HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU MENYUSUI TERHADAP PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KETAPANG KABUPATEN SAMPANG
DOI:
https://doi.org/10.30651/jmu.v1i01.21578Kata Kunci:
Asi Esklusif, Pengetahuan Ibu, SampangAbstrak
Latar Belakang : ASI memiliki kandungan kolostrum yang kaya akan antibodi sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu membunuh kuman dalam jumlah yang tinggi di dalam tubuh bayi. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan dilanjutkan dengan tambahan makanan pendamping sampai usia dua tahun dapat mencegah kematian sebanyak 19%. Pemberian ASI Eksklusif dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya seperti kurangnya pengetahuan ibu terhadap pentingnya ASI untuk bayi baru lahir, sikap, kepercayaan diri serta perilaku ibu dalam memberikan ASI. Tujuan: Berdasarkan fenomena tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut guna mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu terhadap pemberian ASI Eksklusif, khususnya di Wilayah Kerja Puskesmas Ketapang Kab. Sampang. Metode : Penelitian ini
merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif dengan penelitian analitik observasional dengan metode cross sectional. Rancangan penelitian ini menggunakan sampel dengan metode non probability sampling teknik purposif sampling. Populasi yang diteliti pada penelitian ini adalah seluruh Ibu yang memiliki baduta (anak usia di bawah dua tahun) di Wilayah Kerja Puskesmas Ketapang Kabupaten Sampang dengan besar sampel yang digunakan sebanyak 95 ibu menyusui yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Chi Square. Hasil : Dan dari hasil analisis didapatkan hasil adanya hubungan antara tingkat pengetahuan ibu menyusui terhadap pemberian ASI Eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Ketapang Kab. Sampang, hal ini terbukti dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, nilai tersebut < 0,05, Hasil uji korelasi koefisien kontingensi aktivitas fisik dan obesitas dengan komplikasi ulkus diabetik pada pasien diabetes melitus tipe 2 di Rumah Sakit Petrokimia Gresik Driyorejo diperoleh p value < 0,05. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan ibu menysuai tehadap pemberian ASI Eksklusif khususnya di wilayah kerja Puskesmas Ketapang Kabupaten Sampang.
Referensi
Antoni, A. (2017). Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Dan Pemberian MP-ASIpada bayi Di Wilayah Kerja Puskesmas Nangolo Padang. MENARA Ilmu, XI(78), pp. 1–8.
Barret, K. E. et al. (2016). Ganong’s Review of Medical Physiology. 25th edn, Deutsche Medizinische Wochenschrift. 25th edn
Damayani, D. (2014). Sihapes (Sistem Informasi Hasil Penilaian Siswa) Bagi SekolahMenengah Pertama Di SMP Negeri 7 Semarang. Edu Komputika Journal, 1(2),pp. 52–62.
Darmawan, M., Kumala, D. and Arsesiana, A. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dalam Pemberian Asi Ekslusif Dengan Kejadian ISPA Pada Bayi Usia 1-12 Bulan Di Puskesmas Pahandut Palangka Raya. Dinamika Kesehatan, 7(2), pp. 98–109.
Dewi, T. (2021). Pengetahuan, Kepercayaan dan Tradisi Ibu Menyusui Berhubungan dengan Pemberian ASI Eksklusif. JurnalKeperawatan, 13(1), pp. 231–240.
Dinkes Jawa Timur (2020). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur 2019. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Available at: www.dinkesjatengprov.go.id.
Dinkes Sampang (2020). Profil kesehatan kabupaten sampang 2019. p. 44.
Fajar, N. A. et al. (2018). Hubungan Pemberian Asi Eksklusif Dalam Prespektif Sosial Budaya Di Kota Palembang. 9(3), pp. 226–234.
Fitriani, N. L. and Andriyani, S. (2015). Hubungan Antara Pengetahuan DenganSikap Anak Usia Sekolah Akhir (10-12 Tahun) Tentang Makanan Jajanan Di SdNegeri Ii Tagog Apu Padalarang Kabupaten Bandung Barat Tahun 2015.Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 1(1), p. 7. doi:10.17509/jpki.v1i1.1184.
Harahap, R. A. (2017). Analisis Perilaku IbuHamil Dalam Melakukan Perawatan Payudara Di Klinik Khadijah Lupuk Pakam. Jurnal JUMANTIK, 2(2), pp.42–53.
Hasanah, N. and Ansori, M. N. (2014). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Perkembangan Motorik KasarAnak Usia ( 3 - 5 Th ). Jurnal Midpro, 6(2), pp.60–66.
doi: https://doi.org/10.30736/midpro.v6i2.42
Hendrawan, A., Sampurno, B. and Cahyandi, K. (2019). Gambaran Tingkat PengetahuanTenaga Kerja Pt’X’ Tentang Undang-Undang Dan Peraturan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. Jurnal Delima Harapan, 6(2), pp. 69–81. doi:
31935/delima.v6i2.76.
Herman, A. et al. (2021). Hubungan Pengetahuandan Sikap Ibu dengan Pemberian ASI Eksklusif. Professional Health Journal,2(2), pp. 84–89. doi: 10.54832/phj.v2i2.103.
Heryana, A. (2020). Analisis Data Penelitian Kuantitatif. Penerbit Erlangga, Jakarta, (June), pp. 1–11.
Islam, N. N. M. I. (2021). Analisis Validitas dan Reabilitas Instrumen Kepuasan PenggunaElektronik Rekam Medis. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(3), pp. 579–586.
Mahadewi, E. P. and Heryana, A. (2020). AnalisisPerilaku Pemberian ASI Eksklusif Di Puskesmas Bekasi. Gorontalo Journal ofPublic Health, 3(1), pp. 23–31. doi: 10.32662/gjph.v3i1.850.
Mahyuni, S. (2018). Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian ASI Eksklusif di KelurahanAekTampang, Kecamatan Padang Sidempuan Selatan, Tahun 2017. Jurnal Warta, (56), pp. 1–11. Available at: http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/17.
Masturoh, I. and Anggita, N. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan.
Matondang, Z. (2009). V aliditas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. tabularasapps unimed, 6(1), pp. 87–97. doi: 10.4028/www.scientific.net/AMM.496- 500.1510.
Mufdillah et al. (2017). Pedoman Pemberdayaan Ibu Menyusui pada Program ASI Ekslusif,Peduli ASI Ekslusif. Yogyakarta.
Nikmatur, R. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), p. 63.
Notoatmodjo (2014). Notoatmodjo, S. 2014. IlmuPerilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. (April), pp. 2013–2015.
Realita, F. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Kepatuhan Tenaga Kesehatan Terhadap Peraturan Pemerintah No.33 Tahun 2012 Tentang Pemberian Asi Eksklusif. Jurnal Kebidanan, 8(1), pp. 43–49.
Rosyid, Z. N. and Sumarmi, S. (2017). HubunganAntara Pengetahuan Ibu dan IMD Dengan Praktik ASI Eksklusif. Amerta Nutrition, 1(4), pp. 406–414. doi: 10.20473/amnt.v1i4.2017.406-414.
Salanti, P. (2018). Analisis Hubungan Karakteristik Ibu Dengan Status Pemberian Asi Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Bojong GedeKabupaten Bogor Jawa Barat. 2(1), pp. 53–64.
Sampe, S. A., Toban, R. C. and Madi, M. A. (2020). Hubungan Pemberian ASI Eksklusif Dengan Kejadian StuntingPada Balita. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), pp. 448–455. doi: 10.35816/jiskh.v10i2.314.
Savitri, N. P. H. and Oktaviana, A. S. (2021). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Ibu Nifas Dalam Pemberian Kolostrum Di Wilayah Kotatip Cilacap. Viva Medika: Jurnal Kesehatan, Kebidanan, dan Keperawatan, 14(2), pp.194–205.
Sherwood, L. (2013). Sistem Reproduksi. in Fisiologi Manusia. 8th edn, pp. 773– 830.
Sihombing, S. (2018). Hubungan Pekerjaan DanPendidikan Ibu Dengan Pemberian Asi Ekslusif. Midwifery Journal, 5(01), pp. 40–45.
Sulasikin, N. (2017). Menyusui merupakan suatueksklusif pada anak mereka . Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI ) menunjukkan tahun bahwa ibu proses alamiah yang dialami oleh ibupost Berjuta juta ibu diseluruh dunia menyusui bayinya tanpa pernah membaca buku tenta. 08(02), pp. 204–218..
Widi, R. (2011). Uji Validitas dan Reliabilitas dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi. Stomatognatic (J.K.G Unej), 8(1), pp. 27–34. Available at: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STOMA/article/view/2083.
Widyawati, S. A., Afandi, A. and Wahyuni, S. (2020). Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Dan Menyusui MelaluiPengembangan Model Dan Media Animasi Pemberian Asi Eksklusif Pada Bayi. 10(1), pp. 103–108.
Wijaya, F. A. (2019). ASI Eksklusif : Nutrisi Idealuntuk Bayi 0-6 Bulan. Continuing Medical Education, 46(4), pp. 296–300.
Wulandari, R. A. (2018). The Influence of Exclusive Breastfeeding Toward The Occurrence of Childhood Pneumonia in East Java. Jurnal Berkala Epidemiologi, 6(3), pp. 236–243. doi:
20473/jbe.v6i32018.236-243.
Yusrina, A. and Devy, S. R. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Niat Ibu Memberikan AsiEksklusif Di Kelurahan Magersari, Sidoarjo. Jurnal PROMKES, 4(1), pp.11–21. doi: 10.20473/jpk.v4.i1.2016.11-21
Abidin, R., Sumriyeh, S., & Asy’ari, A. (2022). Metode Pembelajaran Berbasis 3r (Reuse, Reduce, Recycle) dalam Upaya Memperdayakan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 222–231. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1732
Asy’ari, A., Dian Qonita, & Hefi Rusnita Dewi. (2021). Kelas Elite (Environmental Literacy) Anak Binaan Melalui Kegiatan Pembelajaran di Taman Baca Alam (TBA) Desa Sambogunung. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(3), 119–128. https://doi.org/10.36312/sasambo.v3i3.505
Asy’ari, A., Saefi, M., & Cholid, F. (2023). Strategi PQ4R Strategi PQ4R Terintegrasi Model Team Quiz Berbasis E-Learning dalam Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis dan Aktivitas Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 6(1), 80–98. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v6i1.5304
Daesusi, R., Riest, A., Arimurti, R., & Fahrzi, G. (2022). Status Terinfeksi Ektoparasit pada Kucing Kampung (Felis silvestris catus) Liar di Desa Waru Barat Kota Pamekasan. Jurnal Pedago Biologi, 10(1), 252–257. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Biologi/article/view/14433
Fauzy, A., & Asy’ari. (2020). Studi Etnobotani Tanaman Obat di Wilayah Jawa Timur dan Pemanfaatannya Sebagai Media Edukasi Masyarakat Berbasis Website. Jurnal Pedago Biologi, 8(2), 46–52. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Biologi/article/view/9333/4112#
Firdaus, Z., Listiana, L., Gayatri, Y., & Asy’ari, A. (2022). Penerapan discovery learning dalam melatih keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan motivasi siswa Miftahuddeen School, Nathawee District, Thailand. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.22219/jppg.v3i1.24003
Hidayah, E. N., & Listiana, L. (2019). Uji Daya Anti Nyamuk Culex Sp Paper-Mat Dari Serbuk Daun Bahagia (Dieffenbachia Bowmanii). Pedago Biologi, 6(2), 22–30.
Ismail, A. A., & Suharti, P. (2021). PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN SEDUHAN UMBI BAWANG PUTIH (Allium sativum) DAN LIDAH BUAYA (Aloe vera L.) SEBAGAI BIOPESTISIDA ALAMI TERHADAP AKTIFITAS HAMAJANGKRIK (Tarbinskiellus portentosus) SERTA IMPLEMENTASINYA SEBAGAI EDUKASI MASYARAKAT. Jurnal Pedago Biolog, 9(2), 1–8.
Juniawan, M. F., & Wikanta, W. (2023). The Effect of the Jigsaw Learning Model in Animal Tissue and Body Structure Courses on Student Problem Solving Ability. 9(4), 2042–2046. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3129
Kartika, P. C., Daesusi, R., & Farichah, H. (2020). Ekoliterasi Masyarakat Stren Kali Kelurahan Karangpilang Kota Surabaya Menuju New Reality Era Pandemi Covid-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 401–409. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1097
Krisnawati, Dwi Ayu, P. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Investigation Based Scientific Colaborative (IBSC) Untuk Melatih Keterampilan Bertanya dan Keterampilan Kolaborasi Pada Siswa SMA. Jurnal Pedago Biologi, 8(2), 26–34.
Kustianingrum, A. R., Lailatul Amaliyah, I. T., Ghonim, M. I., Azzuhroh, H. I., & Asy’ari, A. (2021). Plester Hidrogel Dari Ekstrak Daun Sidaguri Upaya Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Gangren Pada Penderita Diabetes Melitus Sebagai Edukasi Masyarakat. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(3), 255–261. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i3.10016
Listiana, L., & Bahri, A. (2019). Empowering student’s creative thinking skill in biology classroom: Potential of group investigation combined with think talk write (gittw) strategy. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3), 477–483. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7370
Listiana, L., Daesusi, R., & Soemantri, S. (2019). Peranan metakognitif dalam pembelajaran dan pengajaran biologi di kelas. Symposium of Biology Education (Symbion), 2(December 2019). https://doi.org/10.26555/symbion.3504
Listiana, L., Raharjo, & Hamdani, A. S. (2020). Enhancing self-regulation skills through group investigation integrated with think talk write. International Journal of Instruction, 13(1), 915–930. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13159a
Lutfiah, I., Suharti, P., & Asy’ari, A. (2021). Improving Students’ Creative Thinking Skills through the IBSC (Investigation Based Scientific Collaborative) Learning Model Based on E-Learning. SEJ (Science Education Journal), 5(2), 85–97. https://doi.org/10.21070/sej.v5i2.1572
Mariyanti, S., Gayatri, Y., & Wikanta, W. (2022). Pengembangan Atlas Klasifikasi Hewan Vertebrata Berbasis Sumber Daya Hayati Lokal Sebagai Sumber Belajar Biologi Di Sekolah. Journal of Science, Education, and Studies, 01(1), 1–9.
Nailun, L., Gayatri, Y., & Suharti, P. (2022). Pembelajaran Modifikasi CAM ( Concept Attainment Model ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Al- Ishlah Sendangagung Universitas Muhammadiyah Surabaya , ABSTRAK Kata kunci : CAM ( Concept Attainment Model ), Keteram. 10(2), 88–102.
Ridlwan, M., & Ri, A. ’. (2021). PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume 7 Nomor 2 Agustus 2021 KEBIJAKAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR 3 NEGARA (SINGAPUR, JEPANG, KOREA SELATAN) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR INDONESIA. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 141–149.
Sugiharti, N., & Gayatri, Y. (2021). Profil kemampuan berpikir kritis siswa SMA Muhammadiyah Kota Surabaya pada pembelajaran biologi. Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 34–40.
Suriansyah, A., Agusta, A. R., & Setiawan, A. (2021). Model Blended learning ANTASARI untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 90. https://doi.org/10.20527/jee.v2i2.4102
Ulva, Q., & Deususi, R. (2021). Pemanfaatan Daun Gamal (Gliricidia Sepium) Sebagai Biokatalisator Alami Dalam Pemeraman Buah Pisang Kepok Kuning. Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 21–26.
Wahono, W., Asy’ari, Abidin, R., & Hermoyo, R. P. (2023). Transformasi Digital Kampung UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Kreatif Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 156–164. https://doi.org/10.37802/society.v3i2.305