Pengaruh Edukasi Kesehatan Mental Emosional terhadap Status Mental Emosional Remaja di SMPN 4 Banyuwangi

Penulis

  • Achmad Efendi STIKES Banyuwangi
  • Ananda Setiawati stikes banyuwangi
  • Soekardjo
  • Muhammad Al Amin
  • Fany Anitarini

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v10i1.25777

Kata Kunci:

Adolescents, Health education, Mental Emotional Status

Abstrak

Objektif: Masalah kesehatan mental emosional pada remaja akibat pengendalian diri yang belum sempurna yang disebabkan oleh perubahan mood dan stress dari fase perkembangan remaja. Beragam cara dalam rangka menyadarkan dan memupuk sikap peduli remaja terhadap kesehatan mental emosional ialah dengan memahamkan remaja melalui peningkatan pemahaman terkait kesehatan agar mampu mengendalikan diri dan menghadapi masalah yang terjadi. Target studi ini untuk melihat sejauh mana edukasi kesehatan mental emosional memberikan efek terhadap status mental emosional remaja.

Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan metode True Eksperimental yaitu Pre-Post Control Group Desaign dengan teknik RCT. Populasi adalah seluruh remaja di SMPN 4 Banyuwangi. Jumlah sampel 28 responden kelompok eksperimen dan 28 responden kontrol. Hasilnya telah diketahui bahwa terdapat perubahan status mental emosional yang signifikan sebelum dan sesudah perlakuan.

Hasil: Hasil Uji analisis menggunakan T test dengan p=0,039 pada kelompok eksperimen dengan edukasi kesehatan mental emosional dan p=0,020 pada kelompok kontrol dengan edukasi konvensional, yang artinya Ha diterima. Edukasi kesehatan mental emosional dapat mengubah status mental emosional menjadi lebih baik daripada edukasi konvensional. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh edukasi kesehatan mental emosional terhadap status mental emosional remaja.

Kesimpulan: Penelitian ini sebagai rekomendasi penambahan wawasan mengenai kesehatan mental emosional dan strategi untuk mengatasi masalah, serta memahami pentingnya menjaga psikis mental remaja.

Referensi

Andini, Febri Tri, Yulastri Arif, and Feri Fernandes. 2020. “Edukasi Kesehatan Mental Yang Dibutuhkan Anak Korban Kekerasan Dengan Post Traumatic Stress Disorders Di Sumatera Barat.” Jurnal Keperawatan Jiwa 8(4):469.

Bilqis, Ratu, and Sri Ningsih. 2021. “Gambaran Perkembangan Mental Emosional Pada Remaja (12 - 14 Tahun) Di Madrasah Tsanawiyah Yasiba Kota Bogor.”

Elita, Veny, Niken Y. Sari, Jumaini, and Musfardi Rustam. 2024. “Hubungan Fungsi Keluarga Dengan Status Mental Remaja Pada Keluarga Di Daerah Pesisir.” Jurnal Keperawatan 16(1):403–10.

Febrianti, Arni, Veny Elita, and Wan Nishfa Dewi. 2022. “Hubungan Pengetahuan Tentang Kesehatan Mental Dengan Status Mental Remaja.” Riau Nursing Journal 1(1):70–79. doi: 10.31258/rnj.1.1.70-79.

Fenderin, Heavysta British, Intansari Nurjannah, and Ariani Arista Putri Pratiwi. 2021. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Mental Se-Jiwaku Terhadap Kecemasan Dan Perilaku Impulsif Siswa Pada Salah Satu SMA Di Yogyakarta: Studi Retrospektif.” Jurnal Keperawatan Klinis Dan Komunitas 5(2):82. doi: 10.22146/jkkk.61666.

Gurning, Maylar, Dirgantari Pademme, Novita Mansoben, Inggerid A. Manoppo, and Triani Banna. 2022. “Pendidikan Kesehatan Tentang Kesehatan Jiwa Emosional Pada Remaja.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6(1):45–49.

Izzah, Lailatul, Willytiyo Kurniawan, Hanny R. Damra, Ulya H. Putri, Lia A. Putri, and Desi Susilawati. 2020. “PENGARUH INTERVENSI PENDIDIKAN ‘ KESEHATAN MENTAL ’ DALAM MENINGKATKAN SCHOOL WELL-BEING PADA REMAJA DI MA MUHAMMADIYAH PEKAN BARU.”

Lubis, Ade Sulistya, and Wardiyah Daulay. 2022. “Jurnal Intervensi Sosial ( JINS ) Pengaruh Edukasi Kesehatan Jiwa Terhadap Kemampuan Remaja.” Jurnal Intervensi Sosial (JINS) 1(2):58–68.

Malfasari, Eka, Rizka Febtrina, and Rina Herniyanti. 2020. “Kondisi Mental Emosional Pada Remaja.” Jurnal Keperawatan Jiwa 8(3):241–46.

Mawaddah, Nurul, and Anndy Prastya. 2023. “Upaya Peningkatan Kesehatan Mental Remaja Melalui Stimulasi Perkembangan Psikososial Pada Remaja.” 2(2):115–25.

Muthoharoh, Nor. A., Vilda. A. Setyawati, and Fitria. P. Anggraini. 2023. “Perbedaan Mental Health Remaja Pada SMA Negeri 3 Dan SMA MAtaram Berbasis Strenght And Difficulties Questionnaire (SDQ) Di Kota Semarang.” Jurnal Kesehatan 22(1).

Riadi, Muchlisin. 2021. “Conduct Disorder (Pengertian, Ciri, Jenis, Penyebab, Dan Terapi Pengobatan).” KajianPustaka.Com.

Riskesdas. 2018. “Laporan Riskesdas 2018 Nasional.Pdf.” Lembaga Penerbit Balitbangkes hal 156.

Rua, Yusfina Modesta, Maria Julieta Esperanca Naibili, Rufina Nenitriana S. Bete, and Sefrina Maria Seuk Asa. 2023. “Pelatihan Kader Sekolah Sehat Jiwa (SEHATI) Dalam Deteksi Dini Kesehatan Jiwa Di SMA.” International Journal of Community Service Learning 7(1):63–76. doi: 10.23887/ijcsl.v7i1.57047.

World Health Organization. 2021. “ Mental Health of Adolescents: WHO Factsheet.” (November):1–5.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-07