ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KEPUASAN REMUNERASI TERHADAP INTENTION TO LEAVE DALAM UPAYA MENURUNKAN TURNOVER KARYAWA DI RSU X SIDOARJO

Authors

  • Devita Eryani Putri a:1:{s:5:"en_US";s:52:"Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga";}

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v10i1.24904

Keywords:

Inteton To leave, Kepemimpinan, Turn Over

Abstract

Latar belakang: Turnover karyawan menjadi masalah yang sering didalam organisasi, berbagai penelitian sudah banyak dilakukan mengenai Turnover. Dalam organisasi yang sehat tidak selaras dengan masalah Turnover karyawan. RS X  Sidoarjo adalah Rumah Sakit kelas D. Dari hasil survey yang sudah didapatkan, karyawan berkeinginan keluar dari RSU X Sidoarjo karena tidak cocok dengan kepemimpinan atau manajemen mendapatkan hasil sebanyak 71,4%, kemudian karyawan berkeinginan keluar dari RSU X Sidoarjo untuk mencari gaji yang lebih tinggi sebesar 61,9% Berdasarkan data diatas dan data dengan karyawan yang resign telah dihitung menggunakan rumus Labor Turn Over telah diketahui sebesar 24,0 % yang melebihi nilai standart yaitu 5-10 % dalam satu periode.

Tujuan dari penelitian ini adalah  menganalisis faktor kepemimpinan dan kepuasan remunerasi terhadap intention to leave sebagai upaya dalam  turnover karyawan,

Metode: metode kuantitatif, Penelitian ini akan dilakukan di RSU X Sidoarjo dengan responden yang masih berstatus karyawan tetap. Populasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah berjumlah 146 karyawan. Analisis ini dilakukan pada tiap variable penelitian.

Hasil: kesimpulan (1) faktor kepemiminan  di RSU X Sidoarjo adalah baik dengan hasil 65,4% dan tidak baik dengan hasil 34,6%, sedangkan  Kepuasan Remunerasi di RSU  X Sidoarjo adalah tidak sesuai dengan hasil 58,22% dan sesuai dengan hasil 41,78%, dan Intention To leave karyawan di RSU  X Sidoarjo  adalah keinginan tinggi dengan hasil 62,00% dan keinginan rendah 38,00%. (2) Kepuasan Remunerasi memberikan pengaruh terhadap terhadap IntentiontTo Leave di RSU X Sidoarjo dengan nilai signifikansi 0,034 sedangkan Kepemimpinan tidak memberikan pengaruh dengan nilai signifikansi 0,163 (3) Didapatkan 2 Isu Strategis dan Rekomendasi Terkait Remunerasi dan Intention To Leave di RSU X Sidoarjo

References

Wolper, L. F. (2011) Health Care Administration Managing Organized Delivery Systems. 5th edn. Sudbury: Jones and Bartlett Publishers.

Health Policy Plus (2018) Indonesia Makes Inroads toward Universal Health Coverage through National Health Insurance Program, Paving teh Way for Others, Health Policy Plus. Available at: http://www.healthpolicyplus.com/indonesiaUHC.cfm (Accessed: 17 December 2018).

Mboi, N. (2018) Commentary: We Need Data to Improve Health Care Access and Quality in Indonesia, Jakarta Globe. Available at: https://jakartaglobe.id/opinion/commentary-need-data-improve-health-care-access-quality-indonesia/ (Accessed: 17 December 2018).

Journals

Elrod, J. K. and Jr, J. L. F. (2018) ‘Healthcare establishments as owner- operators of digital billboards : making the most of excellent roadside visibility and high traffic counts to better connect with patients’, BMC Health Services Research, 18(928), pp. 29–48. doi: https://doi.org/10.1186/s12913-018-3680-y.

Adair, K. C. et al. (2018) ‘The Improvement Readiness scale of the SCORE survey : a metric to assess capacity for quality improvement in healthcare’, BMC Health Services Research, 18(975), pp. 1–10. doi: https://doi.org/10.1186/s12913-018-3743-0

Published

2025-03-07