Hubungan Implementasi Patient Safety Di Unit Pelayanan Bedah Terhadap Kepuasan Pasien di RST Wijayakusuma Purwokerto

Penulis

  • Ananda Farahdila Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Mustiah Yulistiani

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v10i1.25793

Kata Kunci:

Patient Safety Implementation, Patient Satisfaction, Surgery.

Abstrak

Latar Belakang Masalah:   Kualitas keamanan dan keselamatan diruang operasi yang terintergrasi dengan ruang rawat bedah, merupakan salah satu indikator pada peningkatan pelayanan kesehatan di seluruh dunia. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator dalam menilai mutu pelayanan di rumah sakit. Mutu pelayanan kesehatan merujuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada pasien. Semakin sempurna kepuasan maka semakin baik pula mutu pelayanan kesehatan.

Tujuan: Mengetahui apakah ada hubungan implementasi Patient Safety di unit pelayanan bedah terhadap kepuasan pasien di RST Wijayakusuma.

Metode:  Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan Purposive Sampling sesuai dengan kriteria inklusi dan kriteria ekslusi, sampel dalam penelitian ini didapatkan sebanyak 51 responden. Uji analisis menggunakan Uji Chi Square.

Hasil:  Hasil analisis bivariat dengan menggunakan Uji Chi Square diperoleh P value 0.002 < 0.05. Maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara implementasi patient safety di unit pelayanan bedah terhadap kepuasan pasien di RST Wijayakusuma Purwokerto.

Kesimpulan:  Terdapat hubungan antara implementasi patient safety di unit pelayanan bedah terhadap kepuasan pasien di RST Wijayakusuma Purwokerto.

Referensi

Adinda, D. 2019. Peran Perawat Dalam Penerapan Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit. OSF Preprints, 181(101), 1–7.

Baihaqi, L. F., & Etlidawati, E. 2020. Hubungan pengetahuan perawat dengan pelaksanaan keselamatan pasien (patient safety) di ruang rawat inap RSUD Kardinah Tegal. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah.

Chandra, H., Ismail, N., & Adamy, A. (2019). Hubungan Penerapan Patient Safety dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakut Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. 1(4), 43–53.

Djajasasana, C. N., Listyani, N. K., & Sihombing, V. D. (2024). Pengaruh Penerapan IPSG ( International Patient Safety Goals ) terhadap Kepuasan Pasien Layanan Home Care Smartcare Jakarta. 4, 14934–14949.

Kurniawan, A., Kurnia, E., & Triyoga, A. 2018. Patient’S Understanding of Pre-Operative Preparation. Jurnal Penelitian Keperawatan, 4(2), 1–14.

Lutfiasari, D. 2021. Hubungan Faktor Supervisi Dalam Pelaksanaan Budaya Keselamatan Pasien Oleh Perawat Di Rumah Sakit (Skripsi Literature Review). 1–6.https://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/304/%0Ahttps://repository.stikes-yrsds.ac.id/id/eprint/304/4/BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Mulyani, A. W., & Kusumawardhani, O. B. 2023. Pengetahuan Perawat Terhadap Insiden Keselamatan Pasien : Literature Review. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional, 120–124. http://ojs.udb.ac.id/index.php/sikenas/article/view/2843

Ningsih, N. S., & Endang Marlina. 2020. Pengetahuan Penerapan Keselamatan Pasien (Patient Safety) Pada Petugas Kesehatan. Jurnal Kesehatan, 9(1), 59–71. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v9i1.120

Savitri Citra Budi, Rani Rismayani, SunartiniL, utfan Lazuardi, & Fatwa Sari Tetra. 2019. Variasi Insiden Berdasarkan Sasaran Keselamatan Pasien di Rumah Sakit.

Widiasari, W., Handiyani, H., & Novieastari, E. (2019). Kepuasan Pasien Terhadap Penerapan Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Indonesia, 22(1), 43–52. https://doi.org/10.7454/jki.v22i1.615

Wulandari, A. R. C., Rachmawaty, R., Ilkafah, I., & Erfina, E. 2021. Patient satisfaction towards healthcare quality in Indonesian Public Hospital. Enfermeria Clinica, 31, S745–S750. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2021.09.006

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-07