Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Anemia Dengan Kepatuhan Kunjungan Antenatal Care Di Kelurahan Panrannuangku

The Relationship of Pregnant Women's Knowledge Level About Anemia and Compliance with Antenatal Care Visits in Panrannuangku District

Penulis

  • Mantasia Mantasia STIkes Tanawali Takalar
  • Sumarmi Sumarmi STIkes Tanawali Takalar
  • Anita Kartini H STIkes Tanawali Takalar
  • Dewi Dewi STIkes Tanawali Takalar

DOI:

https://doi.org/10.30651/jkm.v9i2.22026

Kata Kunci:

Pengetahuan, Kepatuhan Pemeriksaan Antenatal Care

Abstrak

Latar Belakang : Pelayanan antenatal merupakan prosedur yang secara rutin dilakukan oleh petugas kesehatan dalam membina hubungan yang baik didalam proses pelayanan pada ibu hamil untuk deteksi dini, pengawasan selama kehamilan dan persiapan persalinan. Salah satu faktor yang kurang dimanfaatkan dalam pelayanan antenatal care antara lain rendahnya pengetahuan dan pemahaman ibu hamil. Tujuan mengetahui hubungan pengetahuan antenatal care dengan kepatuhan kunjungan pada ibu hamil dengan kehamilan. Tujuan Penelitian mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu hamil tentang anemia dengan kepatuhan kunjungan antenatal care di kelurahan Panrannuangku Tahun 2023. Metode penelitian menggunnakan pendekatan cross-sectional, pemilihan sampel dengan menggunakan total sampling. Sampel 30 responden. Pengumpulan semua data dilakukan dengan mengisian kuesioner yang telah dibuat oleh peneliti pengolahan data menggunakan analisis uji Chi Square. Hasil : Responden dengan pengetahuan baik sebanyak 17 responden (54,8%) 16 responden (51,6%) memiliki kepatuhan kunjungan ANC yang lengkap dan 1 responden (3,2%) tidak patuh melakukan Kunjungan ANC. Responden dengan pengetahuan cukup 9 responden (29%) dimana 5 responden (16,1%) memiliki kepatuhan kunjungan ANC yang lengkap dan 4 responden (12,9%) tidak patuh melakukan kunjungan ANC, responden yang berpengetahuan kurang sebanyak 5 responden (16,1%) dimana 1 responden (3,2%) memiliki kepatuhan kunjungan ANC yang lengkap dan 4 responden (12,9%) tidak patuh melakukan kunjungan ANC. Hasil uji statistik α = 0,05 di dapatkan hasil p = 0,003 < 0,05. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu hamil tentang anemia dengan kepatuhan kunjungan ANC.   

Referensi

Alamsyah, W. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Penyakit Anemia Pada Ibu Hamil Usia Kehamilan 1-3 Bulan Diwilayah Kerja Puskesmas Bontomarannu Kabupaten Gowa.

Anggraeni, E.N (2021). Hubungan Frekuensi ANC dengan Pengetahuan Terkait Anemia Pada Ibu hamil di Puskesmas Trauma Center Samarinda. Borneo Student Research.

Arum Sekar, Mirawati, dkk (2021). Kehamilan sehat. Cirebon : Insania.

Baron, R.A dan Byrne, D (2005). Psikologi Sosial. Jakarta. Erlangga

Blass Thomas (1999), The Milgram Paradigma After 35 Years : Some Things We Know About Obidience To Authority. Journal Of Applied Social Psychology.

Cahyani Ari Lestari, N., Suci Dwi Aningsih, B., & Wahyu Utami, S. (2021). Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Kurang Energi Kronis (Kek) Di Puskesmas Sungai Bilu Banjarmasin.

Fidratuk K, (2017). Gambaran Kunjungan Antenatal Care Di Puskesmas Pondok Jagung Kota Tanggerang Selatan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta

Hidayah pramesty dewi, M. (2021). Faktor Risiko Yang Mempengaruhi Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Nusawungu Ii Cilacap.

Irwan (2017). Etika dan perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Cv. Absolute Media

Kementrian Kesehatan RI (2015). Profil Kesehatan indonesia 2015. Jakarta

Masturoh, Imas., & Anggita, nauri. (2018). Metodiologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PUSDIK SDM KESEHATAN.

Nanda, D.D (2018). Hubungan Kunjungan Antenatal Care (ANC) dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil Trimester III Di Puskesmas Kedaton Kota Bandar Lampung. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Nichi Astapani, Dewi Anggriani Harahap, Fitri Apriyanti. (2020). Hubungan Cara Konsumsi Tablet Fe Dan Peran Petugas Kesehatan Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Desa Baru Wilayah Kerja Puskesmas Siak Hulu Iii Tahun 2019.

Puskesmas Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar (2022). Data ibu hamil

Pustu Panrannuangku Kabupaten Takalar (2022). Data ibu hamil

Rahayu, A., Yulidasari, F., Putri, A. O., & Anggraini, L. (2019). Metode Orkes-Ku (raport kesehatanku) dalam mengidentifikasi potensi kejadian anemia gizi pada remaja putri. Yogyakarta : CV Mine.

Saputra Dian, dkk (2021). Analisis Kepatuhan Penggunaan Masker Dalam Pencegahan Covid 19 di Provinsi Sulawesi Selatan. Sidoarjo Kabupaten Ponorogo. Penerbituwais.

Skinner, B.F (1938). The Behavior Of Organism An Experimental Analisis. New york. Appleton Century Companny.

Subriah, S., Safitri, I. D., Umar, S., & Saadong, D. (2021). Kurang Energi Kronis Berhubungan dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil. Jurnal Kebidanan Malakbi.

Susilowati, D. (2018). Promosi Kesehatan. Jakarta : PUSDIK SDM KESEHATAN

Widhiastutiningsih, Ediati dan Almujadi, (2015). Tingkat Pengetahuan Ortodontik Dengan Kepatuhan Kontrol Pasien Ortodontik Cekat Di Klinik Bright Dental Care Yogyakarta. Journal Of Oral Health Care.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-02