., & Gayatri, Y. (2021). Profil kemampuan berpikir kritis siswa SMA Muhammadiyah Kota Surabaya pada pembelajaran biologi. Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 34–40.
Suriansyah, A., Agusta, A. R., & Setiawan, A. (2021). Model Blended learning ANTASARI untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 90. https://doi.org/10.20527/jee.v2i2.4102
Ulva, Q., & Deususi, R. (2021). Pemanfaatan Daun Gamal (Gliricidia Sepium) Sebagai Biokatalisator Alami Dalam Pemeraman Buah Pisang Kepok Kuning. Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 21–26.
Wahono, W., Asy’ari, Abidin, R., & Hermoyo, R. P. (2023). Transformasi Digital Kampung UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Kreatif Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 156–164. https://doi.org/10.37802/society.v3i2.305