Hubungan Kualitas Pelayanan Dan Peran Perawat Terhadap Kepuasan Pasien

Authors

  • Sena Wahyu Purwanza Institut Teknologi Kesehatan Malang Widya Cipta Husada http://orcid.org/0000-0001-5451-6000
  • Icca Presilia Anggreyanti Institut Teknologi Kesehatan Malang Widya Cipta Husada
  • Catur Wibowo Institut Teknologi Kesehatan Malang Widya Cipta Husada

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v7i4.14348

Keywords:

service quality, the role of nurses, patient satisfaction

Abstract

Objective: to analyze the relationship between service quality and the role of nurses in patient satisfaction

Methods:  The design of this study used descriptive analytics with a cross-sectional approach. The sample used is 55 respondents using the purposive sampling technique. The research instrument used was a questionnaire on service quality and the role of nurses which had been tested for validity with an r table value of 0.852 > 0.444 and a Cronbach alpha reliability test of 0.909 > 0.600, which means that all instruments were declared valid and reliable. Data analysis used a chi-square statistical test.

Results:   The results showed a p-value of 0.001 (p < 0.05), which means that the quality of service and the role of nurses are related to patient satisfaction.

Conclusion:   The conclusion of this study is that the quality of service and the role of a good nurse will be related to the level of patient satisfaction to improve the quality of nursing services.

Author Biographies

Sena Wahyu Purwanza, Institut Teknologi Kesehatan Malang Widya Cipta Husada

Departemen KMB, Manajemen Keperawatan, Promosi Kesehatan

Icca Presilia Anggreyanti, Institut Teknologi Kesehatan Malang Widya Cipta Husada

Institut Teknologi Kesehatan Malang Widya Cipta Husada

Catur Wibowo, Institut Teknologi Kesehatan Malang Widya Cipta Husada

Institut Teknologi Kesehatan Malang Widya Cipta Husada

References

Alrubaiee, L. 2011. The Mediating Effect of Patient Satisfaction in the Patients’ Perception of Healthcare Quality-Patient Trust Relationship. International Journal of Marketing Studies. Vol. 3, No. 1 (February 2011), pp. 103-127.

Ariska, Metha, 2017.â€Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Kasus Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru)â€. [Online], vol. 4 No. 1.

Fahra, Rima Ulfa, Widayati, Sutawardana, 2017. “Hubungan Peran Perawat Sebagai Edukator Dengan Perawatan Diri Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Di Poli Penyakit Dalam Rumah Sakit Bina Sehat Jemberâ€. [Online], Vol. 2 No. 1, http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81186

Gobel, Glisdis sixteen, Merry. Dkk. 2016. “Hubungan Peran Perawat Sebagai Care Giver Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Instalasi Gawat Darurat Di RSU. GMIBM Monompia Kotamabagu Kabupaten Bolaang Mongondoâ€. [Online], vol. 4 No. 2, https://doi.org/10.35790/jkp.V4i2. 12881

Hidayati, A. Suryawati, C. Sriatmi, A. 2014. Analisis Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pelayanan Rawat Jalan Semarang Eye Center (SEC) Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang. Vol 2/No. 1/Januari/2014 Hal 1-6. [Online]. Ejournals1.undip.ac.id/index.php/jkm

Kartika, Imelda Rahmayunia, Hariyati, Nelwati, 2017. “Kompetensi Perawat Dan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Di Rawat Jalanâ€. [Online], Vol. 14 No. 1, http://doi.org/10.25077/njk.14.1.46-54.2018.

Latuminasse, Benhard. Parinussa, Nenny. 2019.â€Peran Perawat Sebagai Penghubung Informasi Obat Dengan Kepuasan Pasien Di RSUD. DR. M. Haulussy Ambonâ€. [Online]. Vol.1 No.3, http://org?10.54639/mhj.vli3.264.

Munthe, Br Ginting, Novita. Sembiring, Markus, Iskandar. 2018.†Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Denagan Kepuasan Pasien Rawat Inapâ€. [Online], http://doi.org/10.35451/jkf.vli2.170

Parinusa, Nenny, Latuminase, Mairuhu. 2019. “Peran Perawat Sebagai Penghubung Informasi Obat Dengan Kepuasan Di RSUD Dr. M. Haulussy Ambonâ€. [Online], Vol. 1 No. 3, http://doi.org//10.54639/mhj.vli3.264.

Rizal, Achmad. Agus Jalpi. 2017. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kota Banjarmasin Tahun 2016. Prosiding Hasil Penelitian Dosen-Dosen Uniska.

Romaji, Latifatun Nasihah. (2018). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Pada Peserta BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Dan Non Bpjs Di Rsud Gambiran Kediri Jawa Timur, [Online], (http://dx.doi.org/10.17977/um044v3i1p143-147).

Sembiring, Iskandar Markus. 2018. “Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inapâ€. [Online], Vol.1 No. 2.

Simamora, R.H., Evicarota, B., Jenni. M.P., Juwita. S. (2017). Penguatan Kinerja Perawat Dalam Pemberian Asuhan Keperawatan Melalui Pelatihan Ronde Keperawatan di Rumah Sakit Royal Prima Medan. Jurnal, 23(2).

Sutawardana, Hafan, Jon. Dkk. 2017. “Hubungan Peran Perawat Sebagai Edukator Dengan Perawatan Diri Pasien Diabetus Melitus Tipe 2 Di Poli Penyakit Dalam RS. Bina Sehat Jemberâ€. [Online], vol. 2. No.1 http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81186

Yuni, Lia vika, Sari, Rian Maylina. 2019. “Hubungan Peran Perawat Terhadap Kepuasan Peserta Program Prolanis Di Puskesmas Hanura Kabupaten Pesawaranâ€. [Online], Vol. 2, No. 1, 10.33024/manuju.v2i1.1630.

Published

2023-01-06