GAMBARAN KEJADIAN IKUTAN PASCA IMUNISASI VAKSIN SINOVAC COVID-19 PADA ANAK USIA 6-17 TAHUN PUSKESMAS DI TAMBAK WEDI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30651/jmu.v1i01.21618Kata Kunci:
Gambaran, KIPI, AnakAbstrak
COVID-19 (Coronavirus Disease 2019) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus SARS- CoV-2 dan sangat menular serta menyebar keseluruh dunia. SARS-CoV-2 ditularkan melalui percikan saluran pernapasan melalui kontak langsung, sehingga hal ini menyebabkan SARS- CoV-2 sangat menular dan sudah menyebar diseluruh dunia sehingga WHO menetapkan pandemi COVID-19. Pada umumnya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang timbul setelah pemberian vaksin sangat beragam, tetapi biasanya hanya bersifat ringan,sementara, dan dipengaruhi oleh kondisi imun tubuh.
Referensi
CDC (2021) ‘Basics of COVID-19 About COVID-19 About SARS-CoV-2 , the virus that causes COVID-19’.
Hulu, V. T., Lubis, S. A. and Sri Mahyuni (2022) ‘Gambaran Karakteristik Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi Vaksin Covid-19 Di Puskesmas Namorambe Tahun 2021’, Jurnal Kedokteran Ibnu Nafis, 11(1), pp. 37–48. doi: 10.30743/jkin.v11i1.353.
Kemenkes RI (2021) ‘Question ( Faq ) Pelaksanaan Vaksinasi Covid-’, 2020, pp. 1–16. Available at: https://kesmas.kemkes.go.id/assetspdf.
Kemenkes RI (2023) ‘Vaksinasi COVID-19 Berdasarkan Provinsi dan Kabupaten / Kota Time Series Pelaksanaan Level Provinsi Filter’.
Pusra, E. (2021) ‘Determinan Perilaku Pencegahan Corona Virus Disease 2019 Pasca Program Vaksinasi’, Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Di Indonesia: Hak Atau Kewajiban Warga Negara, 10. Available at: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/10603.
SATGAS COVID19 (2022) PETA SEBARAN COVID-19 DI INDONESIA.
Widayati, Linda Prasetyanin, I. M. (2021) ‘Sikap Remaja Terhadap Upaya Pencegahan Penyebaran Covid19 Pada’, Jurnal Ilmu Kesehatan, 4(2), pp. 36–44.
World Health Organization (WHO). (2020) ‘Pertanyaan dan jawaban terkait Coronavirus’, Pertanyaan dan jawaban terkait Coronavirus, pp. 1–13.
World Health Organization (WHO). (2022) SEBARAN KASUS COVID. Available at: https://covid19.who.int.
Yulyani, V. et al. (2022) ‘Hubungan Status Demografi, Komorbid Dengan KIPI Post Vaksin COVID-19 Pada Tenaga Kesehatan’, Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11, pp. 153–160. doi: 10.35816/jiskh.v11i1.725.
Zhang, Y. et al. (2021) ‘Safety, tolerability, and immunogenicity of an inactivated SARSCoV- 2 vaccine in healthy adults aged 18–59 years: a randomised, double-blind, placebo-controlled, phase 1/2 clinical trial’, The Lancet Infectious Diseases, 21(2), pp. 181–192. doi: 10.1016/S1473-3099(20)30843-4
Abidin, R., Sumriyeh, S., & Asy’ari, A. (2022). Metode Pembelajaran Berbasis 3r (Reuse, Reduce, Recycle) dalam Upaya Memperdayakan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 222–231. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1732
Asy’ari, A., Dian Qonita, & Hefi Rusnita Dewi. (2021). Kelas Elite (Environmental Literacy) Anak Binaan Melalui Kegiatan Pembelajaran di Taman Baca Alam (TBA) Desa Sambogunung. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(3), 119–128. https://doi.org/10.36312/sasambo.v3i3.505
Asy’ari, A., Saefi, M., & Cholid, F. (2023). Strategi PQ4R Strategi PQ4R Terintegrasi Model Team Quiz Berbasis E-Learning dalam Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis dan Aktivitas Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 6(1), 80–98. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v6i1.5304
Daesusi, R., Riest, A., Arimurti, R., & Fahrzi, G. (2022). Status Terinfeksi Ektoparasit pada Kucing Kampung (Felis silvestris catus) Liar di Desa Waru Barat Kota Pamekasan. Jurnal Pedago Biologi, 10(1), 252–257. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Biologi/article/view/14433
Fauzy, A., & Asy’ari. (2020). Studi Etnobotani Tanaman Obat di Wilayah Jawa Timur dan Pemanfaatannya Sebagai Media Edukasi Masyarakat Berbasis Website. Jurnal Pedago Biologi, 8(2), 46–52. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Biologi/article/view/9333/4112#
Firdaus, Z., Listiana, L., Gayatri, Y., & Asy’ari, A. (2022). Penerapan discovery learning dalam melatih keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan motivasi siswa Miftahuddeen School, Nathawee District, Thailand. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.22219/jppg.v3i1.24003
Hidayah, E. N., & Listiana, L. (2019). Uji Daya Anti Nyamuk Culex Sp Paper-Mat Dari Serbuk Daun Bahagia (Dieffenbachia Bowmanii). Pedago Biologi, 6(2), 22–30.
Ismail, A. A., & Suharti, P. (2021). PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN SEDUHAN UMBI BAWANG PUTIH (Allium sativum) DAN LIDAH BUAYA (Aloe vera L.) SEBAGAI BIOPESTISIDA ALAMI TERHADAP AKTIFITAS HAMAJANGKRIK (Tarbinskiellus portentosus) SERTA IMPLEMENTASINYA SEBAGAI EDUKASI MASYARAKAT. Jurnal Pedago Biolog, 9(2), 1–8.
Juniawan, M. F., & Wikanta, W. (2023). The Effect of the Jigsaw Learning Model in Animal Tissue and Body Structure Courses on Student Problem Solving Ability. 9(4), 2042–2046. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3129
Kartika, P. C., Daesusi, R., & Farichah, H. (2020). Ekoliterasi Masyarakat Stren Kali Kelurahan Karangpilang Kota Surabaya Menuju New Reality Era Pandemi Covid-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 401–409. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1097
Krisnawati, Dwi Ayu, P. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Investigation Based Scientific Colaborative (IBSC) Untuk Melatih Keterampilan Bertanya dan Keterampilan Kolaborasi Pada Siswa SMA. Jurnal Pedago Biologi, 8(2), 26–34.
Kustianingrum, A. R., Lailatul Amaliyah, I. T., Ghonim, M. I., Azzuhroh, H. I., & Asy’ari, A. (2021). Plester Hidrogel Dari Ekstrak Daun Sidaguri Upaya Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Gangren Pada Penderita Diabetes Melitus Sebagai Edukasi Masyarakat. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(3), 255–261. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i3.10016
Listiana, L., & Bahri, A. (2019). Empowering student’s creative thinking skill in biology classroom: Potential of group investigation combined with think talk write (gittw) strategy. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3), 477–483. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7370
Listiana, L., Daesusi, R., & Soemantri, S. (2019). Peranan metakognitif dalam pembelajaran dan pengajaran biologi di kelas. Symposium of Biology Education (Symbion), 2(December 2019). https://doi.org/10.26555/symbion.3504
Listiana, L., Raharjo, & Hamdani, A. S. (2020). Enhancing self-regulation skills through group investigation integrated with think talk write. International Journal of Instruction, 13(1), 915–930. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13159a
Lutfiah, I., Suharti, P., & Asy’ari, A. (2021). Improving Students’ Creative Thinking Skills through the IBSC (Investigation Based Scientific Collaborative) Learning Model Based on E-Learning. SEJ (Science Education Journal), 5(2), 85–97. https://doi.org/10.21070/sej.v5i2.1572
Mariyanti, S., Gayatri, Y., & Wikanta, W. (2022). Pengembangan Atlas Klasifikasi Hewan Vertebrata Berbasis Sumber Daya Hayati Lokal Sebagai Sumber Belajar Biologi Di Sekolah. Journal of Science, Education, and Studies, 01(1), 1–9.
Nailun, L., Gayatri, Y., & Suharti, P. (2022). Pembelajaran Modifikasi CAM ( Concept Attainment Model ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Al- Ishlah Sendangagung Universitas Muhammadiyah Surabaya , ABSTRAK Kata kunci : CAM ( Concept Attainment Model ), Keteram. 10(2), 88–102.
Ridlwan, M., & Ri, A. ’. (2021). PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume 7 Nomor 2 Agustus 2021 KEBIJAKAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR 3 NEGARA (SINGAPUR, JEPANG, KOREA SELATAN) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR INDONESIA. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 141–149.
Sugiharti, N., & Gayatri, Y. (2021). Profil kemampuan berpikir kritis siswa SMA Muhammadiyah Kota Surabaya pada pembelajaran biologi. Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 34–40.
Suriansyah, A., Agusta, A. R., & Setiawan, A. (2021). Model Blended learning ANTASARI untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 90. https://doi.org/10.20527/jee.v2i2.4102
Ulva, Q., & Deususi, R. (2021). Pemanfaatan Daun Gamal (Gliricidia Sepium) Sebagai Biokatalisator Alami Dalam Pemeraman Buah Pisang Kepok Kuning. Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 21–26.
Wahono, W., Asy’ari, Abidin, R., & Hermoyo, R. P. (2023). Transformasi Digital Kampung UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Kreatif Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 156–164. https://doi.org/10.37802/society.v3i2.305