The relationship between verbal bullying and the level of self-esteem in adolescent students at Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Pakis Malang

Authors

  • Novita Christiyoni STIKes Maharani Malang
  • Reny Tri Febriani Program Studi Sarjana Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Maharani, Malang, Indonesia
  • Sismala Harningtyas Program Studi Sarjana Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Maharani, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v10i3.26599

Keywords:

Verbal Bullying, Tingkat Harga Diri, Remaja

Abstract

Masa remaja merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan baik fisik, psikis maupun intelektual. Remaja mempunyai risiko tinggi terjadinya kenakalan maupun kekerasan, hal ini didasari oleh banyaknya permasalahan yang dihadapi remaja dalam hubungan sosial di sekolah, salah satunya Verbal bullying yaitu perilaku yang dapat berupa pemanggilan nama yang tidak sesuai baik hinaan, fitnah, kritikan kejam, makian, dan sebagainya. Dampak dari perilaku ini menyebabkan korbannya kehilangan rasa percaya diri, namun dampak yang paling besar menurunnya harga diri korban. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan verbal bullying dengan tingkat harga diri. Desain penelitian ini kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian sebanyak 105 remaja. Besar sampling adalah 83 remaja yang didapatkan menggunakan proportionate stratified random sampling. Penelitian menggunakan kuisioner verbal bullying dan harga diri. Hasil penelitian menunjukkan hampir setengah sebanyak 39 (47%) mengalami verbal bullying sedang, dan 54 (65,1%) memiliki tingkat harga diri sedang. Hasil uji statistik bivariat dengan menggunakan uji Sperman Rank di dapatkan nilai p = 0,000 dan r = -0,552 sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang negatif sedang antara verbal bullying dengan tingkat harga diri pada remaja di MTs NU Pakis Malang. Remaja yang mendapatkan verbal bullying berpotensi memiliki tingkat asertif yang rendah sehingga akan berpengaruh terhadap tingkat harga diri. Verbal Bullying dapat dicegah dengan meningkatkan pengetahuan remaja tentang verbal bullying dan dukungan sekolah dalam mencegah verbal bullying

References

Agisyaputri, E., Nadhirah, N. A., & Saripah, I. (2023). Identifikasi fenomena perilaku bullying pada remaja. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3, 19–30. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/201/152

Amri, S., Trimawati, & Liyanovitasari. (2019). Hubungan antara bullying verbal dengan harga diri pada remaja SMK Dr. Tjipto Semarang. Rabit: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 1(1).

http://www.ghbook.ir/index.php?name=های و رسانه فرهنگ نوین&option=com_dbook&task=readonline&book_id=13650&page=73&chk hashk=ED9C9491B4&Itemid=218&lang=fa&tmpl=component

Andriati, R. H., & Nur A’ini, A. D. (2020). Hubungan harga diri dan pengetahuan tentang bullying dengan perilaku bullying pada remaja. Jurnal Ilmiah Keperawatan Altruistik, 3(2), 28–37.

Ani, S. D., & Nurhayati, T. (2019). Pengaruh bullying verbal di lingkungan sekolah terhadap perkembangan perilaku siswa. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 8(2), 88–101.

Asan, M. R. E., & Hastuti, M. M. S. (2023). Perilaku bullying verbal pada siswa kelas persiapan peralihan (KPP) SMAS Seminari San Dominggo. Solusi: Jurnal Konseling dan Pengembangan Pribadi Situs, 5(1), 47–53.

Ashariyanto, F., & Indrawati, E. S. (2023). Hubungan antara harga diri dengan perilaku bullying pada komunitas RZ Garage Semarang. Jurnal EMPATI, 12(5), 409–417.

Astuti, I., & Yusuf. (2019). Perilaku bullying verbal pada peserta didik kelas IX SMP LKIA Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1–9.

Ayu Suciartini, N. N., & Unix Sumartini, N. L. P. (2019). Verbal bullying dalam media sosial. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 152.

Azmi, I. U., Nafi’ah, N., Thamrin, M., & Akhwani, A. (2021). Studi komparasi kepercayaan diri (self confidence) siswa yang mengalami verbal bullying dan yang tidak mengalami verbal bullying di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3551–3558. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1389

Desi, D., Felita, A., & Kinasih, A. (2020). Gejala depresi pada remaja di sekolah menengah atas. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 8(1), 30.

Eka Afriani, & Afrinaldi. (2023). Dampak bullying verbal terhadap perilaku siswa di SMA Negeri 3 Payakumbuh. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(1), 72–82.

Ekayamti, E., & Lukitaningtyas, D. (2022). Bullying verbal berhubungan dengan penerimaan diri dan harga diri remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(1), 53–64. https://www.journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/view/1303/628

Esteban, A. N. P., et al. (2020). Bullying in adolescents: Role, type of violence and determinants. Revista da Escola de Enfermagem, 54, 1–9.

Ezy Maulany, L., & Yusra, A. (2022). Dampak bullying (bullying) verbal terhadap empati korban pada siswa SMPN 7 Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 195–201.

Fatimah, N., & Rohmadani, Z. V. (2022). Pengaruh bullying terhadap harga diri remaja di Yogyakarta. http://digilib.unisayogya.ac.id/6525/1/Naskah%20Publikasi%20Nurfeny%20Fatimah.pdf

Febristi, A. (2020). Hubungan faktor individu dengan self esteem remaja panti asuhan di kota Padang tahun 2019. Menara Ilmu, XIV(1), 8–18. https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/2123

Fisdayani, R. (2022). Studi identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi harga diri pada mahasiswa pengguna Instagram di Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/17413/1/178600045-Rizki%20Fisdayani%20Fulltext.pdf

Gaete, J., et al. (2021). Validation of the revised Olweus Bully/Victim Questionnaire (OBVQ-R) among adolescents in Chile. Frontiers in Psychology, 12(April), 1–17.

Goal, M. H. L. (2020). Kepercayaan diri pada remaja korban bullying verbal di SMPN 4 Binjai [Universitas Sumatera Utara]. https://www.usu.ac.id/id/fakultas.html

Gonçalves, F. G., et al. (2016). Construct validity and reliability of Olweus Bully/Victim Questionnaire - Brazilian version. Psicologia: Reflexao e Critica, 29(1). http://dx.doi.org/10.1186/s41155-016-0019-7

Hamdanah, & Surawan. (2022). K-Media Remaja dan Dinamika (1st ed.). Muslimah. Yogyakarta: K-Media.

Isabela, M. (2023). Gambaran perilaku bullying verbal. [Journal name], 6(3), 2962–2967.

Kourakou, A., Tigani, X., Bacopoulou, F., Vlachakis, D., Papakonstantinou, E., Simidala, S., Ktena, E., Katsaouni, S., Chrousos, G., & Darviri, C. (2021). The Rosenberg Self-Esteem Scale: Translation and validation in the Greek language in adolescents. Advances in Experimental Medicine and Biology, 1339, 97–103. https://doi.org/10.1007/978-3-030-78787-5_13

Ningsih, F. R., & Awalya, A. (2020). Hubungan antara harga diri dan dukungan sosial dengan kepercayaan diri siswa SMK Nusa Bhakti Semarang. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 198.

Nurlia, A., & Suardiman, S. P. (2020). The phenomenon of bullying in junior high school students nowadays. International Journal of Education and Learning, 2(1), 7–13.

Pratama, D., & Sari, Y. P. (2021). Karakteristik perkembangan remaja. Edukasimu.org, 1(3), 1–9. http://edukasimu.org/index.php/edukasimu/article/view/49

Putri, S. R. A., Ismaya, E. A., & Fardani, M. A. (2021). Fenomena verbal bullying di masyarakat Pedawang. Journal.Umtas.Ac.Id, 5(2), 792–796.

Pusdatin. (2018). infoDATIN pusat data informasi kementerian kesehatan RI kekerasan terhadap anak dan remaja.

Rosani, W., Fatimah, S., & Supriatna, E. (2021). Studi deskriptif self esteem pada siswa kelas XI SMAN 1 Margaasih. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(5), 330.

Saniya. (2019). Dampak perilaku bullying terhadap harga diri (self esteem) remaja di Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 3(1), 8–16.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Alfabeta.

Sukmana, I. H. (2020). Hubungan harga diri dengan perilaku bully siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pleret Bantul [Unpublished thesis]. Universitas Aisyiyah Yogyakarta. http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/4910

Yani, A. L. (2017). Hubungan perilaku bullying dengan tingkat harga diri remaja awal yang menjadi korban bullying. Journal of Materials Processing Technology, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001

Yunita, R., & Addiarto, W. (2022). Hubungan harga diri dengan kesejahteraan psikologis pada remaja korban bullying verbal. Journal of Nursing Care and Biomolecular, 7(2), 114–119.

Downloads

Published

2025-09-15