Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Audiovisual dan Media Flipbook terhadap Tingkat Pengetahuan Bahaya Seks Bebas pada Remaja di MA Rahmatullah Tulungagung Kabupaten Bojonegoro

Penulis

  • Fatma Fauziah Universitas Muhammadiyah Lamongan

Kata Kunci:

Kata Kunci : Pengetahuan; Remaja; Seks Bebas

Abstrak

Bahaya seks bebas tidak hanya menyebabkan kehamilan, aborsi, tetapi seks

bebas juga berisiko tinggi terinfeksi HIV/AIDS dan penyakit menular seksual

lainnya. Pengetahuan seks bebas sangatlah penting untuk remaja dalam

meminimalisir resiko remaja melakukan hubungan seks pra nikah. Salah satu

solusi untuk menambah pengetahuan siswa tentang bahaya seks dengan

memberikan pendidikan kesehatan melalui metode audiovisual dan media

flipbook. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode

audiovisual dan media flipbook terhadap tingkat pengetahuan pada remaja

tentang bahaya seks bebas. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimen

one grup pre-posttest design. Sampel penelitian ini sebanyak 35 remaja dengan

teknik total sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner tingkat

pengetahuan bahaya seks bebas. Variabel independen dalam penelitian ini

pengaruh pendidikan kesehatan metode audiovisual dan media flipbok,

sedangkan variabel dependen tingkat pengetahuan bahaya seks bebas. Analisa

data dianalisis menggunakan uji statistik Wilcoxon (p= 0,05) didapatkan p=value

0,000.

Hasil yang didapatkan dari penelitian ini sebelum diberikan penyuluhan tentang

bahaya seks bebas sebagian besar responden (71,4%) memiliki tingkat

pengetahuan kurang, sesudah diberikan penyuluhan tentang bahaya seks bebas

sebagian besar responden (71,4%) memiliki tingkat pengetahuan baik. Sehingga

dari hasil tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh pendidikan kesehatan metode

audiovisual dan media flipbook tingkat pengetahuan bahaya seks bebas pada

remaja. Dengan upaya ini, diharapkan metode audiovisual dan media flipbook

bisa diterapkan dalam mengurangi seks bebas dikomunitas dan disekolah.

 

Kata Kunci : Pengetahuan; Remaja; Seks Bebas

Referensi

Aflah, S. N. (2020). Gambaran Pengetahuan Remaja Tentang Seks Bebas Di Sma Muhammadiyah 01 Medan. Jurnal Imiah Simantek, 4(4), 58–64.

Amari, R. O. (2023). Penerapan Media Audio Visual Dalam Metode Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Di Mts Negeri 4 Jakarta. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Chanif, K. S., & Iis D. (2021). Pendidikan Kesehatan Reproduksi Terhadap Pengetahuan Seks Bebas Remaja. Kesehatan Masyarakat STIKES Surya Global Yogyakarta. Jurnal Delima Harapan, 8(1), 27-32.

Harahap, N. H., Hadi, A. J., & Ahmad, H. (2024). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Pendekatan Health Belief Model (HBM) terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja di MTSN 3 Padangsidimpuan. Media Publikasi Promosi Kesehata Indonesia, 7(2), 463-471. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i2.4944

Hardiani, E. S. (2020). Hubungan Antara Persepsi Kerentanan, Persepsikeparahan Dengan Perilaku Kesehatan Lansia Hipertensi Di Desa Sumberejo Demak. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang.

Isnaeni., & Shafirra N. (2022). Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Dengan Media Audiovisual Terhadap Peningkatan Pengetahuan Akibat Seks Bebas Pada Remaja Kelas Viii Di Smp Muhammadiyah 28 Bekasi. Malahayati Nursing Journal, 4(7), 1807-1820. http://dx.doi.org/10.33024/mnj.v4i7.6579

Julianus, S. H., & Seli, S. (2020). Analisis Kesalahan Ejaan, Diksi, dan Kalimat Efektif dalam Penulisan Surat Dinas di Kantor Desa Kiung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(3), 1–8.

Mirani, N., Maulida, & Ramadhani, N. (2022). Edukasi Peningkatan Self Control terhadap Perilaku Seks Bebas pada Remaja di SMA Muhammadiyah Kota Langsa. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(3), 400–406. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i3.841

Narsih, U., & Hikmawati, N. (2020). Pengaruh Persepsi Kerentanan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Perilaku Remaja Putri Dalam Pencegahan Anemia. Indonesian Journal For Health Sciences, 4(1), 25–30.

Nurseto, T. (2021). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35.

Notoatmodjo, S. (2018). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 45–62.

Padut, R. D., Nggarang, B., & Eka, A. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Seksual Berisiko Pada Remaja Kelas X Di Man Manggarai Timur Tahun 2021. Jurnal Wawasan Kesehatan, 6(1), 32-47.

Pratiwi, A. Z. (2019). Perbedaan Efektivitas Pendidikan Kesehatan Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) Dengan Menggunakan Media Leaflet Dan Media Audio Visual Pada Remaja Putri Di Smk Nu Ungaran. JHHS, 1(1), 1–10.

Putra., & Nurfauziah. (2018). P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 5(2), 1–6.

Purwanti, I. T. A. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Kecemasan Pada Remaja Putri Yang Mengalami Premenstrual Syndrome Di Rw 01 Desa Tegalarum Pati. Skripsi. Universitas Islam Sultan Agung, Semarang.

Resti, F. (2021). Pemanfaatan Penyuluhan Dengan Media Audiovisual, Untuk Meningkatkan Pengetahuan Remaja Tentang Infeksi Menular Seksual. Jurnal Ilmu Kebidanan Ummi Khasanah Yogyakarta, 7(2), 1-24. https://doi.org/10.48092/jik.v7i2.134

Riyena, V. (2020). Pengaruh Edukasi Audiovisual Perawatan Perioperatif terhadap Pengetahuan Pasien Post Fakoemulsifikasi. Jurnal Keperawatan, 12(4), 641-650.

Salmah, S. A., & Fuadi, A. (2023) . Analisis Manfaat Teknologi Dan Informasi Dalam Mendukung Kemajuan Pendidikan Agama Islam Berbasis Digital Di MTs Nurul Islam Dusun IX Desa Suka Maju Tanjung Pura. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 512-527. https://doi.org/10.56832/edu.v2i1.189.

Silfia, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Soetjiningsih. (2018). Kurangnya pemahaman pada kelompok remaja dan keluarganya.

Syahabudin. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Pada Kelas 12 Ipa 1 Man Bulungan. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (Ppgai), 3(2), 382-389.

Yohanes, A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Flipbook terhadap Hasil Belajar Siswa Sistem Gerak Manusia di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(6), 1-9. https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i6.2350

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-28

Terbitan

Bagian

Artikel